KEBANGGAAN ATAS IDENTITAS ETNIK PADA MAHASISWA PERANTAU KELOMPOK ETNIK MINANGKABAU DAN BATAK DI BANDUNG

RINA RAMDANI, IHSANA SABRIANI BORUALOGO, STEPHANIE RAIHANA HAMDAN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai identitas etnik pada kelompok etnik Minangkabau dan Batak yang merantau di Kota Bandung. Menurut Brunner (Cohen, 2004 : 257) Bandung memiliki keutamaan, tidak hanya dalam hal tersedianya sejumlah perguruan tinggi berkualitas, tetapi juga karena Bandung memiliki budaya dominan. Budaya Sunda adalah budaya dominan di Bandung, di mana melalui budaya dominan ini, ditetapkan standar tingkah laku yang dianggap pantas, serta sebagian besar institusi dikendalikan dan dioperasikan melalui pola budaya dominan ini. Identitas etnik terlihat dari komitmen dan rasa kepemilikan (sense of belonging) pada kelompok etnik, evaluasi positif pada kelompok, berminat di dalam dan berpengetahuan tentang kelompok dan turut serta terlibat dalam aktivitas sosial kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jumlah subjek terdiri dari 250 responden Kelompk Etnik Minangkabau dan 250 responden Kelompok Etnik Batak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur multigroup ethnic identity measure dari Jean Phinney yang terdiri dari 20 item dengan vaiditas ( ) dan reliabilitas ( ).  Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun mahasiswa dari kelompok etnik Minangkabau dan kelompok etnik Batak tinggal di Bandung dengan kultur Sunda yang dominan selama 2-4 tahun, mereka tidak kehilangan identitas etniknya (  dan kedua kelompok etnik ini merasa bangga terhadap latar belakang etniknya (


Keywords


Identitas etnik, Kelompok Etnik Minangkabau, Kelompok Etnik Batak, Kelompok Etnik Sunda

References


Borualogo, Ihsana Sabriani (2014). Pengaruh Nilai Budaya Merantau, Sistem Nilai, dan Dukungan Sosial yang Dimediasi Harga Diri Terhadap Kepegasan Sebagai Penentu Kepuasan Hidup. Fakultas Psikologi : Unpad.

Phinney, J.S & Anthony D. Ong (2007). Conceptualization and Measurement of Ethnic Identity : Current Status and Future Directions. Journal of Counseling Psychology 2007, vol. 54, No. 3, 271-281.

Phinney , J.S (1989). Stages of Ethnic Identity In Minority Group Adolescents. Journal of Early Adolescence, 9, 34-49

Phinney, J.S. (1998) The Development of Ethnic Identity in Adolescence.

Phinney, J.S.(2004) Ethnic Identity : Developmental and Contextual Perspective

Phinney, J.S. and Linda Line Alipura. (1990). Ethnic Identity In College Students From Four Ethnic Groups. Journal of Adolescence, 13, 171-1

Phinney, J.S, Robert E. Roberts (1990). The Structure of Ethnic Identity of Young Adolescents From Diverse Ethnocultural Groups. Journal of Early Adolescence, Vol. 19 No.3, 301-322

Phinney, J.S. (1998) The Development of Ethnic Identity in Adolescence.

Phinney, J.S.(2004) Ethnic Identity : Developmental and Contextual Perspective.

Phinney, J.S. and Linda Line Alipura. (1990). Ethnic Identity In College Students From Four Ethnic Groups. Journal of Adolescence, 13, 171-183.

Phinney, J.S, Robert E. Roberts (1990). The Structure of Ethnic Identity of Young Adolescents From Diverse Ethnocultural Groups. Journal of Early Adolescence, Vol. 19 No.3, 301-322

Warnaen, Suwarsih. (1979). Stereotipe Etnik Di Dalam Suatu Bangsa Multietnik. Jakarta : Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1366

Flag Counter    Â