HUBUNGAN ANTARA PARENT INVOLVEMENT DENGAN STUDENT ENGAGEMENT PADA SISWA KELAS XI DI SMK TI GARUDA NUSANTARA CIMAHI

YOHANA LAURA JUWITA, SULISWORO KUSDIYATI

Abstract


Masa remaja merupakan masa peralihan. Pada masa peralihan tersebut kemungkinan dapat menimbulkan krisis, dan berperilaku menyimpang yang akan menjadi perilaku yang mengganggu. Terutama pada siswa kelas XI di SMK TI Garuda Nusantara Cimahi, yaitu banyaknya siswa bermasalah di kelas XI memiliki prestasi akademik dibawah rata-rata. Siswa ini menampilkan tindakan membolos, tidak fokus terhadap pembelajaran, tidak konsentrasi, tidak menyerap apa yang dijelaskan oleh guru, dan siswa merasa tidak senang, bosan atau jenuh belajar disekolah. Faktor orangtua pun dikeluhkan oleh siswa, bahwa orangtua kurang terlibat tehadap pendidikan anaknya sehingga siswa tidak terikat pada pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa kuat hubungan parent involvement dengan student engagement. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda korelasi. Alat ukur yang digunakan berupa kuisioner, dengan skala likert disusun berdasarkan konsep teori Hill&Tyson untuk variabel parent involvement dan konsep teori Connell&Wellborn untuk variabel student engagement. Pengolahan data menggunakan rank spearman. Hasil pengolahan data didapatkan rs sebesar 0,738. Disimpulkan terdapat hubungan positif yang kuat antara parent involvement dengan student engagement pada siswa kelas XI di SMK TI Garuda Nusantara Cimahi. Artinya, semakin negatif parent involvement maka semakin rendah pula student engagement siswa kelas XI di SMK TI Garuda Nusantara Cimahi.

Keywords


Parent Involvement, Student Engagement, Remaja

References


Balli, Sandra J., David H. Demo, and John F. Wedman. (1998). Family involvement with children’s homework: An intervention in the middle grades Vol.47, 149-157: Eric Document Reproduction Service, NY

Bempechat. Janine, and David J.Shernoff. (2012). Parental Influence on Achievement Motivational and Student Engagement. Wheelock College, Boston, MA, USA: Department of Psychology and Human Development

Bieschke, James G. (2013). Parental Involvement Predictors of Academic Success: A Review of The Nces 2007 Parent and Family Involvement In Education Survey: Drake University: Des Moines, Iowa.

Connell, James P, and Wellborn James G. (1990). Competence, Autonomy, and Relatedness: A Motivational Analysis of Self-system Processes: Richester, NY: University of Rochester

Cristenson, Sandra L. (2012). Handbook of Research on Student Engagement.

London: Springer

Desmita. (2000). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Hill. Nancy E. And Tyson. F Diana (2009). Parental involvement in Middle School : A Meta-Analitic Assessment of the Strategies That Promote Achivement: Duke University: American Psychological Association

Raftery N. Jacquelyn, Grolnick S. Wendy, and Flamm S. Elizabeth. (2012). Families as Facilitators of Student Engagement: Toward a Home-School Partnership Model. Frances L. Hiatt School of Psychology. Worcester, MA, USA: Clark University

Santrock, John.W.(2002).Life-Span Develompent. Jakarta: Erlangga

Skinner, Ellen A, Kindermann Thomas A, Connell, James P, Wellborn, James G. (2009). Engagement and Disaffection as Organizational Constructs in the Dynamics Of Motivational Development. New York and London : Routledge




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1211

Flag Counter    Â