Studi tentang Adiksi Media Sosial dan Student Engagement pada Siswa SMP “X†Kota Bandung
Abstract
Â
Abstrak. Salah satu pengguna aktif media sosial adalah pelajar. Tentunya penggunaan tersebut dapat memberikan berbagai dampak dalam kehidupan akademiknya. Sedangkan dampak negatif yang ditemukan di lapangan, siswa SMP “X†menggunakan sosial media sampai larut malam sehingga tidak maksimal dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah memperoleh gambaran data mengenai adiksi media sosial dengan student enagement pada siswa SMP "X" Kota Bandung. Penelitian ini merupakan metode studi deskriptif kuantitatif. Alat ukur adiksi media sosial mengadaptasi Sosial Media Scale (SMD) dari Lemmens dkk, (2016) dan Student Engagement menggunakan Student Engagement Scale (SES) dari Dr. Ugur Dogan Universitas Bartin (2014). Subjek penelitian ini adalah siswa SMP "X" Kota Bandung sebanyak 350 orang. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh gambaran adiksi media sosial sebanyak 243 (69,4%) siswa mengalami adiksi media sosial dan 107 (30,6%) siswa tidak mengalami adiksi media sosial, selanjutnya didapatkan gambaran student engagement sebanyak 282 (80,6%) siswa memiliki student engagement yang rendah dan (19,4%) siswa memiliki student engagement yang tinggi.
Â
KATA KUNCI: Adiksi Media Sosial, Student Engagement, Siswa SMP
Keywords
Full Text:
PDFReferences
APJII. 2017. Info Grafis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet 2017. Diakses dari_http:/web.kominfo.go.id/sitesdefault/files/laporan%20survei%20APJII_20_17_V1.3.pdf. pada 8 Desember 2018
Can J Psychiatry gender difference in internet use and internet problems among quebec high school students Diakses dari https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5348090/. 2016 Oct; 61(10): 663–668. Published online 2016 Mar 24. doi: US Nastional Library of Medicine National Institute of Health.
Dogan, Ugur (2014). Validity And Reaiability of Student Engagement Scale, Vol 3, Issue 2, p.390-403. Journal of Faculity Education. University Bartin. Bartin Turkiye.
Fredricks, J. A., & Paris, A. (2003). Child_Trends-2003_03_12_PD_PDConfFBFP. 1–49.
Mustika, Rida Ayu & Kusdiyati Sulisworo (2015) Studi Deskriptif Student Engagement pada kelas XI IPS di SMA 1 Pasundan Bandung. Diakses dari http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/psikologi/article/view/1204 pada 3 januari 2019.
Young, Kimberly., S and de abreu, Cristiano Nabuco, 2011, Internet Addiction - A handbook and Guide To Evaluation And Treatment, JohnWiley & Sons Inc, Canada
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17518
