HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA DENGAN DISIPLIN KERJA PADA KARYAWAN HOUSEKEEPING DI HOTEL MARBELLA SUITES BANDUNG
Abstract
Hotel Marbella Suites Bandung adalah perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan dan mempunyai tujuan untuk dapat menjadi perusahaan di bidang jasa penginapan yang berhasil. Departemen housekeeping merupakan suatu departemen yang betanggung jawab menangani hal-hal yang berkaitan dengan kebersihan, keindahan dan kerapihan lingkungan hotel baik kamar maupun area-area umum lain. Hotel Marbella setiap tahun presentase hunian semakin menurun dan keluhan tamu terbanyak ditujukan kepada departemen housekeeping. Karyawan mengharapkan kemudahan untuk mengembangkan karir di perusahaan, atasan peduli terhadap kesulitan karyawan, penilaian yang adil dari atasan, dan posedur perusahaan jelas mengenai tanggung jawab dan tugas karyawan. Kondisi tersebut diiringi dengan perilaku karyawan yang sering melanggar aturan perusahaan, yaitu perilaku indisipliner. Metode penelitian menggunakan metode korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh karyawan housekeeping Hotel Marbella sebanyak 12 responden. Alat ukur yang digunakan adalah alat ukur kepuasan kerja berdasarkan teori discrepancy, dan menggunakan aspek-aspek dari Wexley & Yukl (1977) dan dibuat menjadi dua alat ukur, “harapan†dari karyawan dan kenyataan yang diperoleh dari pekerjaan, kemudian di cari selisihnya. Sedangkan untuk variabel kedua yaitu disiplin kerja menggunakan alat ukur disiplin kerja menggunakan aspek-aspek disiplin kerja dari Gibson, Ivancevich, dan Donnell (1996). Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data ordinal. Pengolahan data menggunakan statistic non parametrik yaitu Uji Korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh rs = 0,650. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kepuasan kerja dan disiplin kerja pada karyawan departemen housekeeping di Hotel Marbella Suites Bandung.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi Prof. Dr. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin, 2002, Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta, Pustaka.
Davis, Keith dan Newstrom, John W., 1996, Perilaku dalam Prganisasi Jilid I Edisi ke 7, Jakarta, Erlangga.
Gibson, Ivancevich, Donnelly, 1996, Organisasi Perilaku, Struktur, Proses, Jakarta, Erlangga.
Hasibuan, Malayu S.P., 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Bumi Aksara.
Jackson, Robert Mathis, Sadeli, John H dan Jimmy, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Salemba Empat.
Munandar, Ashar Sunyoto, 2001, Psikologi Industi dan Organisasi, Cetakan ke-1, Jakarta, Universitas Indonesia Press.
Noor, Hassanudin, 2004, Psikometri, Bandung, Universitas Islam Bandung.
Robbins, Stephen P., 1982, Personal Management Of Human Resources Second Edition, Onfario, Irwin-Dorset Limmited.
Sudjana, 1996, Metoda Statistika Edisi Ke 6, Bandung, Tarsito.
Wexley, Kenneth N, dan Yukl, gary A., 1977, Organizational Behavior amd Personel Psychology, Illionis, Richard D.Irwin, Inc.
Jackson, Robert Mathis, Sadeli, John H dan Jimmy, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, Salemba Empat.
Munandar, Ashar Sunyoto, 2001, Psikologi Industi dan Organisasi, Cetakan ke-1, Jakarta, Universitas Indonesia Press.
Noor, Hassanudin, 2004, Psikometri, Bandung, Universitas Islam Bandung.
Robbins, Stephen P., 1982, Personal Management Of Human Resources Second Edition, Onfario, Irwin-Dorset Limmited.
Sudjana, 1996, Metoda Statistika Edisi Ke 6, Bandung, Tarsito.
Wexley, Kenneth N, dan Yukl, gary A., 1977, Organizational Behavior and Personel Psychology, Illionis, Richard D.Irwin, Inc.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1585
  Â