Studi Efektifitas Kerjasama Tim (Teamwork) pada Karyawan Bagian Shopkeeper dan Gudang di Perusahaan X Kota Bandung

Siti Nur Hasya, Oki Mardiawan

Abstract


Perusahaan X merupakam salah satu distribution store besar di Kota Bandung dan memiliki dua unit kerja yang sangat berpengaruh terhadap pelayanan konsumen diantaranya bagian shopkeeper dan gudang. Karyawan bagian shopkeeper dan gudang memiliki standard operational procedure yang mengharuskan kedua bagian ini bekerjasama dalam keadaan dan situasi apapun, namun pada kenyataannya kedua bagian ini enggan untuk saling berkoordinasi satu sama lain dalam berbagi tugas dan pada akhirnya, menghambat dari tujuan bersama dan kurang maksimal dalam memberikan pelayanan. Hal ini juga didukung oleh peran pemimpin yang kurang maksimal dalam mengatasi permasalahan tersebut, sehingga kerjasama tim pada karyawan bagian shopkeeper dan gudang di Perusahaan X Kota Bandung tidak efektif dilihat berdasarkan tujuh komponen kerjasama tim diantaranya orientasi tim, kepemimpinan tim, monitoring, feedback, backup, koordinasi dan komunikasi. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa sebanyak 25% karyawan mempersepsikan kerjasama tim di tempat tersebut efektif dan 75% karyawan mempersepsikan kerjasama tim tidak efektif. Hal yang mendasari efektifitas kerjasama tim yaitu orientasi tim serta kepemimpinan tim, dalam penelitian ini karyawan shopkepeer dan gudang masuk dalam kategori kerjasama tim yang tidak efektif didukung dengan oreintasi tim dan kepemimpinan tim yang rendah.


Keywords


kerjasama tim, efektif, tidak efektif

References


Levi, D. & Slem, C. 2000. Teamwork in Research & Development Organizations : The Characteristics of Successful Teams. International Journal of Industrial Ergonomics. 16, 29-42.

Moe, N. B., Dingsøyr, T. & Dybå, T. (2009). A teamwork model for underst&ing an agile team: A case study of a Scrum project. Information & Software Technology 52(5): 480-491

Noor, Hasanuddin, 2012. Psikometri Aplikasi Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi UNISBA.

____________, 2009. Psikometri Aplikasi Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi UNISBA.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7682

Flag Counter    Â