Hubungan antara Locus Of Control dengan Kematangan Karir Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung

Dini Destiani, Yuli Aslamawati

Abstract


Abstract. Education has an important role in the survival of a nation because education is a means to create quality resources. Adolescence is a period that is closely related to the determination of the next life, because the behavior and activities of adolescents is the beginning to carve out a better life in the future. In carving out his life in the future, it takes the direction of students to choose a field of study that they will do in the future that is in accordance with their interests and potential. Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung has advantages in its skills program, namely computer assembly, fashion, and gas welding. Every effort has been made to achieve the target of the skills program graduates, but many students still do not know what fields to take after graduating from school and there are even many students who do not know what to do after graduating from school. This is related to the self-control that is owned by each student which shows the difference in the dominance of locus of control. The purpose of this study was to obtain empirical data regarding the relationship between locus of control and career maturity of class XI students of Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung. The method used is a correlational method. This research is a population research. Subjects in this study were all XI classstudents of the Bandung State 1 Madrasah Aliyah skills program as many as 114 people. The measuring instrument used to measure Locus of Control is the Rotter I-E Scale while to measure Career Maturity uses a measuring instrument derived from Super concepts and theories. Based on the results of data processing, obtained p-value (Sig) of 0.511 with α = 0.000, so it can be concluded that there is a strong relationship between the Locus of Control with Career Maturity in XI class students of skills at Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung.

Keyword: Locus of Control, Career Maturity, Adolescense, Educational Psychology


Abstrak. Pendidikan mempunyai peranan penting dalam kelangsungan hidup suatu bangsa karena pendidikan merupakan sarana untuk menciptakan sumber daya yang berkualitas. Masa remaja merupakan masa yang sangat berhubungan dengan penentuan kehidupan selanjutnya, karena pada perilaku dan aktivitas remaja merupakan masa awal untuk mengukir kehidupan yang lebih baik di masa depan. Dalam  mengukir kehidupannya di masa depan, diperlukan keterarahan siswa untuk memilih bidang kajian yang akan digelutinya di masa depan yang sesuai dengan minat dan potensi yang dimilikinya. Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung memiliki keunggulan dalam program keterampilannya yaitu perakitan komputer, tata busana, dan las gas. Segala upaya telah dilakukan agar tercapainya target lulusan program keterampilan, namun banyak siswa yang masih belum mengetahui bidang apa yang akan diambil setelah lulus sekolah bahkan terdapat banyak siswa yang tidak mengetahui apa yang akan dilakukan setelah lulus sekolah. Hal ini berkaitan dengan kendali diri yang dimiliki oleh setiap siswa yang menunjukkan adanya perbedaan dominasi locus of control. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai hubungan antara locus of control dengan kematangan karir siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI program keterampilan Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung sebanyak 114 orang. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur Locus of Control adalah Rotter I-E Scale sedangkan untuk mengukur Kematangan Karir menggunakan alat ukur yang diturunkan dari konsep dan teori Super. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh p-value (Sig) sebesar 0,511 dengan α=0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang kuat antara Locus of Control dengan Kematangan Karir pada siswa kelas XI program keterampilan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung.

Kata Kunci: Locus of Control, Kematangan Karir, Remaja, Psikologi Pendidikan

Keywords


Locus of Control, Kematangan Karir, Remaja, Psikologi Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Aji, Rahmanto (2010). Hubungan Antara Locus Of Control Internal dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XII SMKN 4 Purworejo. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro

Alwisol (2009). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press.

Ayuni, Arifa Nisrina.(2015). Kematangan Karir Siswa Kelas XI Ditinjau dari Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Keadaan Ekonomi Keluarga Di SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2014/2015.Yogyakarta : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Azwar, Saifuddin. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Hardianti, Hardianti.(2014). Skripsi Profil Efikasi Diri Mahasiswa Semester IV Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Other thesis, Universitas Negeri Gorontalo.

Hartono.(2016). Bimbingan Karir.Jakarta : Kencana.

Hurlock, Elizabeth B. (2004). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama

Irsyadi, Ahmad Yusron. (2012). Pengaruh Bimbingan Karir Dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Siswa dalam Memilih Karir Pada Kelas XI Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Sedayu, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Mubiana, Precious Bupe (2010). Career Maturity, Career Knowledge, and Self Knowledge Among Psychology Honours Students: An Exploratory Study. Magister Artium In Research Psychology In The Department Of Psychology At The University Of Pretoria Faculty Of Humanities

Partino H.R.(2006). Kematangan Karir Siswa SMA. Psikologika nomor 21.

Rishadi, Fauzan.(2016).Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 5 Pangkalpinang Tahun Ajaran 2015/2016, E-Jurnal Bimbingan dan Konseling Edisi 3 Tahun ke 5 2016.

Santosa, Pperdana Wahyu dan Ayat Hidayat. (2014). Riset Terapan Teori Aplikasi Mahir Menggunakan Metode Statistika untuk Penelitian Ilmiah. Jakarta : PT Globalstat Solusi Utama

Sersiana, Luluk, Retno Lukitaningsih, Tansil Muis & Budi Purwoko.(2013). Hubungan Antara Self-Efficacy Karir dan Persepsi Terhadap Masa Depan Karir dengan Kematangan Karir Siswa SMK PGRI Wonoasri Tahun Ajaran 2012/2013, Jurnal BK Unesa. Vol 03 No 01. Pp 172-180.

Sharf, Richard S. (2010). Applying Career Development Theory to Counseling. USA : Brooks/Cole Cengage Learning

Silalahi, Ulber. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung : PT Refika Aditama

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Administrasi : Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung : Alfabeta

Suryanti, Risa. (2011).Hubungan antara Locus of Control Internal dan Konsep Diri dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Surakarta. Universitas Sebelas Maret, Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran.

Zainuddin, M. & Masyhuri.(2011). Metodologi Penelitian. Malang : Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11473

Flag Counter    Â