Studi Deskriptif Mengenai Pengalaman Flow dalam Olahraga Renang Sinkronisasi Pada Atlet di PRSI Jawa Barat

Nisaa Alien Zackiyah, Temi Damayanti

Abstract


Terdapat banyak aktivitas olahraga yang dapat ditekuni individu. Salah satunya adalah olahraga renang sinkronisasi. Atlet renang sinkronisasi memandang olahraga ini memiliki kompleksitas dalam gerakannya, karena selain kemampuan berenang yang harus dikuasai atlet juga dituntut untuk memiliki kemampuan senam dan tari yang juga memperhatikan keluwesan, keanggunan, dan nilai artistic dalam gerakannya. Akan tetapi semakin kompleks gerakan tersebut membuat atlet merasa tertantang dalam menguasai gerakan figure renang sinkronisasi. Ketepatan atlet dalam melakukan figure membuat atlet merasa berhasil menghadapi tantangan sehingga atlet merasakan kepuasan, kebahagiaan dan kenikmatan dalam kegiatan renang sinkronisasi. Perasaan yang dirasakan atlet tersebut memotivasi atlet untuk terus berlatih dan meningkatkan kemampuannya. pengalaman atlet dalam melakukan renang sinkronisasi mengindikasikan atlet mengalami pengalaman flow. Pengalaman flow adalah pengalaman menyenangkan yang dialami individu ketika individusangat terlibat dengan aktivitas yang sedang dilakukannya. Pengalaman flow dalam aktivitas olahraga dapat dapat memunculkan peak performance pada atlet. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran pengalaman flow yang dialami atlet.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 10 atlet. Alat ukur yang digunakan adalah The Flow State Scale (FSS). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan terdapat 9 atlet yang mengalami flow, 7 orang diantaranya mengalami flow intens. Satu atlet tidak mengalami flow.


Keywords


Atlet, Pengalaman Flow, Renang Sinkronisasi.

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (2008). Reliabilitas dan Validitas Edisi Ke-3. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Compton, W. (2005) . An Introduction To Positive Psychology. USA : Thomson Wadsworth

Cox, R. H. (2002). Sport Psychology : Concept and Application Fifth Edition. New York: Mcgraaw Hill

Csikszentmihalyi, M. (1990). Flow: The psychological of optimal experince. New York: Harper & Row

_________________. (1997). Finding Flow : The Psychology Of Engagement With Everyday Life. USA : HarperCollins Publisher

Gray, J. (2013). FINA Syncronised Swimming Manual For Judges, Coaches& Referees. Jakarta: FINA

Jackson, S. A., & Marsh, H. W. (1996). Development and validation of a scale to measure optimal experience: The Flow Scale. Journal of Sport & Exersice Psychology, 18, 17-35

Jackson, Susan A., Ford, Stephen K., Kimiecik, Jay C., & Marsh, Herbert W. (1998). Psychological Correlates of Flow in Sport. Journal of Sport & Exercise Psychology. 20 : 358-378.

Kusmaedi, Nurlan. (2002). Pembelajaran Hidup Sehat Terpadu Berbasis Masyarakat. Bandung : FPOK - UPI

Lane, Andrew M., Tracey J., Istvan S., Itsvan K., Eva L., & Pal Hamar. (2010). Emotional Intelligence and Emotions Associated with Optimal and Dysfunctional Athletic Performance. Journal of Sport Science & Medicine. 9(3) : 388-392

Nakamura, J., & Csikszentmihalyi, M. (2002). The concept of flow. In C. R. Snyder & S. J. Lopez (Eds.), Handbook of positive psychology (pp. 89–105). Oxford: Oxford University Press.

Noor, H. (2009). Psikometri aplikasi dalam penyusunan instrumen pengukuran perilaku. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7724

Flag Counter    Â