Studi Deskriptif Mengenai Self Regulated Learning Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung Angkatan 2012

Bintan Firdaus, Siti Qodariah

Abstract


Abstract. This research will focus on college student who have <2.5 GPA. They have pass selection test to be a student in Bandung Islamic University. The test is academic potency test and Psychotest. The student take an orientaion called PAKEM, to introduce academic activity in Psychology Faculty at Bandung Islamic University. Second purpose of PAKEM is to train their mental to face academic demand of Psychology Faculty. Based on interviewed with senior student, a lot of student doesn’t have skill to regulate themself in their study. They also doesn’t have strategy in their planning for study, and doesn’t consistent to execute their plan. But, not all the student like that. There are few student that have the opposite skill than them. This skill is called self-regulated training. The purpose of this study is to describe self-regulated learning from the self-regulated training step. Method use in this research, is description method. Subject of this research is 54 psychology student. Intrument used is quistionare about self-regulated learning, that use the step of self-regulated learning which is forethought, performance, and self-reflection by BJ. Zimmerman’s theory. Result of this research, 51,7% student have a high self-regulated learning and 48,3% student have a low self-regulated learning. The student have a high forethought and performance but low on self-reflection.

 

Abstrak. Latar belakang Penelitian ini yaitu Banyaknya mahasiswa Psikologi Angkatan 2012 Universitas Islam Bandung Yang mendapatkan IPK <2,5. Faktanya Mahasiswa Psikologi angkatan 2012 adalah mahasiswa yang telah melewati tahap seleksi yang cukup ketat ketika akan masuk ke Universitas Islam Bandung yaitu seleksi melalui Tes Potensi Akademik dan Psikotes. Selain itu mahasiswa psikologi juga dibekali program orientasi mahasiswa yaitu PAKEM, yang memiliki tujuan untuk mengenalkan bagaimana cara menghadapi perkuliahan di fakultas psikologi Unisba dan melatih untuk memiliki mental yang lebih baik dalam menghadapi tuntutan-tuntutan yang akan dihadapi selama perkuliahan.Berdasarkan wawancara kepada mahasiswa angkatan 2012 ada beberapa mahasiswa yang belum memiliki kemampuan pengaturan diri dalam proses belajarnya, mereka belum mampu menentukan target dan strategi belajar, tidak konsisten melaksanakan strategi tersebut, serta tidak adanya evaluasi strategi yang sudah tidak efektif. Namun terdapat pula mahasiswa angkatan 2012 yang sudah mampu mengatur diri dalam proses belajarnya seperti mampu menetapkan target dan strategi belajarnya serta mampu mengatur waktu sehingga strateginya mampu dilaksanakan. Kemampuan pengaturan diri ini disebut self-regulated learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan secara empiris Self Regulated Learning melalui penjabaran tiap fase-fase self-regulated learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 54 orang mahasiswa psikologi 2012. Pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner mengenai self regulated learning melalui fase forethought, fase performance, dan fase self-reflection sesuai dengan teori dari BJ. Zimmerman. Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba memiliki kategori self regulated learning tinggi dengan jumlah persentase 51,7% atau sebanyak 28 mahasiswa dan kategori yang rendah sebesar 48,3% atau sebanyak 26 orang. Pada fase forethought dan performance or volitional control berada pada kategori tinggi sedangkan self reflection berada kategori rendah.


Keywords


Self-Regulated Learning, Student of generation 2012 Psychology Faculty Bandung Islamic University

References


Berliner, Gage. (1979). Educational Psychology. Prentice Hall. New York. Second Edition.

Boekaerts M, Pintrich P, Zeidner M. (2000). Handbook of Self-Regulation. San Diego, CA : Academic Press.

Zimmerman, B. J., Bonner, S., & Kovach, R. (1996). Developing self-regulated learners: Beyond achievement to self-efficacy. Washington, DC: American Psychological Association, pp. 10.

Zimmerman, B. J.. (1990). Self-Regulated Learning and Academi Achievement: An Overview. Lawrence Erlbaum Associates, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4425

Flag Counter    Â