Studi Deskriptif Mengenai Derajat Kesabaran pada Ibu Asuh di SOS Children’s Village (SOS Kinderdorf) Lembang

NURISYA PUSPA KENANGA, Ria Dewi Eryani

Abstract


Ibu asuh SOS Children’s Village mempunyai peran dan fungsi sebagai pengatur seluruh aktivitas mulai dari mengatur keuangan keluarga, peraturan rumah tangga yang harus dipatuhi semua anggota keluarga, mengurus segala keperluan anak-anaknya sampai pengasuhan seluruh anak asuh dalam rumah tersebut. Dalam menjalani perannya sebagai ibu asuh tidak mudah, ibu asuh berhadapan dengan anak yang sulit diatur dan dididik, membimbing anak untuk belajar, dan mengurusi anak yang membolos sekolah atau melanggar aturan sekolah. Ibu asuh sudah menganggap anak-anak asuhnya seperti anak mereka sendiri dan menganggap bahwa yang dilakukannya saat ini untuk menolong sesama manusia dan sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui derajat kesabaran pada ibu asuh di SOS Children’s Village (SOS Kinderdorf) Lembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif  yang berusaha memaparkan atau menggambarkan objek sesuai dengan apa adanya. Jumlah subjek penelitian sebanyak 13 orang ibu asuh SOS Children’s Village (SOS Kinderdorf) Lembang. Setelah melakukan pengolahan data di dapat sebesar 69,23% ibu asuh yang memiliki kesabaran tinggi. Teguh pada prinsip merupakan aspek yang paling tinggi sebesar 69,23% diantara kedua aspek lainnya yaitu aspek tekun sebesar 61,54% dan aspek tabah 53,85%.

Keywords


Kesabaran, teguh pada prinsip, tabah, tekun

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta. Rineka Cipta.

Fitrikasari, A. (2003). Determinan Depresi pada Anak dan Remaja (Studi pada Panti Asuhan SOS Desa Taruna Semarang). Rumah Sakit Dokter Kariadi. Tesis Bagian Psikiatri Fakultas Keokteran Universitas Diponogoro.

Hartati, L & Respati, W. N. (2012). Kompetensi Interpersonal pada Remaja yang Tinggal di Panti Asuhan Asrama dan yang Tinggal di Pati Asuhan Cottage. Jurnal Psikologi Volume 10 Nomor 2. Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul Jakarta.

Kaplan, Robert M & Saccuzzo, Dennis P. (2005). Psychological Testing (Principles, Applications, and Issues) Sixth Edition. United States of America.

Najati, U. (1995). Al-Qur’an dan Ilmu Jiwa. Bandung. Pustaka.

Noor, H. (2012). Psikometri (Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku). Bandung. Universitas Islam Bandung.

Sitepu, Nirwana S.K. (1995). Analisi Korelasi. Bandung. Unit Pelayanan Statistika FMIPA, Universitas Padjajaran.

Sumanto, Rr. M. K. (2008). Dinamika Motivasi Ibu Asuh di SOS Desa Taruna Semarang. Semarang. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

sosdesatarunalembang.blogspot.com diunduh pada 7 Desember 2014 pukul 04:50.

Umar, Y. (2010). Sabar (Konsep, Proposisi, dan Hasil Penelitian). Bandung. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Umar, Y. (2014). Studi Deskriptif mengenai Kesabaran dalam Bidang Usaha pada Para Pengusaha Muslim Etnis Tionghoa di Kota Bandung. Prosding Seminar Nasional Penelitian dan PKM Sosial, Ekonomi dan Humaniora Vol 4, No 1. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Yamin, S & Kurniawan, H. (2014). SPSS Complete (Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS). Jakarta. Salemba Infotek.

www.anneahira.com/perilaku-ibu-dalam-mendidik-anak.htm diunduh pada 20 April 2015 pukul 02:07.

www.wikipedia.org/pantiasuhan diunduh pada 13 April 2015 pukul 12:23.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1303

Flag Counter