KORELASI ANTARA SIKAP TERHADAP BEBAN STUDI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI SMP

NADIA FITRIA ULA, RIA DEWI ERYANI

Abstract


SMP Plus Al Aqsha memiliki visi untuk menjadi Sekolah Menengah Pertama yang unggul dan kompetitif pada aspek ilmu pengetahuan dan ilmu agama tingkat Jawa Barat. Untuk mewujudkan visi tersebut, SMP Plus Al Aqsha memiliki dua kurikulum, yaitu kurikulum nasional yang menerapkan kurikulum KTSP serta kurikulum pesantren sebagai bagian dari beban studi yang harus ditempuh selama menjalani masa studi. Para santri juga diwajibkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Beban studi disusun agar pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif. Namun ditemukan terdapat berapa santri yang menganggap belajar dan tugas yang diberikan di SMP Plus Al Aqsha memberatkan sehingga para santri tersebut merasa tidak senang pada kegiatan belajar di SMP Plus Al Aqsha dan membuat santri tersebut menjadi kurang termotivasi untuk belajar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendapatkan data empirik mengenai seberapa erat hubungan antara sikap terhadap beban studi dengan motivasi belajar pada siswa kelas VII di SMP Plus Al-Aqsha. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur sikap terhadap beban studi yaitu berupa kuesioner berdasarkan acuan teori sikap dari Allport, sedangkan motivasi belajar berdasarkan pada acuan teori Gage dan Berliner. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 77 santri kelas VII SMP Plus Al Aqsha yang diambil dengan teknik random sampling. Data yang diperoleh berupa data ordinal sehingga pengolahan data menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil perhitungan didapat bahwa rs= 0,857. hal ini berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara sikap terhadap beban studi dengan motivasi belajar pada santri kelas VII SMP Plus Al Aqsha. Artinya, semakin negatif sikap santri terhadap beban studi maka semakin rendah motivasi belajar santri kelas VII SMP Plus Al Aqsha Jatinagor.

Keywords


Sikap, Beban Studi, Motivasi Belajar

References


Aaro, L.E. (1997). Adolescent lifestyle. Dalam A. Baum, S. Newman J. Weinman, R. West and C. McManus (Eds).

Arikunto, Suharsimi. (2009). Manajemen penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. (2007). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djamarah, Syaiful B. (2002). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gage, N. L. & Berliner, David C. (1979). Educational psychology (2nd ed.). Chicago: Rand McNally College Publishing Company.

Hurlock, Elizabeth B. (1999). Psikologi perkembangan; Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Mar’at. (2003). Sikap manusia: Perubahan serta pengukuran. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mustafa, Zainal EQ. (2009). Mengurai variabel hingga instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri: Aplikasi dalam penyusunan instrumen pengukuran perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi UNISBA.

Papalia, D. E., Olds, S. W. & Feldman, Ruth D. (2001). Human development (8th ed). Boston: McGraw-Hill.

Rice, F.P. (1990). The adolescent development, relationship, & culture (6th ed). Boston: Ally & Bacon.

Sadirman, A.M. (2006). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santrock, John W. (2001). Adolescence: Perkembangan remaja. Alih Bahasa: Shinto B., Adelar dan Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.

____________¬___. (2007). Psikologi pendidikan (Edisi Kedua). Alih Bahasa: Wibowo, Tri B.S. Jakarta: Kencana.

Secord, Paul F. & Backman, Carl W. (1964). Social psychology. New York: McGraw-Hill.

Sidney, Siegel. (1994). Statistik nonparametrik untuk ilmu sosial. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sudjana (2006). Metode pelajaran statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein. (2011). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Uno, Hamzah B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Winkel, W. S. (1996). Psikologi pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Sumber lain:

Speaking of Teaching. (1998). Capturing and directing the motivation to learn. [Newsletter]. Standford University, California: Author.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1257

Flag Counter    Â