HUBUNGAN SOCIAL SUPPORT DENGAN FLOW PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI
Abstract
Tujuan peneliti adalah ingin mengetahui apakah mahasiswa fakultas psikologi angkatan 2012 kelas praktikum observasi-interview merasakan Flow serta apakah ada hubungan antara social support yang diterima dengan flow yang dirasakan.
Metode yang digunakan daam penelitian ini adalah metode korelasi yaitu yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Pengolahan data dilakukan dengan pengolahan statistik dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS Statistics 20, menggunakan uji korelasi menggunakan product moment dari Pearson.Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu memperoleh data empirik mengenai keeratan hubungan antara Social Support dengan Flow pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2012 Kelas Praktikum Observasi-Interview UNISBA.
Hasil dari pengolahan data menunjukkan nilai r = 0,818 dengan α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang erat antara Social Support dengan Flow pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2012 Kelas Praktikum Observasi-Interview UNISBA.Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Carr, R., Hagel, P. & ellier, P. (2010). Measuring student engagement: Using ‘flow’
theory to guide question development. In M. Devlin, J.Nagy and A.Lichtenberg (Eds.) Research and Development in Higher Education: Reshaping Higher Education, 33 (pp. 167177). Melbourne.
Chandra, Robin Ignatius, (2013). Go with the Flow: Dukungan Sosial dan Flow Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.2 No.1
Csikszentmihalyi, Mihalyi. (2014). Applications of Flow in Human Development and Education : The Collected Works of Mihaly Csikszentmihalyi. Springer Science+Business Media Dordrecht 2014.
_____________ . (1997). Finding Flow: The Psychology of Engagement with Everyday Life. Harperscollins publisher. Inc
_____________. (2014). Flow and the Foundation of Positive Psychology.
Springer Science+Business Media Dordrecht.
David J. Shernoff, Mihaly Csikszentmihalyi, Barbara Schneider, Elisa Steele Shernoff. Student Engagement in High School Classroomsfrom the Perspective of Flow Theory, School Psychology Quarterly, Vol. 18, No. 2, 2003, pp. 158–176.
Engeser,Stefan & Falko Rheinberg. (2008). Flow, performance and moderators of
challenge-skill balance. Springer Science+Business Media, LLC.
___________.(2012). Advances in Flow Research. Institute of Psychology
University of Trier, Germany : Springer Science+Business MediaProf. Nasution, Rozaini.,SKM (2003). (http://library.usu.ac.id/download/fkm/fkm-rozaini.pdf) di unduh pada 17 januari 2015
Procadino, Mary E & Kenneth Heller, (1983). Measures of Percieved Social From Friends and From Family: Three Validation Studies. American journal of Community Psychology, Vol. 11 No.1
Rahardjo, Lydia dan Setiasih. (2008). Jenis dan Sumber Dukungan Sosial pada Mahasiswa. Anima, Indonesian Psychological Journal. Vol. 23, No. 3, 277-286.
Shernoff, David J and Brett Anderson. The Wiley Blackwell Handbook of Positive Psychologigal Interventions, Chapter 11 Enacting Flow and Student Engagement in the College Classroom. Copyright © 2014 by John willey& Sons, Ltd.
Thais Piassa Rogatko.The Influence of Flow on Positive Affect in College Students. Published online: 14 August 2007. Springer Science+Business Media B.V. 2007
Yi Maggie Guo and Young K. Ro, (2008). Capturing Flow in the Business Classroom. Vol.6 No.2
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1546
  Â