STUDI DESKRIPTIF MENGENAI RESILIENSI IBU YANG MEMILIKI ANAK TUNAGRAHITA DI SLB DARUL HIDAYAH KOTA BANDUNG

FRYDMONYA SUTARDI PUTRI, TEMI DAMAYANTI DJAMHOER

Abstract


Anak tunagahita merupakan salah satu anak berkebutuhan khusus yang kondisi kecerdasannya mengalami hambatan, sehingga tidak mencapai tahapan perkembangan yang optimal. Anak tunagrahita ditandai dengan kemampuan intelektual dibawah rata-rata dan ketidakcakapan anak dalam berinteraksi sosial. Anak tunagrahita membutuhkan sistem pendidikan khusus, salah satunya dengan pendidikan formal di sekolah luar biasa (SLB). Ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB Darul Hidayah mampu bertahan dari situasi sulit yang mereka hadapi dalam mengasuh dan memberikan pendidikan pada anak tunagahita sehingga anak tersebut mampu untuk mandiri. Menurut Benard (2004), resiliensi merupakan kemampuan untuk dapat beradaptasi dengan baik dan mampu berfungsi secara baik di tengah situasi yang menekan dan banyak halangan dan rintangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan resiliensi pada ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB Darul Hidayah kota Bandung dan aspek-aspek apa saja yang mendukung untuk pencapaian resiliensi tersebut. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 11 orang ibu yang memiliki anak tunagrahita. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur resiliensi yang dikonstruksikan berdasarkan teori resiliensi dari Benard, dengan reliabilitas sebesar 0,968. Hasil penelitian ini menunjukkan sebesar 72,73% ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB Darul Hidayah memiliki tingkat resiliensi tinggi. Hal ini sesuai dengan persentase setiap aspek social competence sebesar 72,73%, problem solving skills sebesar 81,82%, autonomy sebesar 54,55%, dan sense of purpose and bright future sebesar 63,64% tergolong kategori tinggi.


Keywords


Resiliensi, Tunagrahita, SLB Darul Hidayah

References


Benard, Bonnie. (2004). Resiliency : What We Have Learned. San Francsisco : WestEd.

Heward W. L., & Orlansky, M. D. (1992). Exceptional children : an introductory survey of special education (6th edition). New York : Macmillan Publishing Company.

Sumber Skripsi :

Hamid, Achir Yani. (2004). Pengalaman keluarga dan Nilai Anak Tunagrahita.

Sumber Internet :

http://id.wikipedia.org/wiki/Tunagrahita diakses pada tanggal 29 April 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1618

Flag Counter