PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP TINGKAT FLOW PADA MAHASISWA X BANDUNG

EGA PUTRI DWIYANTI, DEWI ROSIANA

Abstract


Dalam pendidikan tidak semua mahasiswa terlibat dalam proses belajar. Padahal keterlibatan mahasiswa merupakan akar terbentuknya flow pada mahasiswa. Flow adalah keadaan mental yang sangat mendalam pada aktivitas, yang ditandai dengan sebuah perasaan yang bersemangat untuk fokus, keterlibatan mendalam dan enjoyment dalam proses aktivitas (Csikszentmihalyi, 1990, 1997). Agar terjadi pengalaman flow pada mahasiswa, salah satu aspek yang berpengaruh dalam proses belajar ialah Instructional and teacher factors atau metode pembelajaran. Pada mata kuliah strategi pemasaran terdapat metode pembelajaran yang berbeda yaitu seminar, praktikum lapangan dan diskusi kelompok besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada perbedaan tingkat flow pada ketiga metode pembelajaran dan melihat metode mana yang paling efektif dalam membentuk flow pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan quasi eksperimen dengan menggunakan desain one group post test only. Pengumpulan data menggunakan Flow Short Scale dari Steffan Engeser (2008) dan Flow Questionnare dari Csikszentmihalyi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis varians (ANOVA). Hasil menunjukan F hitung  (6,245) > F tabel (2,75) serta taraf signifikansi α =  0,03 lebih kecil dari α = 0,05. Dari hasil tersebut, maka dapat dikemukakan ada perbedaan yang sangat signifikan tingkat Flow ditinjau dari metode pembelajaran pada mahasiswa. Rata-rata tingkat flow tertinggi pada metode pembelajaran praktikum lapangan dan terendah pada metode pembelajaran diskusi kelompok besar.


Keywords


Flow, Metode pembelajaran, mahasiswa

References


Arikunto, Suharsimi (2010). Metode Peneltian. Jakarta : Rineka Cipta.

Abdurrahman Ginting (2008).Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran.

Bandung:Humaniora.

Bastable, Susan, B. (2002).Perawat Sebagai Pendidik: Prinsip Pengajaran.

Jakarta: EGC.

Blackwell, Wiley. (2014). The wiley Blackwell handbook of positive

psychological interventions, first edition. John Wiley & Sons, Ltd. Published.

Carr, R., Hagel, P. & ellier, P. (2010).Measuring student engagement:Using

‘flow’ theory to guide question development. In M. Devlin,J.Nagy and A.Lichtenberg (Eds.) Researchand Development inHigher Education: Reshaping Higher Education, 33 (pp. 167177). Melbourne.

Csikszentmihalyi, Mihalyi. (2014). Applications of Flow in HumanDevelopment

and Education: The Collected Works of MihalyCsikszentmihalyi. Springer

Science+Business Media Dordrecht.

Csikszentmihalyi, Mihalyi. (2014). Flow and the Foundation of Positive

Psychology.Springer Science+Business Media Dordrecht.

David J. Shernoff, Mihaly Csikszentmihalyi, Barbara Schneider, ElisaSteele

Shernoff. Student Engagement in High School Classroomsfrom the

Perspective of Flow Theory, School PsychologyQuarterly, Vol. 18,No. 2, 2003, pp. 158–176.

Djamarah.(2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rhineka Cipta.

Engeser,Stefan& Falko Rheinberg. (2008). Flow, performance and moderators of

challenge-skill balance. Springer Science+Business Media, LLC.

Engeser , Stefan.(2012).Advances in Flow Research. Institute of Psychology

University of Trier, Germany : Springer Science+Business Media.

David J. Shernoff & Mihalyi Csikszentmihalyi.(2014).Flow in school, chapter

,134.Springer Science+Business Media Dordrecht.

Guo,Yi Maggie & Young K. Ro.(2008). Capturing Flow in the Business

Classroom.Vol 6, No 2.

Hilal, S., Arwood, D., Karsky, J. & Tracton-Bishop, B. (2004).AcademicGoals,

Role Performance and Grades : A Symbolic InteractionisExplanation.

Dalam http://www.misu.nodak.edu

Joel M. Hektner,Jennifer A. Schmidt,Mihaly Csikszentmihalyi.(2007).Experience

SamplingMethod : Measuring the Quality of EverydayLife.Sage

Publications, Inc.

John P. Steele,Clive J. Fullagar.(2009).Facilitators and Outcomes of Student

Engagement ina College Setting.Kansas State University The JournalOf

Psychology.143(1), 5–27:HeldrefPublications.

Kaplan, Robert M. & Dennis P. Saccuzzo.2005. Phsycological Testing principles, Application, and Issues. California: Brooks/Cole Publishing Company, Pacific Grove.

Magyaródi, Tímea & Henriett Nagy.(2013). The Journal of Happiness & Well-

Being.1(2).

Noor, Hasanuddin. (2012). Psikometri:Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen

Pengukuran Perilaku. Bandung : Fak.Psikologi-UNISBA.

Shernoff, David J. (2013).Optimal Learning Environments to Promote Student

Engagement.Media New York :Springer Science+Business.

Thais Piassa Rogatko.(2007).The Influence of Flow on Positive Affect in College

Students.Published online: 14 August 2007. SpringerScience+Business

Media B.V.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1261

Flag Counter    Â