Studi Mengenai Hardiness pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2012 dengan IPK Minimal 3 di Universitas Islam Bandung

Syifa Andia Bilqis, farida coralia

Abstract


Abstract. Students have an increasingly difficult demands of lectures in each semester, it takes more effort to get a very satisfactory GPA upon graduation later, a graduate student feel the change in the physical and psychological conditions that it experiences stress conditions. Students have personality characteristics that make basic strength to find the capacity to deal with stress on demands faced. According Kobasa and Maddi (2005) personality characteristics hardiness is one of a constellation of personality characteristics being the power base to find capacity in the face of pressure, so as to create an active behavior on the environment and peraaan meaningful neutralize the negative effects of stress. Hardiness will affect the efforts of the students to cope with and adapt to the circumstances that burden or create stress. The purpose of this study was to obtain empirical data about the picture hardiness. This research method is descriptive. The subjects were students of psychology class of 2012 with a GPA of at least 3 in Bandung Islamic University totaling 49 people and a population. Measuring instrument used is hardiness scale which is based on the theory of the hardiness of Kobasa. Obtained 24 valid items based on the norms and had a reliability Cronbach 0.724. Based on the results of data processing obtained 30% (15 students) have higher levels of hardiness and 70% (34 students) had a moderate level of hardiness.


Abstrak. Mahasiswa memiliki tuntutan perkuliahan yang semakin sulit di setiap semesternya, dibutuhkan usaha lebih untuk mendapatkan IPK sangat memuaskan hingga kelulusan nantinya, mahasiswa tingkat akhir merasakan adanya perubahan pada kondisi fisik dan psikis sehingga mengalami kondisi stress. Mahasiswa memiliki karakteristik kepribadian yang menjadikan kekuatan dasar untuk menemukan kapasitas dalam menghadapi stress atas tuntutan yang dihadapi. Menurut Kobasa dan Maddi (2005) karakteristik kepribadian hardiness merupakan salah satu konstelasi karakteristik kepribadian yang menjadi kekuatan dasar untuk menemukan kapasitas dalam menghadapi tekanan, sehingga dapat menciptakan tingkah laku yang aktif terhadap lingkungan dan perasaan bermakna yang menetralkan efek negatif stress. Hardiness akan mempengaruhi upaya para mahasiswa untuk mengatasi dan menyesuaikan diri dengan keadaan yang membebani atau membuat stress. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empirik mengenai gambaran hardiness. Metode penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa psikologi angkatan 2012 dengan IPK minimal 3 di Universitas Islam Bandung yang berjumlah 49 orang dan merupakan populasi. Alat ukur yang digunakan adalah skala hardiness yang di dasarkan pada Teori Hardiness dari Kobasa. Diperoleh 24 item valid berdasarkan norma Cronbach  dan memiliki reliabilitas 0,724. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh 30% (15 mahasiswa) memiliki tingkat hardiness tinggi dan 70% (34 mahasiswa) memiliki tingkat hardiness sedang.


Keywords


Hardiness, Psychology Student, Kobasa and Maddi

References


Ainan, Puji Lana. (2016). Hubungan Antara Hardiness Dengan Coping Strategi Pada Guru Sekolah Inklusi Di SDN Putraco Indah Bandung . Skripsi. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Allred, Kenneth dan Timothy W. Smith. (1989). Journal Of Personality And Social Psychology.The Hardly Personality : Cognitive And Physiological Responses To Evaluative Threat. Vol. 56, No.2, 257-266.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

¬_____ . (2009). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanifah, Ismi. (2016). Studi Deskriptif Mengenai Self Esteem Siswa Berprestasi Non-Kulikuler Kelas XII IPS Di SMA Negeri 4 Cimahi . Skripsi. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Kobasa, S. C. (2013). Stressful Life Events, Personalitu And Health : An Injury Into Hardiness. Journal of a Personalitu and Social Psychology, 37, 1-15.

Lazarus, Richard S. & Folkman, Susan. (1984). Stress, Appraisal and Coping. New York: Springer Publishing Company.

Maddi, S.R. (2005). The Story Of Hardiness : Twenty Years Of Theorizing, Research And Practice. Vol 54, No 3, 175-185.

_____ . (2006). The Journal Of Positive Psychology Hardiness : The Courage To Grow From Stress. Vol.1, No. 3, 160-168.

______. (2013). Springer Briefs in Psychology Personal Hardiness as the Basis for Resilience Chapter 2.

Patton, Tracey J. F. dkk. (1999). Hardiness And Anxity As Predictors Of Academic Success In First Year, Full Time And Part Time RN Students. Vol 30, No 4.

Sari, Aulia Puspita. (2015). Hubungan Antara Hardiness Dengan Coping Strategi Pada Siswa Yang Bekerja Part Time Di Smk Al-Falah Kota Bandung . Skripsi. Bandung : Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Setyosari, Punaji. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Soderstrom, Mike dkk. (2000). Journal of Behavioural Medicine The Relationship Of Hardiness, Coping Strategies, And Perceived Stress To Symptoms Of Illness. Vol. 23, No. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4265

Flag Counter    Â