Hubungan antara Emotional Quotient dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Prodi Ilmu Komputer Universitas X Bandung

Cynthia Maulidina Hidayat, Umar Yusuf

Abstract


Mahasiswa adalah peserta didik yang terdaftar dan belajar pada perguruan tinggi. Mereka harus menempuh masa studi minimal 4 tahun dan akan melewati fase yaitu menyusun skripsi. Banyak mahasiswa yang menyelesaikan skripsi lebih dari waktu yang ditentukan. Hal tersebut terjadi pada mahasiswa di Prodi Ilmu Komputer Universitas X Bandung. Berdasarkan data, tercatat bahwa mahasiswa yang melakukan prokrastinasi tersebut disebabkan kurangnya kontrol emosi, merasa murung dan marah ketika ditolak ataupun merevisi pekerjaannya dan tidak dapat berfikir positif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa erat hubungan antara Emotional Quotient dengan Prokrastinasi akademik pada mahasiswa universitas X Bandung. Metode yang digunakan yaitu metode korelasional dengan populasi sebanyak 23 orang dengan karakteristik mahasiswa prodi ilmu komputer universitas X, IPK diatas 3, dan sudah mengontrak Skripsi minimal 4 semester. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur yang mengacu pada teori Emotional Quotient (Goleman, 2007) dan Prokrastinasi (Ferrari dkk, 1995). Berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian didapatkan korelasi negatif sebesar -0,718 dengan kategori sangat kuat. Hasil ini menunjukan bahwa semakin rendah Emotional Quotient yang dimiliki mahasiswa, maka semakin tinggi tingkat prokrastinasinya, dan begitu pula sebaliknya.


Keywords


Mahasiswa, Emotional Quotient, Prokrastinasi Akademik

References


Allen, Bem. P. (1990). Personality, Social, and Biological Perspective onPersonal Adjustment. California. Brooks/Cole Publishing Company.

Arikunto, Suharsimi. (2000). Manajemen Penelitian. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Artha dan Supriyadi, (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy dalam Pemecahan Masalah Penyesuaian Diri Remaja Awal: Jurnal Psikologi Udayana, 1 (1), 190-202.

Buari, D. P. 2003. Hubungan Antara Kecenderungan Melakukan Prokrastinasi Akademik dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Burka, J. B. & Yuen, L. M. 1983. Procratination: Why You Do It, What To Do About It. New York: Perseus Books.

Eka Vera Rahmi, pengaruh dukungan orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar musik pada remaja, fakultas psikologi UIN syarif Hidayatullah Jakarta, 2011. Diakses dari : www.repositoryUIN.ac.id pada tanggal 6 oktober 2016

Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung (2016). Pedoman Penyelenggaraan Matakuliah Metodologi Penelitian III dan Skripsi, Bandung.

Gema Agung. (2013). Hubungan Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy Dengan Tingkat Stres Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Character, Volume 01, Nomor 02, Tahun 2013. Hal. 1-6. 98 98.

Goleman, Daniel. (2002). Emotional Intelligence (Terjemahan). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunawati, dkk, (2006), Hubungan Antara Efektifitas Komunikasi MahasiswaDosen Pembimbing Utama Skripsi Dengan Stres Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang, Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, vol 3, no 2, Desember 2006.

Marita, S. S, dan Hening N.S. (2008), Kajian Empiris Atas Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional dalam Mempengaruhi Stres Kuliah Mahasiswa Akuntansi, Simposium Nasional Akuntansi XI, Pontianak.

Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri; Aplikasi Dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Tingkah Laku. Bandung. Jauhar Mandiri.

Pangestuti, R. 2003. Penundaan Penyelesaian Skripsi (Studi Kasus pada Beberapa mahasiswa Angkatan ’96 Program studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro). Skripsi (Tidak Diterbitkan). Semarang; Fakultas psikologi Universitas Diponegoro.

Pujihanto. 2003. Peran Efikasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik pada Remaja Awal di SLTP N 2 Semarang. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Semarang: Fakultas psikologi Universitas Diponegoro.

Santrock. Jhon W, Perkembangan Masa Hidup. Jakarta : Erlangga, 2007

Sarafino, Edward P. (1994). Health Psychology: Biopsychosocial Interaction, Second Edition. New York. John Wiley & Sons. Inc.

Sutanto, Nadya, prokrastinasi akademik dan self-control pada mahasiswa skripsi fakultas psikologi universitas surabaya, 2013. Diakses dari : www.hubsasia.ui.ac.id pada tangal 6 oktober 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7225

Flag Counter    Â