Studi Deskriptif Mengenai Kepuasan Kerja Karyawan Divisi Sales pada PT. X di Bandung

Syifa Fauziah, Lisa Widawati

Abstract


Latar belakang dari penelitian ini yaitu adanya fenomena pencapaian target penjualan yang cenderung menurun setiap bulannya. Berbagai macam cara telah dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan motivasi dan mensejahterakan karyawannya demi mencapai kinerja yang optimal sehingga dapat meningkatkan pencapaian target penjualan. Terlihat adanya karyawan yang merasakan kepuasan kerja sekaligus ketidakpuasan kerja tadi sesuai dengan konsep kepuasan kerja yang dikemukakan Herzberg. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan kerja karyawan divisi sales PT. X Bandung. Metoda yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan jumlah responden 29 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: Kelompok A (satisfier+ dissatisfier+) terdiri dari 9 orang atau 31%. Kelompok B (satisfier- dissatisfier+) terdiri dari 14 orang atau 48%. Kelompok C (satisfier- dissatisfier-) terdiri dari 5 orang atau 17%. Kelompok D (satisfier+ dissatisfier-) terdiri dari 1 orang atau 3%. Urutan dimensi motivator factor yang paling tidak terpenuhi yaitu aspek pengakuan, prestasi, tanggungjawab, pekerjaan itu sendiri dan kesempatan untuk maju dan berkembang. Sedangkan urutan dimensi hygiene factor dari yang paling tidak terpenuhi adalah keamanan kerja, gaji, pengawasan, kondisi kerja, untuk aspek relasi interpersonal dan simbol status telah terpenuhi seluruhnya.


Keywords


Pencapaian Target, Kepuasan Kerja, Two Factor Theory

References


Al-Qur’anulkarim dan Terjemahannya. (2016). Bandung: Cordoba Internasional Indonesia.

Arikunto, S., Prof. Dr. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., Prof. Dr (2009). Manajemen Penulisan. Jakarta: Rineka Cipta.

As’ad, Drs. Moh., S. U., Psi. (1998). Psikologi Industri-Seri Ilmu Sumber Daya Manusia. Edisi Ke-empat. Yogyakarta: Penerbit Liberty

Gibson, James L., John M. Ivancevich & James H. Donnely, Jr. (1997). Organizations-Behavior, Structure, Processes. Chicago: Irwin.

Hasibuan, Malayu S.P (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Herzberg Frederick, et. Al, (1959). The Motivation to Work. 2 Edition. New York: John Wiley & sons, Inc.

Jewell, L. N. & Siegel, M. (1998). Psikologi Industri/Organisasi Modern. Edisi 2. Terjemahan Danuyasa. Jakarta: Arcan.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu, Drs., M.Si.Psi (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Nawawi Hadari. (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Bisnis. Gajah Mada University Press. Yogyakarta

Noor, H (2009). Psikometri: Aplikasi dalam Penyusunan Instrument Pengukuran Perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi Unisba.

Robbins, Stephen P. (2008). Organizational Behavior 12 Edition. New Jersey. Prentice Hall.

Siregar Syofian, Ir. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono, Prof. Dr. (2013). Statistika untuk Penulisan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Wexley, Kenneth N., Ph.D. and Gary A. Yukl, Ph.D. (1997). Organizational Behavior and Personnel Psychology. Homewood, Illinois: Richard D. Irwin, Inc

_____. (2016). Metode Penelitian III Dan Skripsi (Revisi Ketiga). Fakultas Psikologi. Universitas Islam Bandung. Bandung.

Sumber Internet :

Dian, Kristianto. (2011). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Intervening, (http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jbs/article/viewFile/14351/10940) (Diakses 05 Februari 2017 pukul 16.08 WIB)

Frederick, H. Bernard, M. & Barbara, B. (2010). The Motivation To Work. New York:Wiley,

(https://books.google.co.id/books/about/The_Motivation_to_Work.html) (Diakses 13 Mei 2017 pukul 19.00 WIB)

Rahmatulah, B. Wahab. (2012). Pengaruh Kepuasan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Mandiri (Persero)Tbk. Makassar, Universitas Negeri Lampung (http://digilib.unila.ac.id/7372/15/BAB%20II.pdf)

(Diakses 1 Juli 2017 pukul 18:30 WIB)

Ristyahana, N. (2015). Kepuasan Kerja Karyawan Di PT Pos Indonesia (Persero)

Cabang Kebumen, Universitas Negeri Yogyakarta,

(http://eprints.uny.ac.id/25383/)

(Diakses 08 Maret 2017 pukul 13.00 WIB)

Sulistyo, B. Utomo (2010). Pengaruh Kepuasan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan CV Berkat Karya Cipta Nusantara, Universitas Negeri Lampung, ((http://digilib.unila.ac.id/7372/15/BAB%20II.pdf)

(Diakses 1 Juli 2017 pukul 19:00 WIB)

Wahyudi Utomo. (2008). Kepuasan Kerja Karyawan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Universitas Indonesia: Jakarta

(Diakses 13 Mei 2017 pukul 18.00 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7207

Flag Counter    Â