Studi Deskriptif Mengenai Profil Kekuatan Karakter Pada Mahasiswa Hafidz Qur’an di Pesantren Daarut Tauhiid Bandung

Mahshunah Zahrotul Firdaus, Temi Damayanti Djamhoer

Abstract


Pesantren Daarut Tauhiid  memiliki banyak program yang bisa diikuti. Salah satunya adalah program hafidz Qur’an. Program ini diperuntukkan bagi orang yang ingin menghafal AL-Qur’an, Santri Tahfidz qur’an ini ada yang diperuntukkan untuk Mahasiswa dan ada juga untuk khusus santri saja. Penelitian ini dilakukan untuk santri Hafidz qur’an yang berhasil menyelesaikan dua tanngungjawab, yaitu sebagai mahasiswa dan santri hafidz qur’an.. Tujuan dari penelitian ini  untuk mendeskripsikan profil kekuatan karakter mereka, pada mahasiswa yang menjadi santri tahidz Qur’an di Pesantren Daarut Tauhiid. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dengan melakukan aktivitas yang sesuai dengan signature strength,  diperoleh gambaran profil Mahasiswa Hafidz Qur’an yang ditunjukkan dari 5 karakter khas teratas, yaitu: secara  berturut-turut yang dominan adalah nilai spiritualitas (spirituality); nilai kerendahan-hati (humality/ modesty); nilai kecintaan belajar (love of learning); nilai harapan (hope) dan terakhir yaitu nilai kreatitas (creativity). 


Keywords


Studi Deskritif, Kekuatan Karakter, Mahasiswa Hafidz Qur’an

References


Abdollah Keshavarzi & Saeed Ahmadi dengan judul, The Study of Student’ Educational Satisfaction in Islamic Azad Universit, yang dipublikasikan dalam Procedia – Social and Behavioral Sciences 83 (2013) 569-573, Available online at www.sciencedirect.com SciVerse ScienceDirect.

Arikunto, S., (1999). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Azwar, Saifuddin. (2004). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar offset

Nazir, M., (1999), Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia, Cet. IV.

Noor, Hasanuddin. (2012). Psikometri: Aplikasi Dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung. Jauhar Mandiri

Peterson, C. & Seligman, M.E.P. (2004). Character strengths and virtues: A Handbook and Classification. New York: Oxford University Press, Inc.

Seligman, M (2002), Autentic Happiness: Using the new positive psychology to

Singarimbun, M. & Sofian, E., (1989). Metode Penelitian Survai, Jakarta : LK3ES, cet I.

Referensi Lainnya:

Abdullah Gymnastiar, (2017), “Sekilas Sejarah Pesantren Daarut Tauhiidâ€, dalam Situs resmi, http://www.daaruttauhiid.org/. (diunduh pada 1 Januari 2017).

Rahmi Faujiah, Kabag. Renbang (Rencana Pengembangan) Baitul Quran Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, wawancara, 10 Januari 2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7648

Flag Counter    Â