HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI DUKUNGAN WALI KELAS DENGAN SELF EFFICACY SISWA DI SMK TI-GARUDA NUSANTARA

ALTI SELLA PRATIWI, ENDANG SUPRAPTININGSIH

Abstract


SMK TI-Garuda Nusantara Kota Cimahi adalah sekolah yang memiliki tujuan menghasilkan siswa-siswa yang bermutu dan berwawasan internasional sejalan dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam usaha mencapai tujuan tersebut sekolah menerapkan metode presentasi khususnya pada mata pelajaran matematika. Dalam pelajaran matematika, siswa dituntut untuk aktif dalam pembelajaran. Disamping hal tersebut siswa juga merasa cemas ketika mengikuti pembelajaran matematika di kelas. Oleh sebab itu, siswa tidak dapat menjalankannya sendiri, siswa tersebut membutuhkan dorongan, perhatian, penghargaan dan pemberian nasehat serta saran dari Significant Others. Dalam menghadapi permasalahannya tersebut, siswa sebenarnya sudah mendapatkan dukungan dari wali kelas sebagai significant other yang ada di sekolah yang dapat berupa perhatian, penghargaan, pemberian saran nasehat, namun masih terdapat siswa yang merasa ragu akan kemampuannya, merasa takut salah akan tugas yang dikerjakannya, siswa juga cepat puas atas nilai yang diraihnya padahal nilai tersebut masih dibawah KKM dan siswa merasa tidak mampu akan pelajaran matematika.Sementara siswa lain memaknakan bahwa dukungan yang diberikan wali kelas sangat membantu siswa dalam menghadapi tuntutan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik seberapa erat hubungan antara dukungan wali kelas dengan self efficacy siswa pada mata pelajaran matematika di kelas XI Multimedia SMK TI Garuda Nusantara kota Cimahi. Metode penelitain yang digunakan yaitu metode korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik studi populasi dimana subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Multimedia I SMK TI-Garuda Nusantara Kota Cimahi yang berjumlah 40 orang. Data mengenai dukungan wali kelas dan self efficacy dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disusun berdasarkan teori dukungan sosial dari Sarafino dan Self Efficacy dari Bandura. Data yang diperoleh berupa data ordinal sehingga pengolahan data menggunakan uji korelasi Rank Spearman. Hasil diperoleh koefisien korelasi sebesar rs = 0,860, dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara dukungan wali kelas dengan self efficacy pada mata pelajaran matematika di kelas XI Multimedia I SMK TI-Garuda Nusantara Kota Cimahi. Artinya semakin negatif pemaknaan siswa akan dukungan wali kelas maka semakin rendah self efficacy siswa pada mata pelajaran matematika ataupun sebaliknya.


Keywords


Dukungan Sosial, Persepsi, Self Efficacy

References


Buku

Albrecht, T dan Adelman, M. 1987. Communicating Social Support. Newbury Park:Sage.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

_______. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta : PT. Asdi Mahasatya.

Atkinson, Richard, C. 2010. Pengantar Psikologi, Jilid Satu. Tangerang: Interaksara (Karisma Publishing Group).

Azwar, Saifuddin (2013). Penyusunan Skala Psikologi: Edisi dua.Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Bandura, Albert. 1997. Social Learning Theory. New Jersey : Prentice-Hall, Inc.

_______ . 1997. Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company.

_______ .1997. Self Efficacy In Canging Societes. USA : Cambridge University Press.

Noor, Hasanuddin. 2009. Psikometri Aplikasi dalam Penyusunan Instrumen Pengukuran Perilaku. Bandung: Penerbit Fakultas Psikologi UNISBA.

Ormrod, Jeanne. 2000. Educational Psychology Developing Learners 3rd Edition.New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Pareek, Udai. 1996. Perilaku Organisasi : Pedoman Ke Arah Pemahaman. Jakarta: Pustaka Binaman.

Sarafino, E. P., Timothy W. Smith. 2011. Health Psychology: Biopsychosocial Interactions, 7th edition. Amerika Serikat: John Wiley & Sons, Inc.

_______ . 1990. Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. New York : John Wiley & Sons, Inc.

Siegel. Sidney. 1997. Statistik Nonparametrik untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama.

Jurnal Psikologi

Widanarti, Niken., Indati, Aisah. (2002). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan self efficacy pada remaja di SMU Negeri 9 Yogyakarta. No.2, pp 112- 123.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1144

Flag Counter