HUBUNGAN FLOW DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING MAHASISWA PSIKOLOGI UNISBA YANG AKTIF ORGANISASI

ADINDA DWI FAJRINA, DEWI ROSIANA

Abstract


Mahasiswa Psikologi Unisba yang aktif organisasi memiliki aktivitas yang lebih banyak dibandingkan dengan mahasiswa lainnya, namun keaktifan tersebut bukanlah suatu hambatan melainkan dapat menjadi penunjang kemampuan mahasiswa bagi masa depannya. Maksud penelitian ini adalah mendapatkan data mengenai hubungan flow dengan psychological well-being mahasiswa Psikologi Unisba yang aktif organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa erat hubungan flow dengan psychological well-being mahasiswa Psikologi Unisba yang aktif organisasi. Metode yang digunakan yaitu korelasional dengan jumlah responden 24 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner flow short scale (Rheinberg, Vollmeyer, dan Engeser) dan dilakukan sebanyak tiga kali pengukuran yang mewakili tiga aktivitas yang responden lakukan di organisasi dalam waktu satu bulan, serta kuisioner Ryff’s scale (Carol D. Ryff). Data yang diperoleh diolah menggunakan uji korelasi rank Spearman. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh rs=0,673 dengan taraf korelasi yang erat. Artinya semakin sering mahasiswa merasakan pengalaman flow pada aktivitas organisasi, maka semakin tinggi pula psychological well-being yang dirasakannya.


Keywords


Flow, Psychological Well-Being, Aktif Organisasi

References


Asakawa, Kiyoshi. (2010). J Happiness Stud: Flow Experience, Culture, and Well-being: How Do Autotelic Japanese College Students Feel, Behave, and Think in Their Daily Lives?. Vol. 11, pp. 205–223. DOI 10.1007/s10902-008-9132-3. Published online 4 January 2009.

Compton, W.C. (2005). Introduction to Positive Psychology. Southbank, Victoria. Thomson Wadsworth.

Fullagar, C.J. & Steele J.P. (2009). The Journal of Psychology: Facilitators and Outcomes of Student Engagement in a College Setting. Vol. 143, No. 1, pp. 5–27.

Mageau, G.A. & Vallerand, R.J. (2007). Motiv Emot: The Moderating Effect of Passion ont the Relation Between Activity Engagement and Positive Affect. Vol. 31, pp.312-321. DOI 10.1007/s11031-007-9071-z. Published online: 18 October 2007.

Mihalyi, Csikszentmihalyi. (2014). Applications of Flow in Human Development and Education. Claremont, CA, USA. Springer.

Rogatko, T.P. (2009). J Happiness Stud: The Influence of Flow on Positive Affect in College Students. Vol. 10, pp. 133–148. DOI 10.1007/s10902-007-9069-y. Published online: 14 August 2007.

Shernoff, D.J. (2010). Am J Community Psychol: Engagement in After-School Programs as a Predictor of Social Competence and Academic Performance. Vol. 45, pp. 325–337. DOI 10.1007/s10464-010-9314-0. Published online: 16 March 2010.

_______. (2013). Optimal Learning Environments to Promote Student Engagement. New York. Springer.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1292

Flag Counter