Hubungan Antara Student Autonomy dengan Student Engagement Kelas XI SMK “X†Bandung
Abstract
Â
Abstrak. Menurut Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan (2003) tujuan khusus SMK adalah menyiapkan siswa untuk mandiri dalam dunia pekerjaan setelah lulus nanti. Kenyataan yang terjadi di siswa SMK “X†Bandung dalam memilih dan menentukan jurusan dan sekolah ditentukan oleh orang tua. Oleh karena itu, siswa tidak bebas memilih dan menentukan jurusan dan sekolah yang diminati olehnya dan tidak memiliki kebiasaan belajar yang rutin di rumah dan sekolah. Siswa tersebut menunjukan perilaku di dalam kelas yang negative seperti mengobrol merasa bosan di dalam kelas. Perilaku tersebut berkaitan dengan student autonomy dan student engagement. Teori yang digunakan yaitu Student Autonomy dari Macaskill dan Taylor (2010) di dalamnya terdapat dua aspek yaitu, independence of learning dan study habits. Teori student engagement dari Fredrick (2004) di dalamnya terdapat tiga aspek yaitu, behavior, emotional, dan cognitive engagement. Pada penelitian ini subjek berjumlah 49 orang yang ditentukan menggunakan studi populasi. Pengukuran variabel student autonomy dan student engagement berdasarkan teori Fredrick (2004) dan Macaskill dan Taylor (2010). Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa adanya hubungan positif yang cukup erat student autonomy dengan student engagement kelas XI SMK “X†Bandung, artinya ketika siswa tidak memiliki kebiasan belajar sehingga siswa menunjukkan perilaku tidak terlibat di dalam kelas.
Kata kunci: Siswa SMK, Student Autonomy, Student Engagement
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, Dinda. 2016. Hubungan Kemandirian dengan Strategi Coping pada Siswa SMK 05 Samarinda. Ejournal Psikologi Unmul. Psikoborneo, 2016, 4 (4) : 665-672.
Deszuhan’Nisa D.S. 2018. Skripsi. Hubungan Antara Persepsi Penerimaan Kelompok Teman Sebaya Yyang Bermasalah dengan School Engagement Pada Siswa Kelas XII IPS SMAN 18 Bandung. Universitas Islam Bandung.
Ferdian Doko, Arno. 2012. Skripsi. Hubungan Student Autonomy dengan Student Engagement pada Mahasiswa. Universitas Indonesia.
Fredrick, J. A., Bumenfeld, P. C., & Paris, A.H. 2004. School Engagement : Potensial of the Concept, State of the Evidence. Review of Educational Reasearch. Spring 2004. Vol. 74, No.1, pp. 59-109.
Macaskill, A. & Taylor, E. 2010. The Development of a Brief Measure of Learner Autonomy in University Student. Studies in Higher Education, 35 (3), 351-359.
Maharani, Intan. 2017. Skripsi. Pengaruh Learner Autonomy terhadap Student Engagement SMAN 11 Kota Padang.
Purawinata, Sheeva. 2018. Skripsi. Hubungan Student Autonomy Dengan Student Engagement Pada Mahasiswa Di Jurusan “X†Unisba.
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.
.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11525
  Â