Pengaruh Gratitude Terhadap Well-Being pada Guru SLB C di Kota Bandunp
Abstract
Keywords: Gratitude, Well-being, Teacher.
Abstrak. SLB C merupakan sekolah yang dikhususkan bagi anak dengan tunagrahita. Tidak semua guru SLB memiliki latar belakang pendidikan luar biasa. Dengan jumlah guru SLB yang masih sangat kurang jika dibandingkan dengan jumlah siswa berkebutuhan khusus di Kota Bandung dan dengan beban yang dimiliki guru dalam mengajar, guru tetap memperlihatkan perilaku bersyukur, menghargai kebaikan orang lain, menampilkan emosi positif, berfikir postif dan tetap merasa bahagia. Fenomena ini mengantar peneliti pada tujuan penelitian untuk melihat seberapa besar pengaruh gratitude terhadap well-being pada guru SLB C di Kota Bandung. metode yang digunakan peneliti yaitu metode penelitian kausalitas denga pendekatan kuantitatif. Alat ukur gratitude yang digunakan adalah alat ukur The Gratitude Questionnaire-six item (GQ-6). Alat ukur ini dikembangkan oleh Michael E. McCullough, Robert A. Emmons, dan Jo-AnnTsang tahun 2001. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur well-being adalah The Workplace PERMA Profiler dari Butler dan Kern (2015). Data yang digunakan merupakan data interval dan menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 73 guru SLB C di Kota Bandung. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa gratitude memberikan pengaruh terhadap positive emotion engagement, relationship, meaning dan achievement.
Kata Kunci: Gratitude, Well-being, Guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, K., & Afriyeni, N. (2016). Pengaruh Self Efficacy terhadap Subjective Well-being pada guru SLB di Kota Padang. Jurnal RAP UNP, Vol 7, No, 37.
Butler, J., & Kern, M. L. (2015). The PERMA profiler.
Emmons, R. A. (2007). Thanks! New York: Houghton Mifflin Company.
Emmons, R. A., & McCullough, M. E. (2004). The Psychology of Gratitude. New York: Oxford University Press.
Hasemeyer, M. D. (2013). The Relationship Between Gratitude and Psychological, Social, and Academic Functioning in Middle Adolescence. University of South Florida.https://scholarcommons.usf.edu/cgi/viewcontent.cgi.
Kasirah, I. (2011). Kompetensi Pedagogis Guru PLB Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Berkebutuhan Khusus. Perspektif Ilmu Pendidikan, Vol 24.
McCullough, M. E. (2004). The Psychology of Gratitude. Inggris: Oxford University Press.
Putri, F. O. (2012). Hubungan Antara Gratitude dan Psychological Well-being Pada Mahasiswa. Universitas Indonesia.
Rani, K. A. (2016). Studi Deskriptif Subjective Well-Being menjelang pensiun pada karyawan di universitas katolik widya mandala surabaya. Digital Libraty Perpustakaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.
Seligman. (2011). Beyond Authentic Happiness. Bandung: Mizan.
Seligman, M. (2005). Authentic Happiness. Bandung: Mizan.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17175
