KORELASI ANTARA SIKAP TERHADAP PERAN TEMAN SEBAYA DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SANTRI SMP
Abstract
Masa remaja adalah masa transisi dari masa kanak-kanak menjadi masa dewasa. Santri kelas VIII SMP Al- Aqsha Jatinangor termasuk dalam remaja awal. SMP Al- Aqsha merupakan salah satu sekolah favorite di wilayah kabupaten Sumedang, dimana visi sekolah ini yaitu ingin menjadi sekolah menengah pertama yang unggul dan kompetitif pada aspek ilmu pengetahuan dan ilmu agama tingkat jawa barat. Sedangkan misi dari sekolah ini adalah membangun ukhuwah islamiyah dan akhlakul karimah di lingkungan pesantren dan di tengah masyarakat. Namun visi dan misi tersebut belum sepenuhnya terwujud, hal ini dikarenakan masih banyaknya santri yang melakukan pelanggaran dan berprilaku buruk di sekolah antara lain membolos, mencuri, merokok, berkelahi dengan teman, mencontek, pura-pura sakit, tidak mengikuti ekstrakurikuler wajib sekolah. Santri melakukan pelanggaran tersebut bersama dengan teman-teman sekelasnya. Mereka berpikir melakukan pelanggaran bersama dengan temannya dianggap sebagai hal yang biasa. Mereka melakukan hal tersebut untuk menyatakan rasa setia kawannya dan takut dijauhi oleh temannya sehingga mereka segan untuk menolak ketika temannya membujuk untuk melakukan pelanggaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai seberapa besar hubungan antara sikap terhadap peran teman sebaya dengan penyesuaian sosial di sekolah pada santri kelas VIII SMP Al-aqsha Jatinangor. Metode dalam penelitian ini yaitu metode korelasional. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan jumlah subjek sebanyak 72 orang dengan kriteria sudah melakukan pelanggaran sebanyak 3 kali atau lebih. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu semakin positif sikap terhadap peran teman sebaya maka semakin buruk penyesuaian sosial di sekolah pada santri kelas VIII SMP Al-aqsha Jatinangor. Hasil pengolahan data statistik diperoleh rs = - 0,712 yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat dengan arah hubungan negatif antara sikap terhadap peran teman sebaya dengan penyesuaian sosial di sekolah pada santri kelas VIII SMP Al-Aqsha Jatinangor.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abu Ahmadi & Widodo Supriono. (2004). Psikologi belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2000). Manajemen penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. (1995). Sikap manusia, teori dan pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Belajar
.(1997). Reliabilitas dan validitas ( Edisi ke 3). Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Baron, R.A dan Byrne, D. (2003). Psikologi sosial. Jilid 1. Edisi 10. Alih Bahasa: Ratna Juwita, dkk. Jakarta: Erlangga
Hadi, Sutrisno. (1989). Metodologi research Jilid I & II. Yogyakarta : Andi offset
Hurlock, Elizabeth. (1999). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta : Erlangga.
Kartono, Kartini. (2006). Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Mar’at, (1984). Sikap manusia : perubahan serta pengukurannya. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Mastuhu, (1994). Dinamika sistem pendidikan pesantren. Jakarta : INIS
Noor, Hasanuddin. (2012). Psikometri : aplikasi dalam penyusunan instrumen pengukuran perilaku. Bandung : Fakultas Psikologi UNISBA
Sa’ad Agiel Siradj dkk. (1999). Pesantren masa depan ( wacana pemberdayaan dan transformasi pesantren). Jakarta : Pustaka Hidayat
Santrock, John W. (2001). Adolescence : perkembangan remaja. Jakarta : Erlangga
Santoso, Singgih. (2001). Mengolah data statistik secara profesional. Jakarta : PT Alex Media Komputindo
Schneiders, Alexander. (1964). Personal adjustment and mental health. New York: Holt Rinehart and Winston.
Sears, Davido. (1988). Psikologi sosial : alih bahasa michael adriyanto Ed. 5. Jakarta : Erlangga
Shaffer, David R. (1994). Social and personality development. California Brooks Cole Publishing Company
Sidney, Siegel. (1994). Statistik nonparametrik untuk ilmu sosial. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama
Silalahi, Ulber. 2012. Metode penelitian sosial. Bandung : PT. Refika Aditama.
Sudjana. (2006). Metode pelajaran statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono, (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sumber lain
Lailatul, Rokhmatika., Eko.(2013). Hubungan antara persepsi terhadap dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri dengan penyesuaian diri di sekolah pada siswa kelas unggulan. Vol 01 No.1,pp 149-157
Sulisworo, Kusdiyati., Lilim, Halimah., Faisaluddin. (2011). Penyesuaian diri di lingkungan sekolah pada siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung.Vol. VIII No.2, pp 184
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1200
