Studi Deskriptif Mengenai Coping Strategy pada Mahasisswa Fakultas Psikologi Angkatan 2017 Universitas Islam Bandung
Abstract
Keywords: Demands, stress, coping strategy
Â
Abstrak. Menjadi mahasiswa Psikologi Unisba akan dihadapkan pada tuntutan-tuntutan yang harus dipenuhi. Banyaknya tuntutan yang harus dipenuhi dapat mengakibatkan mahasiswa menjadi stress. Untuk terhindar dari kondisi stress, maka mahasiswa harus melakukan usaha-usaha untuk mengelola kondisi tersebut atau disebut coping strategy. Coping strategi dirumuskan sebagai perubahan kognitif dan perilaku yang terus-menerus sebagai usaha untuk mengatasi tuntutan eksternal dan internal yang dinilai sebagai beban atau melampaui sumber dayanya (Lazarus, 1984). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran coping strategi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung angkatan 2017. Agar tujuan penelitian tersebut dapat tercapai penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode studi deskriptif. Penelitian dilakukan terhadap 204 mahasiswa yang akan diukur coping strategy. Pengukuran dilakukan dengan melihat bentuk coping strategy yang dominan digunakan oleh subjek. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah The Ways of Coping dari Lazarus & Folkman (1988). Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa sebanyak 175 mahasiswa Psikologi angkatan 2017 lebih dominan menggunakan coping yang berpusat pada emosi (emotion focused coping).
Kata Kunci: Tuntutan, Stress, Coping Strategy
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baker, R., & Siryk, B. (1984). Measuring Adjustment to College. Journal of Counseling Psychology, Vol. 31 (2).
Baker, R., & Siryk, B. (1989a). Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Los Angeles: Western Psychological Services.
Carver, C. S., Scheier, M. F., & Weintraub, J. K., (1989). Assessing coping strategies: A theoretically based approach. Journal of Personality and Social Psychology, 56 (2): 267-283
Felton, B., Revenson, T., & Henrichsen, G., (1984). Stress and coping in the explanation of psychological adjustment among chronically ill adults. Social Science and Medicine, 18, 889-898.
Gass, K., and Chang, A., (1989). Appraisals of bereavement, coping, resources, and psychosocial health dysfunction in widows and widowers. Nurs Res, 38:31-36, 1989
Indriana.R, dkk (2014). Sumber Stres Akademik dan Pengaruhya Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan DKI Jakarta, Vol. 2 No. 3 November 2014, hlm 72-84.
Kate, R. (2013). How problem focused and emotion focused coping affects college students’ perceived stress and life satisfaction. Department of Psychology. DBS School of Arts
Lazarus, Richard S. & Folkman, Susan. 1984. Stress, Appraisal & Coping. New York; Springer Publishing Company , Inc
Lazarus, Richard S. & Folkman, Susan. (1988). Ways of Coping Questionnaire. USA; Consulting Psychologists Press
Lazarus, Richard S., (1976). Patterns Of Adjustment : International student edition 3rd Edition, A Divition of the Mc. Graw – Hill companies
Mirsa, R & Castillo, L,G. (2004). Academic Stress Among College Students: Comparison of American and International Students, Vol. 11, No. 2, 132–148.
Pierceall, E., & Keim, M. (2007). Stress and Coping Strategies Among Community Collage Student. Community College Journal of Research and Practice, 31:9, 703-712.
Rammohan, A., Rao, K., & Subbakrishna, D.K. (2002). Religoius coping and psychological well-being in carers of relatives with schizophrenia. Acta Psychiatrica Scandinavica,105(5), 356–362.
Shankland, R., Genolini, C., Franc, L. R., Guelfi, J. D., & Ionescu, S. (2009). Student adjustment to higher educational pathways in coping with the demands of student life. Hight Educ, 59, 353-366.
Sumber Internet:
https://www.unisba.ac.id/index.php/en/logo/item/376-peminat-unisba-meningkat-5-kali-lipat
https://www.unisba.ac.id/index.php/id/fakultas/fakultas-psikologi/psikologi
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11689
  Â