Trust Anak Kepada Orang Tua Studi Pada Mahasiswa yang Memiliki Orang Tua yang Bercerai

Dini Khairunisa Zulkarnaen, Dewi Rosiana

Abstract


Memiliki keluarga yang utuh merupakan keinginan semua orang. Keluarga yang dikatakan utuh adalah keluarga yang memiliki ayah, ibu dan anak yang tinggal dalam satu rumah dan bahagia. Namun ada juga keluarga yang dikatakan tidak utuh yaitu keluarga yang mengalami perceraian. Penyebab dari perceraian orang tua ini adalah trust yang berubah pada anak. Trust adalah suatu kesediaan seseorang untuk mempercayai orang atau hal lain karena adanya niat baik, jujur, kompetensi, keterbukaan dan dapat diandalkan sehingga membuat trustee konsekuen dengan resiko yang akan muncul. Masalah trust yang dihadapi anak yang memiliki orang tua bercerai memiliki dampak terhadap anak kepada orang tuanya, kehidupan social dan pendamping hidupnya. Trust yang terbentuk melalui 5 karakteristik menurut Tschannen- Moran and Hoy (1998) yaitu benevolent, reliable, competent, honest, and open. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai deskripsi karakteristik trust pada mahasiswa yang memiliki orang tua bercerai. Metode yang dilakukan adalah deskriptif dengan subjek penelitian 30 orang. Pengumpulan data menggunakan karakteristik trust dengan reliabilitas ayah 0.742 dan reliabilitas ibu 0.753. Hasil penelitian menunjukan trust tinggi pada ayah ditinjau dari karakteristik yaitu benevolence, competence, openness.

Keywords


Trust, Perceraian, setelah perceraian anak dan orang tua

References


Alisuf, sabri M . (1995). Psikologi pendidikan. Jakarta : Pedoman ilmu jaya.

American Psyhiatric Ascosiation.(1994) Diagnostic and Statistic Manual Of Mental Disoerdes, fourth edition (DSM- IV). Washington DC : American Psychiatric Association.

Anonim, 2015, “Defisi Sampling dan Teknik Samplingâ€. Disalin dan Dipublikasikan melalui Eureka Pendidikan, Source: http://www.eurekapendidikan.com/2015/09/definisi-sampling-dan-teknik-sampling.html.

Arikunto, S. (2009).Manajemen Penelitian. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Boon, S. D., & Holmes, J. G. (1991). The dynamics of interpersonal trust: Resolving uncertainty in the face of risk. In R. A. Hinde & J. Groebel (Eds.), Cooperation and prosocial behavior (pp. 190–211). Cambridge, England: Cambridge University Press.

Corsini, R.J, “ Encyclopedis of psychologyâ€, Edisi kedua. Vol 1-4. Wiley Interscience Publication, 1994.

Dewi, Mestika (2006). Gambaran Proses Memaafkan pada remaja yang orang tuanya bercerai. Universitas Indonesia Esa Unggul.

Fabricius, Willliam V & Linda J. Luecken. (2007). “ Postdivorce Living Arrangement, Parent Conflict and Long Tern Physical Health correlates for Children of Divorce.†Journal of Family Psychology. American Psychological Association. Vol 21, no 2, 195- 205.

Fraekel J. & Wallen, N. (1993). How to Design and evaluate research in education. (2nd ed). New York : McGraw-Hill Inc.

Hair, J.F., W. C. Black, B.J. Babin, R.E. Anderson, R.L.Tatham, (2006). Multivariate Data Analysis, 6 Ed, New Jersey : Prentice Hall.

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Ruang Kehidupan. Edisi 5. Jakarta. Erlangga.

Lestari, Sri. Trust In Parentâ€Child Relationship Among Un dergraduate Students: Indigenous Psychological Analysis. Universitas Gajah Mada.

Mcknight, D.H., Chervany, N.L. (2002).†What Trust Means in E-Commerce Custumer Relationship: An Interdisciplinary Conceptual Typology.†Vol 6, 2001- 2002.

Noor, H. (2012)Psikometri Aplikasi Dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Cetakan kedua, Jauhar Mandiri.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Penerbit Alfabeta.

Tschannen- moran & Hoy, W.K. (1998). Trust in schools: a conceptual. Jurnal of educational administration.

Tschannen- moran & Hoy, W.K. (1999). The Five Faces Of trust.

Van, Lange (2015). Generalized Trust : four lessons from genetics and culture. VU University Amsterdam.

Yamagishi. T. (1998). The Structure of Trust an Evolutionary game of mind and society. Tokyo : Tokyo University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7360

Flag Counter    Â