Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penerimaan Orang Tua pada Ibu yang Mempunyai Anak Autis di SDN Putraco Indah Bandung.

Hanie Noor Janah, Susandari Susandari

Abstract


Dalam memenuhi kebutuhan anak autis biasanya disediakan sekolah-sekolah khusus untuk membantu dalam memberikan pendidikan khusus kepada anak autis, salah satunya adalah sekolah inklusi yaitu SDN Putraco Indah Bandung. Dalam sekolah ini banyaknya ketidaktahuan orang tua mengenai keadaan anaknya dan penerimaan orang tua yang berbeda-beda, ada yang menerima dan ada yang tidak menerima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Memperoleh data mengenai korelasi Dukungan sosial dengan Penerimaan Orang Tua yang Mempunyai Anak dengan Gangguan Autis di SDN Putraco Indah Bandung dan Mengetahui bentuk dukungan sosial yang paling berpengaruh terhadap penerimaan orang tua yang mempunyai anak dengan gangguan autis di SDN Putraco Indah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasional. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 15 orang. Pengumpulan data dukungan sosial  menggunakan alat ukur yang dibuat oleh peneliti berdasarkan teori dari Sarafino (2011). Sedangkan pengumpulan data penerimaan orang tua menggunakan alat ukur yang dibuat oleh peneliti berdasarkan teori dari Hurlock (1997). Analisis korelasional antar variabel dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi Rank Spearman (Correlation Coefficient nilainya adalah 0.914. Terdapat sebanyak 8 (53,3%) orang termasuk ke dalam kategori Dukungan Sosial rendah, sedangkan sebanyak 7 orang (46,7%) termasuk ke dalam kategori Dukungan Sosial tinggi. Sementara dari 15 responden yang dijadikan subjek penelitian ini dapat dikatakan bahwa sebanyak 7 orang (46,7%) termasuk ke dalam kategori Penerimaan Orang Tua rendah, sedangkan sebanyak 8 orang (53,3%) termasuk ke dalam kategori Penerimaan Orang Tua tinggi.

Keywords


Dukungan Sosial, Penerimaan Orang Tua, Autis

References


Hurlock, Elizabeth B. 1997, “Psikologi Perkembangan Suatu pendekatan rentang kehidupanâ€, Edisi kelima, Erlangga

Sarafino, E.P. ; Smith T.W. 2011. Health psychology biopsychosocial interaction (7 th edition). United states: john wiley & sons, inc




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7703

Flag Counter    Â