Studi Mengenai Tipe Kepribadian Menurut Konsep Milon Pada Mahasiswa Adiksi Media Sosial Kota Bandung

Oktryane Safira Pratiwi Putri, Farida Coralia

Abstract


Perkembangan teknologi internet yang menghadirkan media sosial ternyata dapat memenuhi kebutuhan manusia sebagai sarana untuk komunikasi, mencari informasi dan sarana hiburan. Mahasiswa ada di fase emerging adulthood dengan permasalahan yang mengarah pada diri seperti kecemasan yang membuat relasi interpersonal tidak stabil. Hal tersebut merupakan masalah dalam kepribadian. Salah satu hal yang berkaitan dengan adiksi terhadap media sosial adalah kepribadian. Hal tersebut sejalan dengan pendapat Rıfat Kayis (2016) mengatakan bahwa adiksi media sosial erat kaitannya dengan kepribadian. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh mengenai gambaran tipe kepribadian Millon pada mahasiswa adiksi media sosial di Bandung. Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif dengan jumlah subjek sebanyak 81 orang dengan menggunakan alat ukur Personality Beliefs Questionaire (PBQ) dan alat ukur Adiksi dari Young  yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat 60,49% (49 orang) memiliki tipe kepribadian Obsessive-Compulsive, 19,75% (16 orang) memiliki tipe kepribadian Dependent, 11,11% (9 orang) memiliki tipe kepribadian Avoid dan sebanyak 8,64% (7 orang) memiliki tipe kerpibadian Passive-Aggressive. Masalah kecemasan, merasa tidak berharga, merasa tidak kompeten dalam hubungan interpersonal yang ada pada diri individu merupakan karakteristik dari tiap tipe kepribadian yang akan mempengaruhi perilaku mereka sehingga menjadi adiksi pada media sosial.


Keywords


Kepribadian, Adiksi Media Sosial, Mahasiswa

References


Aljawiy, Abdillah & Muklason. (2012). Jejaring sosial dan dampak bagi penggunanya.

Al-Menayes, Jamal. J. (2015). Social Media Use, Engagement and Addiction as Predictors of Academic Performance.

Beck, Aaron t., Davis, Denise D., Freeman, Arthur. (2004). Cognitive therapy of personality disorders. Second edition.

Beck, Judith S., Beck, Aaron T. (2011). Cognitive behavior therapy (basics and beyond). Second edition.

Essau, Cecilia A. (2008). Adolescent addiction. epidemiology, essessment and treatment.

Fernandes, Silvia., Dr. Natu, Sadhana. (2016). Internet addiction: Can cognitive behavior therapy help?.

Hernandez, Ruben D.M., Vasquez, Nadia S.M. (2015). Psychometric properties and structural validity of the short version of the personality beliefs questionnaire (PBQ-SF).

Huanhuan, Li., Su, Wang. (2013). The role of cognitive distortion in online game addiction among Chinese adolescents.

Jones, Steven H., dkk. (2007). Relationship between the personality beliefs questionnaire and self-rated personality disorders.

Kandell, J. J. (1998). Internet addiction on campus: The vulnerability of college students.

Kapahi, dkk. (2013). Internet addiction in Malaysia causes and effects.

Kuss & Griffiths. (2011). Excessive online social networking:Can adolescentsbecome addicted to facebook?.

Lemeshow, Stanley., dkk. (1990). Adequacy of sample size in health studies.

Millon, Theodore., dkk. (2000). Personality disorders in modern life (second edition).

Nurfadhilah, Restu. (2014). Pengaruh parenting style dan tipe kepribadian big five terhadap kecenderungan adiksi internet.

Papastylianou, Antonia. (2013). Relating on the internet, personality traits and depression: research and implications.

Pawlowska, Beata., & Emilia, Potembska. (2011). Gender and severity of symptoms of mobile phone addiction in Polish gymnasium, secondary school and university students.

Peplau, Anne Letitia., Perlman, Daniel. (1982). Loneliness. A sourchbook of current research and therapy.

Pervin, L. A., Cervone, D., & John, O. P. (2005). Personality: Theory and Research (9th ed.). Hoboken, NJ, John Wiley & Sons. Sallis, Moriah. (2013). An esplanatory of internet and social media addiction in millenials.

Pramudita, Stefanie. (2016). Skripsi : Hubungan intensitas penggunaan situs jejaring sosial dengan depresi pada mahasiswa tingkat akhir Undip.

Putra, Dwi Mezisko. (2014). Skripsi : Hubungan antara penggunaan smartphone dengan ketergantungan berinteraksi di dunia maya. (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Smartphone Jurusan Sosiologi Angkatan Tahun 2011-2014 FISIP Universitas Lampung)

Samarein, dkk. (2013). Relationship between personality traits and internet addiction of student at Kharazami University.

Santika,Yuni, N. M. Sudiana, dan N. I. Arifin. (2013). Dampak media sosial terhadap perkembangan psikologis siswa karya siswa SMA Unggulan Sekota Denpasar (Kajian Analisis Wacana Kritis).

Smahel, David. (2012). Adolescents and Emerging Adults on the Internet: Exploring Identity, Relationships and Addictive Behavior.

Soliha. (2015). Skripsi : Tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan sosial. Vol 4. No. 1.

Sperry, Len., Sperry, Jon. (2016). Cognitive behavior therapy of DSM-5 personality disorders (assessment, case conceptualization and treatment).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Welnsten, Avlv., dkk. (2014). Internet addiction disorder: overview and controversies (Chapter 5).

Yang, Shu Ching., & Tung, Chieh-Ju. (2004). Comparison of Internet addicts and non addicts in Taiwanese high school.

Young, S. Kimberly., de Abreu, Cristiano N. (2011). Internet addiction; a handbook and guide to evaluation treatment.

Young, S. Kimberly. (1996). Internet addiction: the emergence of a new clinical disorder. Published in CyberPsychology and Behavior, Vol. 1 No. 3., pages 237 244.

Young, S. Kimberly. (1999). Internet addiction: symptoms, evaluation, and treatment. (Vol.17).

Young, S. Kimberly. (2004). Internet addiction. A new clinical and its consequences. Retrieved from St. Bonaventure University Center for Online Addiction.

Young, S. Kimberly. (2011). CBT-IA: The first treatment model for internet addiction.

Sumber Internet

www.kominfo.go.id. Kemkominfo: pengguna internet di Indonesia capai 82 juta. (2014) diakses pada 20/12/2016.

www.kompas.com. Pengguna internet di Indonesia capai 132 juta. (2016) diakses pada 20/12/2016.

www.4muda.com. Mengenal generasi X, Y dan Z sebagai generasi dominasi masa kini. (2015) diakes pada 25/12/2016.

whatis.techtarget.com. Whatis.com: Definition social media. Diakses pada 22/01/2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7620

Flag Counter    Â