Studi Deskriptif Mengenai Psychological Well-Being Pada Anggota Komunitas Great Muslimah Bandung Yang Melakukan Hijrah

Ajeng Noviyanti Pratiwi, Temi Damayanti Djamhoer

Abstract


Komunitas Great Muslimah adalah komunitas bagi para muslimah hijrah. Hijrah yang dimaksud dalam penelitian ini adalah Hijrah Maknawi yaitu meninggalkan hal-hal negatif dalam diri sendiri dengan mengubah sikap, mental, akhlak, dan gaya hidup ke arah yang lebih baik menurut ajaran dan tuntunan Islam. Proses hijrah pada anggota Komunitas Great Muslimah ini menemui banyak kesulitan dan perasaan tidak nyaman. Meskipun demikian mereka mampu menerima kondisi dirinya dan tidak terpengaruh oleh masa lalu yang buruk, melakukan hubungan yang hangat dengan lingkungan sekitar meskipun beberapa menolak mereka untuk berhijrah, mandiri, melakukan kegiatan yang bermanfaat, dan selalu mengembangkan diri dengan menambah wawasan dan bijak terhadap perbedaan. Hal tersebut mengindikasikan psychological well-beingmenurut Ryff. Dalam psychological well-being terdapat 6 dimensi yaitu penerimaan diri, hubungan positif dengan orang lain, kemandirian, penguasaan lingkungan, tujuan hidup dan pengembangan diri. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empirik mengenai psychological well-being pada anggota Komunitas Great Muslimah. Metode yang dilakukan adalah deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 35 orang. Pengumpulan data menggunakan Psychological Well-Being Scale (PWBS) dari Ryff yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukan 19 orang termasuk kategori psychological well-being tinggi dan 16 orang lainnya termasuk kategori psychological well-being rendah.


Keywords


Psychological Well-Being, Hijrah, Komunitas Great Muslimah

References


Compton, W.C. (2005). An Introduction to Positive Psychology. USA : Thomson Wadsworth.

Jazuli, Ahzami S. (2002). Hijrah dalam pandangan AL-Quran Pandangan Islam.Jakarta : Gema Insani Press.

Lyibomirsky. S., & Layous, K. (2003). How Do Simple Positive Activities Increase Well-Being?. Current Directions in Psychological Science, 22(1) 57-62. DOI: 10.1177/0963721412469809 http://cdps.sagepub.com

Ryan M.R. & Deci L.E. (2001). On Happiness and Human Potentials : A Review of Research on Hedonic and Eudaimonic Well-Being. Annu. Rev. Psychology. Rochester.

Ryff, D.C. & Corey L.M.K. (1995) The Structure of Psychological Well Being Revisited. Journal of Personality and Social Psychology, Vol 69, No. 4, 719-727. The American Psychologycal Association, Inc.

_______. (1989). Happiness Is Everything, or is it? Explorations on The Meaning Of Psychological Well-Being. Journal of Personality and Social Psychology, Vol 57, No. 6, 1069-1081. The American Psychologycal Association, Inc.

_______U, Burton H. Singer. 2008. Know Thyself And Become What You Are: A Eudaimonic Approach To Psychological Well-being. Journal of Happiness Studies.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7631

Flag Counter    Â