Studi Deskriptif Mengenai Regulasi Diri Pada Siswa Atlet Basket SMAN 9 Bandung

Larassati Kumalaningrum, Hedi Wahyudi

Abstract


Siswa atlet basket SMAN 9 Bandung merupakan siswa atlet yang masuk dengan serangkaian tes, agar dapat bersekolah di SMAN 9 Bandung sebagai siswa atlet. Tes yang diberikan berupa tes fisik dan kemampuan sebagai atlet, serta nilai kelulusan dari SMP minimal 75 pada setiap mata pelajarannya. Siswa atlet diharuskan untuk memenuhi tuntutan sebagai siswa dan atlet, sebagai siswa tuntutan akademik yang mereka milikipun sama dengan tuntutan yang dimiliki oleh siswa biasa. Selain itu merekapun dituntut untuk bisa berprestasi sebagai atlet. Selain belajar mereka juga memiliki jadwal latihan yang padat yaitu dalam satu minggu mereka berlatih sebanyak 4 kali. Dengan padatnya kegiatan serta tuntutan yang dimiliki, diperlukannya pengaturan diri untuk memenuhi tuntuan yang mereka miliki, namun siswa atlet masih kesulitan dalam mengatur diri mereka untuk memenuhi tuntutan yang dihadapi. Pengaturan diri atau self regulation sendiri terbagi kedalam tiga fase, yaitu fase fourthough, perforance or volitional control dan fase self reflection, ketiganya memiliki sub aspek yang saling berkaitan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai gambaran self regulation siswa atlet SMAN 9 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 35 siswa atlet. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang disusun oleh peneliti berdasarkan konsep teori self regulation menurut BJ.Zimmerman. Alat ukur tersebut memiliki 63 item valid dengan reliabilitas sebesar 0,729. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka didapatkan hasil yaitu sebanyak 21 siswa atlet (60%) memiliki self regulation tinggi dan sebanyak 14 siswa atlet (40%) memiliki self regulation rendah.


Keywords


Self regulation, siswa atlet, tuntutan akademik dan atlet

References


Arikunto, Suharsini. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Ariani, Shiely (2006), Studi Deskriptif Mengenai Self Regulation-Akademik (Suatu Penelitian Pada Siswa Sekolah Nasional Berbasis Internasional di SMAN 3 Kota Bandung), Skripsi, Bandung : Universitas Kristen Maranatha.

A.Bandura, Self-Efficacy: The Exercise of Control (New York: W.H. Freeman and Company, 1997). Lihat juga B.J. Zimmerman, “Attaining Self-regulation: A Social Cognitive Perspective†dalam Boekaerts, et.al. (Ed.), Handbook of Self-regulation (San Diego: Academic, 2000), hlm.13-39. Lihat juga D.H. Schunk, “Self-regulated Learning: The Educational Legacy of Paul R. Pintrich†dalam Educational Psychologist, 2005).hlm. 40.

Bagus, Sidik Darmawan. (2016) Hubungan Antara Self Regulation dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta raya, Skripsi. Bekasi : Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Boekaerts, Monique, 2000. Handbook of Self-Regulation. San Diego; Academic Press.

Boekaerts, Monique; Pintrich, Paul. R; Zeidner, Moshe. (2020. Handbook of Self Regulation. California, USA : Academic Press.

D.H. Schunk dan B.J. Zimmerman (Ed.), Self-regulation on Learning and Performance: Issues and Educational Applications. (Hillsdale: Lawrence Erlbaum

Associates, 1994).

Jurnal Pendidikan Penabur – No. 07/Th.V/ Desember 2006

Made, Sudharmi Putri. (2002), Studi Deskriptif Mengenai Self Regulation AkademikPada Siswa Siswi SMU Swasta “X†Di Bandung, Skripsi. Bandung : Universitas Kristen Maranatha.

Noor, Hasanuddin. (2012). Psikometri. Bandung, Jauhar Mandiri. Cetakkan kedua

Permendiknas. (2010). Peraturan presiden Republik Indonesia Mengenai Atlet (www.bpkp.go.id) diunduh pada 20 November 2016

Ramdass, D. & Zimmerman, B. (2011). Studies on Homework and Self Regulation Proceses. Journal of Advanced Academics, 22, 194-218

Suchi, Fuji Astuti. (2015), Studi Deskriptif Mengenai Self Regulation Pada Siswa Atlet SMPN 1 Lembang, Skripsi. Bandung : Universitas Islam Bandung, Fakultas Psikologi.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : Alfabeta.

Zimmerman, BJ.,& Cleary, Timothy. J,(2006), Adolescents Development of Personal Agency: The Role of Self Efficacy Beliefs and Self Regulatoty Skill, by Information Age Publishing,(pp, 45-69)

Zimmerman, B.J. (2008) Investigating self-regulation and motivation: historical background, methodological developments, and future prospects. American Educational Research Journal. 45(1): 166-183.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8668

Flag Counter    Â