Hubungan Mindful Parenting Dengan Psychological Well-Being Pada Karyawati Bank Rakyat Indonesia (BRI) Yang Memiliki Anak Sd Kelas 1-3 Di Masa Pandemi Covid-19

Nabila Hardini, makmuroh sri rahayu, Andhita Nurul Khasanah

Abstract


Abstract. The obligation of a mother is essentially to teach and educate, however, mothers have to work and have an impact on their children. Coupled with the pandemic, parents have new challenges, especially mothers who have elementary school children in grades 1-3 which have an impact on the mother's psycholoical well-being. So to minimize the occurrence of low welfare and regulate parenting emotions in working mothers, positive parenting skills are needed so that they have good communication with children and mothers are able to apply consistent discipline, one of which is Mindful Parenting. The purpose of this study is to see whether Mindful Parenting and mental well-being have a relationship, with the assumption that the lower the Mindful Parenting, the lower the psychological well-being of the mother. The method in this study uses a correlational technique with a sample of 60 employees of Bank Rakyat Indonesia (BRI) who have elementary school students in grades 1-3. The measuring instrument used is the Mindfulness in Parenting Questionnaire (MPQ) which was constructed by (McCaffrey, 2015) to measure Mindful Parenting and Psychological well-being scale which was constructed by Indonesian culture (Zheng, 2015) to measure psychological well-being spread through google forms. The results of the study show that there is a directly proportional relationship (positive value) between Mindful Parenting and Psychological well-being for Bank Rakyat Indonesia employees who have elementary school children in grades 1-3 during the Covid-19 pandemic (r = 0.428, p < 0.01).

Keywords: Employee of Bank Rakyat Indonesia (BRI), Mindful Parenting, Psychological well-being, Employee of Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Abstrak. Kewajiban seorang ibu pada hakikatnya adalah mengajarkan serta mendidik namun, ibu harus bekerja dan berdampak pada anak ditambah dengan adanya pandemi orangtua memiliki tantangan yang baru terlebih ibu yang memiliki anak SD kelas 1-3 berdampak pada psycholoical well-being ibu. Sehingga untuk meminimalisir terjadinya kesejahteraan yang rendah dan mengatur emosi pengasuhan pada ibu yang bekerja maka dibutuhkan kemampuan pengasuhan yang positif sehingga memiliki komunikasi yang baik dengan anak serta ibu mampu menerapkan disiplin konsisten salah satunya dengan Mindful Parenting. Tujuan pada penelitian ini ingin melihat apakah Mindful Parenting dengan Kesejahteraan mental memiliki hubungan, dengan anggapan bahwa semakin rendah Mindful Parenting, semakin rendah kesejahteraan psikologis ibu. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasional dengan sampel sebanyak 60 Karyawati Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang memiliki siswa SD kelas 1-3. Alat ukur yang digunakan adalah Mindfulness in parenting questionare (MPQ) yang di konstruk oleh (McCaffrey, 2015) untuk mengukur Mindful Parenting dan Psychological well-being scale yang di konstruk budaya Indonesia (Zheng,2015) untuk mengukur psychological well-being yang disebarkan melalui google form. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat hubungan berbanding lurus (bernilai positif) antara Mindful Parenting dengan Psychological well-being pada karyawati Bank Rakyat Indonesia yang memilii anak SD kelas 1-3 di masa pandemi Covid-19 (r = 0.428, p < 0.01).

Kata Kunci: Karyawati Bank Rakyat Indonesia (BRI), Mindful Parenting, Psychological well-being, Karyawati Bank Rakyat Indonesia (BRI).

 


Keywords


Karyawati Bank Rakyat Indonesia (BRI), Mindful Parenting, Psychological well-being, Karyawati Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Full Text:

PDF

References


Rahmawati, A. (2019). Manajemen Waktu Ibu Bekerja(Doctoral dissertation, Universitas

Muhammadiyah Surakarta).Diakses pada tanggal 16 desember 2020

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di

rumah pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: jurnal Pendidikan anak usia dini, 5(1), 772.

Diredja, B. S. D., & Diantina, F. P. (2019). Studi Literatur Pengaruh Religiusitas terhadap

Psychological Well-Being pada Individu Dewasa Awal di Komunitas Pemuda Hijrah Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28521

Flag Counter    Â