STUDI DESKRIPTIF MENGENAI PROFIL FLOW DALAM BEKERJA PADA ALUMNI PSIKOLOGI UNISBA MENYELESAIKAN STUDI DENGAN LULUS CUM LAUDE

AMALIA RUBINI, INDRI UTAMI

Abstract


Lulus dengan tepat waktu bukanlah hal yang mudah pada mahasiswa Fakultas Psikologi Unisba. Namun hal tersebut bukan menjadi hambatan pada keenam alumni Psikologi Unisba yang lulus dengan predikat cum laude. Hambatan tersebut mereka jadikan tantangan yang menjadikan mereka mampu berhasil dan menyenangi perannya sebagai mahasiswa. Mereka mampu terlibat secara total dalam menjalankan tugasnya sebagai indikasi mengalami pengalaman flow. Csikszentmihalyi (1975) mendefinisikan flow sebagai sensasi holistik yang terwujud ketika kita melakukan tindakan dengan keterlibatan penuh. Keenam alumni tersebut kini mengahadapi tuntutan baru. Dalam melakukan tugasnya, sebagian dari mereka mampu menjalankan pekerjaannya dengan baik, memfokuskan diri, menyenangi pekerjaan dan merasa tuntutan pekerjaan yang mereka hadapi sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.  Tujuan penelitan ini untuk mendeskripsikan profil pengalaman flow pada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi sebanyak 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan alat ukur flow yang diadaptasi berdasarkan teori Csikzentmihalyi (1990) sebanyak 63 item yang telah diuji validitas dan reliabilitas, dengan reliabilitas sebesar 0,719. Dengan metode statistik menunjukan seluruhnya memiliki pengalaman flow yang tinggi. Aspek yang dimiliki keenam subjek adalah clear proximal goals, a sense that one can control one’s actions, dan experience of activity as intrinsical rewarding. Hasil menunjukan bahwa secara keseluruhan keenam alumni yang berhasil lulus cum laude berhasil flow pada kegiatannya saat ini dengan intens pengalaman yang berbeda yang dipengaruhi oleh minat seseorang.

Keywords


Alumni, Cum laude, Flow, Pekerjaan

References


Agustin, ririn Dwi - Purwarianti, Ayu – Surendro, Kridanto – Suwardi, Iping S.(2014). Kajian Teori Flow sebagai Sumber Motivasi Belajar di Serious Game. Konferensi Nasional Sistem Informasi 2014, STMIK Dipanegara Makassar.

Carr, A (2004). Positive Psychology : The Science of Happiness and Human Strength. New York : Brunner Routledge.

Campton, W. (2005). An Introduction To Positive Psychology. USA: Thomson Wordworth.

Csikszenthmihalyi, M. (1990). Flow: The Psychology of Optimal Experience. USA: Harper Collins Publishers.

Ikramina Husna, Saraya. (2013). Studi Kasus mengenai Pengalaman Flow Pada Musisi Jazz. Tugas Akhir. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Irianto, Chairunisa. (2012). Studi Deskriptif Pengalaman Flow pada Olahraga Slalom Inline Skate. Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung.

Noor, Hasanuddin. (2009). Psikometri: Aplikasi dalam penyusunan instrumen pengukuran perilaku. Bandung: Fakultas Psikologi Unisba.

Solikha, Nur Rohma (2014). Psikologi keterikatan. (http://nur-rohma-s-fpsi11.web.unair.ac.id/artikel_detail-103251-kognitif-psikologi%20keterikatan.html) . diunduh pada tanggal 26 Mei 2015.

Sri Rahayu, Makmuroh. (2008). Diktat kuliah metedologi penelitian. Bandung: Fakultas Psikologi Unisba.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian: Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1193

Flag Counter