Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi UNISBA

Lulu Cyintiami Putri, Temi Damayanti

Abstract


Absract.  Final-year students based on their development are in the exploration stage, this stage includes the individual's efforts to obtain more complete and accurate information about the job, choose a career alternative, decide and start working. But there are still students of the Faculty of Psychology who are less seeking information, confused in choosing and deciding career options. Students who are confused in choosing and deciding on their career options are unsure whether they will be able to or not in doing the job later, feeling they have only the ability of the standards only, and the student is not sure if he has potential in the field. The purpose of this research is to see the closeness of the correlation between self-efficacy with career maturity in the final year students of Faculty of Psychology UNSIBA. The sample of research used in this study were 52 final year students of Faculty of Psychology UNSIBA using random sampling technique. The research method used in this research is correlational with quantitative approach. The measuring tool used in this study was constructed by researchers based on the concept of self-efficacy theory proposed by Bandura and the career maturity of Super. Using correlation spearman test technique obtained correlation coefficient r = 0,621 indicating at high category and p = 0,00 (p <0,01 = significant). That is, the higher the self-efficacy, the higher the maturity of career at the final-year students of Faculty of Psychology UNSIBA.

Keywords: Self Efficacy, Career Maturity, Psychology Students


Abstrak. Mahasiswa tingkat akhir berdasarkan perkembangan karir berada di tahap eksplorasi, dimana tahapan ini meliputi usaha individu untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap dan akurat tentang pekerjaan, memilih alternatif karir, memutuskan dan mulai bekerja. Akan tetapi masih terdapat mahasiswa Fakultas Psikologi yang kurang berusaha mencari informasi, bingung dalam memilih dan memutuskan pilihan karirnya. Mahasiswa yang bingung dalam memilih dan memutuskan pilihan karirnya merasa tidak yakin apakah mereka akan mampu atau tidak mengerjakan pekerjaannya nanti, merasa dirinya hanya memiliki kemampuan yang standar-standar saja, dan mahasiswa tidak yakin apakah dirinya memiliki potensi dibidang tersebut. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat keeratan hubungan antara self-efficacy dengan kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikolgoi UNSIBA. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 52 orang mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UNSIBA dengan menggunakan teknik random sampling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Alat ukur yang digunakan  dalam penelitian ini dikonstuksi oleh peneliti berdasarkan pada konsep teori self-efficacy yang dikemukakan oleh Bandura dan kematangan karir dari Super. Menggunakan teknik analisis uji korelasi rank spearman diperoleh koefisien korelasi r=0,621 yang menunjukkan pada kategori tinggi dan p=0,00 (p<0,01=signifikan). Artinya, semakin tinggi self-efficacy maka semakin tinggi kematangan karir pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikolgoi UNSIBA.

Kata kunci: Self-efficacy , Kematangan Karir, Mahasiswa Psikologi

 


Keywords


Self-efficacy , Kematangan Karir, Mahasiswa Psikologi

Full Text:

PDF

References


Bandura, Albert. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control. New York : W.H. Freeman and Company

Pinasti,Woro.(2011). Pengaruh Self-Efficacy, Locus Of Control dan Faktor Demografis Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta [Skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Pravitasari, Amy. (2014). Hubungan Antara Self Esteem Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Santrock, John W. (2012). Life Span Development Edisi Ketigabelas Jilid II. Jakarta : Penerbit Erlangga

Sharf, R.S. (2006). Applying Career Development Theory To Counseling (fifth edition). Pacific Grove: Brooks/Cole

Widyatama, Taraselta. (2015). Study Deskriptif Mengenai Kematangan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Unisba [Skripsi]. Bandung: Universitas Islam Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11600

Flag Counter    Â