Hubungan antara Self Esteem dengan Prososial pada Siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi
Abstract
Abstract. Hikmah Teladan Junior High School is a diverse school because there has students with special needs. This school teaches the attitude of helpingto all students particularly on students with special needs who are still in need of helping and guidance, but the problem is not all students can well behave to students with special needs. Students also showed a variety of self esteem. This study aimed to determine how closely the relationship between Self Esteem with Prosocial toward Hikmah Teladan Junior High School Cimahi. This study used quantitative methods. Instrument that used to collect data is self esteem scale compiled by researcher with reference to the theory of Self Esteem from Coopersmith and Prosocial scale compiled by researchers with reference to the theory of Prosocial of Eisenberg and Mussen. This study was conducted on 30 Hikmah Teladan Junior High School Cimahi. Data was analyzed by using non-parametric statistical techniques, correlation sprearman using SPSS. Based on the analysis of data obtained by the value of a positive correlation between self-esteem with prosocial, amounting to 0,404. The results showed that in this study that the higher self esteem, the higher prosocial behavior  of HikmahTeladan Junior High School Cimahi student.
Abstrak. Sekolah SMP Hikmah Teladan adalah sekolah yang memiliki siswa yang beragam karena terdapat siswa berkebutuhan khusus yang juga beragam. Pihak sekolah SMP Hikmah Teladan menanamkan sikap menolong kepada seluruh siswa di sekolah, khususnya terhadap siswa berkebutuhan khusus yang masih membutuhkan bantuan dan bimbingan, namun tidak semua siswa dapat berperilaku menolong terhadap siswa berkebutuhan khusus. Siswa pun menunjukan self esteem yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara Self Esteem dengan Prososial pada siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala Self Esteem yang disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu kepada teori Self Esteem dari Coopersmith dan skala Prososial disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu kepada teori Prososial dari Eisenberg dan Mussen. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi. Analisis data dilakukan dengan teknik statistic non parametric, korelasi sprearman menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai korelasi positif antara self esteem dengan prososial, yaitu sebesar 0,404. Hasil tersebut menunjukan bahwa dalam penelitian ini semakin tinggi self esteem maka semakin tinggi pula perilaku prososial siswa SMP Hikmah Teladan Cimahi.
ÂKeywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbar, Zaldhi Yusuf Akbar., Listiara, Anita. (2012). The difference between the
prosocial tendency regular classes and special classes at sman 1 and sman 3
semarang. Jurnal Psikologi, Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012, Halaman 120-
Fakultas Psikologi, Universitas Diponegoro. Online di
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=75052&val=4725. Di unduh
tanggal 30 Mei 2016 pukul 12:15 am.
Baron, Robert A., & Byrne, Donn. (2005). Psikologi sosial edisi 10 jilid 2. Jakarta:
| Nazela Luqiatunadzar, et al.
Erlangga.
Burns, R.B. (1993). Konsep diri, teori, pengukuran, perkembangan dan perilaku.
Jakarta: Arcan.
Carlo, G., & Randall, B. A. (2002). The development of a measure of prosocial
behaviors for late adolescents. Journal of Youth and Adolescence. 31(1), 31 -44
Coopersmith, Stanley., (1967). The Antecedents of self esteem. University of California.
Davis
Hapsari, Nur Yuli Dwi., Herdiana, Ike. (2013, April). Hubungan antara self-esteem
dengan intensi perilaku prososial donor darah pada donor di unit donor darah
pmi Surabaya. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial Vol. 2 No. 1. Fakultas
Psikologi Universitas Airlangga Surabaya
Haryati, Tutik Dwi. (2013, Mei). Kematangan emosi, religiusitas dan perilaku prososial
perawat di rumah sakit. Persona, Jurnal Psikologi Indonesia Mei 2013, Untag
Surabaya
Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri aplikasi dalam penyusunan instrumen
pengukuran perilaku. Bandung: Jauhar Mandiri
Santrock, John W. (2007). Perkembangan anak, edisi ketujuh, jilid dua. Jakarta:
Erlangga
Suyanto, Bagong & Sutinah. (2005). Metode penelitian sosial : berbagai alternatif
pendekatan edisi ketiga. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4202
  Â