Studi Deskriptif Kepuasan Pelanggan pada Pengunjung Warung Instamie Tamansari Bandung

Nurul Yulia Ali, Lisa Widawati, Anna Rozana

Abstract


Warung Instamie Bandung terletak di Jalan Tamansari yang merupakan pusat Warung Instamie dan  outlet pertama yang beroperasi. Warung Instamie meenggunakan kritik dan saran untuk melihat kepuasan pelanggan, dan menurut supervisor bahwa pengunjung Warung Instamie merasa puas. Berdasarkan hasil survei pada 36 orang yang pernah mengunjungi Warung Instamie 64,8% yang melakukan kunjungan berulang dan 35,2% yang tidak melakukan kunjungan ulang hal ini sebagai indikasi bahwa pengunjung Warung Instamie merasa puas. Ada juga promosi yang diberikan Warung Instamie seperti rabu serbu yaitu potongan pada hari rabu dan potongan semakin besar jika bersama banyak orang, potongan 50% makanan manis dengan minimal order Rp50.000, dan potongan pada hari-hari perayaan tertentu. Survei kepuasan pelanggan yang dinilai puas dan adanya promosi, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan pelanggan. Kenyataannya Warung Instamie mengalami penurunan kunjungan. Pada tahun 2016 selama empat bulan berturut-turut yaitu pada Juni dengan kunjungan 3300 menjadi 2334 pada bulan September 2016. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data mengenai gambaran kepuasan pelanggan pada pengunjung Warung Instamie di Tamansari Bandung. Metode yang digunakan adalah Metode Deskriptif. Subjek penelitian adalah pengunjung Warung Instamie dengan jumlah sampel 161 orang. Pengukuran yang dilakukan berdasarkan pada evaluasi pengunjung pada dimensi-dimensi actual performance John Mowen. Berdasarkan pengolahan data hasil yang diperoleh adalah 11 orang merasa Sangat Puas, 140 orang merasa Puas, dan 10 orang merasa Tidak Puas. Selain itu, ditemukan juga bahwa terdapat perbedaan kepuasan pelanggan berdasarkanjenis kelamin, dan usia.


Keywords


Kepuasan Pelanggan; Warung Instamie; Mowen

References


Atkinson, Rita L. (2010).Pengantar Psikologi.Tangerang : Interaksara

Azwar, Saifuddin. (1998). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Hurlock, E.(2003).Psikologi Perkembanngan. Jakarta :PT Gramedia Pustaka

Mowen, John C.(1995). Consumer Behavior 4th edition. USA : Prentice-Hall, Inc

Nazir, Moh. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Rusdi, A. (2012). Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Kasus Pada Resep Moyang Cafe and Resto). Bandung : Universitas Widyatama

Santrock. (2012). Life-Span Development Jilid 1 (Edisi Ketigabelas). Jakarta: Penerbit Erlangga PT. Gelora Aksara Pratama

Yamin, Sofyan & Kurniawan, Heri`(2014).SPSS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS (Aplikasi Seri 1 edisi 2). Jakarta : Penerbit Salemba Infotek

A Tendean. (2012). Pengaruh Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Maja HouseSugar & Cream Bandung). Openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/file/102031/jurnal_eproc/. Diakses pada tanggal 1 Juni 2017

Fauzi, Ahmad et al. (2017).Budaya Nongkrong Anak Muda di kafe.Ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article.Diakses pada tanggal 1 Juni 2017

Hartana, T H. (2014). Pengaruh Faktor-faktor Bauran Retail terhadap Repurchase Intention di Paris Van Java Speciallty Coffee. Repository.widyatama.ac.id. Diakses pada 19 Oktober 2016

Irliana Firantana.(2003). Perbedaan faktor kepuasan pelanggan antara pria dan wanita pengunjung resto gallery X .Digilib.ubaya.ac.id/index.php. Diakses pada tanggal 29 Mei 2017

Kamus Besar Bahasa Indonesia (online). Kbbi.we.id. Diakses pada 19 Oktober 2016

Ng, Yen Nee. (2001). A Study Of Customer Satisfaction, Return Intention, and Word of Mouth Endorsement in University Dining Facilities. Oklahoma : Oklahoma State University

Pariwisata Bandung. www.indotravelers.com/bandung/about_bdg.html. Diakses pada 17 Oktober 2016

Rizeki, Tri. Inspirasi Mendesain Kafe Bertema Industrial. http://majalahasri.com/inspirasi-mendesain-kafe-bertema-industrial/. Diakses pada 21 Januari 2017

Statistik Daerah Kota Bandung. https://bandungkota.bps.go.id. Diakses pada 17 Oktober 2016

Tobing, Latezia. (2016). Perbedaan Batasan Usia Cakap Hukum dalam Perundang-undangan. http://m.hukumonline.com/klinik/detail/lt4eec5db1d36b7/perbedaan-batasan-usia-cakap-hukum-dalam-peraturan-perundang-undangan. Diakses pada 3 Juli 2017

Wicaksono, D. C. (2012). Hubungan Brand Drivers dan Social Drivers dengan Pembentukan Loyalitas Merek (Studi Eksplanatif Pengaruh Tingkat Reputasi Merek dan tingkat rekomendasi dalam Membentuk Loyalitas Merek Artemy Gelato pada Pelajar dan Mahasiswa di Yogyakarta). e-journal.uajy.ac.id/274/. Diakses pada 11 Januari 2017

Widianto, Satrio.(2015). Bandung Ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Kuliner Indonesia. www.pikiran-rakyat.com/wisata/2015/11/23/350975/bandung-ditetapkan-sebagai-destinasi-wisata-kuliner-indonesia. Diakses pada 16 Oktober 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7168

Flag Counter    Â