Studi Deskriptif Mengenai Student Well-Being pada Santri Putri Kelas 2 Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Al-Basyariyah Bandung

Isti Nurfitriyati, Agus Budiman, Dinda Dwarawati

Abstract


Pesantren Al-basyariyyah merupakan salah satu pesantren modern dengan ciri khas  adalah kedisiplinannya yang tinggi, hal tersebut yang santrinya  tidak betah di pesantren. Santri  kelas 2 MA pesantren Al-Basyariyyah merupakan pengurus organisasi Ospa, sehingga mereka mempunyai kegiatan dan jadwal yang lebih padat. Namun hal tersebut menjadikan mereka tetap merasa nyaman ketika berada di pesantren sehingga mereka dapat menjalani semua kegiatan dan bertanggung jawab sebagai santri di pesantren. Hal ini berkaitan dengan student wellbeing  berdasarkan teori Fraillon (2004) bahwa student well being  sejauhmana siswa dapat berfungsi efektif di dalam komunitas sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai student well being pada santri putri kelas 2 MA pesantren Al-Basyariyah. Metode yang digunakan adalah statistika deskriptif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 140 santri. Berdasarkan pengolahan data yang telah dilakukan, diperoleh persentase dari keseluruhan santri diperoleh hasil 94 % santri berada dalam kategori tinggi pada variabel student well being. Adapun dalam dimensi intrapersonal aspek yang paling tinggi adalah aspek self estemm dengan presentase sebesar 98 % dan aspek yang paling rendah adalah resilience dengan presentasi sebesar 65 %. Adapun dimensi interpersonal aspek yang paling tingg adalah empati dengan presentase sebesar 88 %, dan aspek yang paling renah adalah keterhubungan dengan presentasi sebesar 33 %.


Keywords


Santri kelas 2 Ma, Pesantren Al-Basyariyah, Student Well Being

References


Ali M, Asrori M, (2010) Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksra.

Anggraeni N W, Subandi (2014) Pengaruh Terapi Relaksasi Zikir Untuk Menurunan Stress Pada Penderita Hipertensi Esensial Jurnal Intervensi Psikologi Vol 6 No 1 Juni 2014 page 86 – 87

American Psychological Association, (2002) A Reference for Professionals Developing Adolescents. American Psychological Association

Azizah, Anistya, Hidayati. Farida Hubungan Antara Penyesuaian Sosial dengan School Well Being (Studi pada siswa pondok pesantren yang ersekolah di MBI Amanatul Ummah Pacet Mojokerto). Jurnal Seminar Nasional Education Well being Universitas Diponegoro.

Buku Panduan Kedisiplinan Al-Basyariyah Bandung

Desmita. (2010). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Eric, M, (2002). School Effects on Psychological Outcomes During Adolescence. Journal of Education Psychology By the American Psychological Association Inc. 2002, Vol 94, No 4, 795-809.

Estika, R. Azwar, S. (2014). Penyusunan Alat Ukur Student Well-Being untuk Siswa Sekolah Menengah. Jogjakarta:Program Magister Profesi Psikologi UGM

Fraillon, J (2004). Measuring Student Well-Being in the Context of Australian Schooling: Discussion Paper. Ministerial Council on Education Employment, Training and Youth Affairs. ACER

Hurlock, E. (2003). Psikologi Pekembangan. Jakarta: Penerbit PT Erlangga

Inayah Nur, Fatimaningsih Endry. Sistem Pendidikan Formal di Pondok Pesantren (Studi pada Pondok Pesantren Babul Hikmah Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan). Jurnal Sociologie, Vol. 1, No. 3:214-223

Natiasa, Jati (2010) Penggunaan School Well Being Pada Sekolah Menengah Atas (Sma) Bertaraf Internasional Sebagai Barometer Evaliasi Sekolah. Jurnal

NSW Government Education and Communities, (2011). The Well Being Framework for School. NSW Department of Education and Communities.

NSW Government Education and Communities, (2011). Student Wellbeing. . NSW Department of Education and Communities

Pritaningrum, M. Hendiani, W (2003). Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Nurul Izzah Gresik Pada Tahun Pertama: Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial Vol. 02. No. 03 Desember 2003, Universitas Airlaingga

Sarwono, (2006). Psikologi Remaja, PT Raja Grafindo Persaada Jakarata

Santrock, J.W. (2011). Life-Span Development Jilid 2 (Edisi Ketigabelas). Jakarta: Penerbit Erlangga PT. Gelora Aksara Pratama

Santrock, J.W. (2007). Adolescence: Perkembangan Remaja Jakarta: Penerbit Erlangga PT. Gelora Aksara Pratama

Toduho, S. Kundre, R. Malara, R. Hubungan Stress Psikologis dengan Siklus Menstruasi pada Siswi Kelas 1 di SMA Negeri 2 Tidore Kepulauan. Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7269

Flag Counter    Â