Analisis Sensitivitas Nilai NPV Terhadap Parameter Ekonomi Harga Jual dan Ongkos Penambangan Batuan Diorit, di PT Total Optima Prakarsa, Kecamatan Sui Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat

Muhammad Faizal Ghalib, Sri Widayati, Zaenal Zaenal

Abstract


Dengan melihat prospek pada industri bahan galian diorit yang dimana menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan bagi perusahaan, sehingga agar dapat menunjang kebutuhan produksi dari perusahaan maka diperlukan kajian terhadap bisnis yang dilaksanakan salah satunya dengan melakukan analisis sensitifitas agar dapat memberikan dampak positif bagi perusahaan sebagai tindakan antisipasi perusahaan untuk dapat mengetahui akibat yang terjadi apabila terjadi perubahan parameter ekonomi.

Dengan mengidentifikasi masalah yang terjadi seperti bahan galian yang tidak stabil, ketersediaan akan bahan galian untuk kebutuhan kontruksi dan perubahan parameter ekonomi yang terjadi selama penambangan berjalan, hal ini guna untuk mengatasi masalah yang ada seperti bagaimana penentuan dalam mengantisipasi perubahan parameter tersebut, bagaimana mengetahui tingkat sensitifitas dari parameter parameter tersebut.sehingga tercapailah tujuan untuk mengetahui nilai net present value, mengetahui parameter yang paling berpengaruh serta mengetahui tingkat kesensitifitasan dari ilia NPV tersebut. Dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui wawancara untuk mendapatkan data primer dan sekunder yang berhubungan dengan kajian penelitian.

PT Total Optima Prakarsa sendiri mempunyai nilai sekarang atau net present value sebesar Rp 266.915.107.698 dengan parameter yang paling berpengaruh yaitu harga jual dan biaya penambangan dan nilai kesensitivitasan pada harga jual berubah ongkos penambangan tetap di persentase -68%, harga jual tetap biaya penambangan berubah di persentase 544% dan harga turun serta biaya penambangan turun di – 78%, dan harga jual turun serta ongkos penambangan naik di 61% dan - 61%.


Keywords


Analisis Sensitivas; Net Present Value; Internal Rate Of Return; Payback Period

References


Anonim. (2012). “ Catterpillar Performance Handbookâ€. CAT Publication. Illinois. USA

Anonim, (2007), “Specification & Application Hand Bookâ€, Junjin, Korea.

Damodaran A (2002). Investment Valuation: Tools and Techniques Determining the Value of Any Asset 2nd edition, New York : John Wile Sons, Inc.

Franklin J, Stermole, (2000). “Economic Evaluation and Investment Decision Methods†Colorado.

Runge, Ian C, (1998). “Minings Economics and Strategy†USA: Society For Mining, Mettalurgy, and Exploration, Inc

Irwandi, Arif. (2005). “Analisis Investasi Tambang†Institut Teknologi Bandung.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral http://www.esdm.go.id

Melati, Ade Irma (2016), “Analisis Sensitivitas Nilai NPV Terhadap Parameter Ekonomi Harga Bijih dan Ongkos Penambangan di PT Antam (Persero) Tbk. UBPN, Pomala Utara Provinsi Sulawesi Utara†Universitas Islam Bandung.

Perda Bupati Mempawah Provinsi Kalimantan Barat “Perda No 10 Tahun 2015 Tentang Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan†Mempawah, Kalimantan Barat

Perda Bupati Mempawah Provinsi Kalimantan Barat “Perda No 40 Tahun 2014 Tentang Klasifikasi Penetapan Nilai Jual Objek Pajak Sebagai Dasar Penetapan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan†Mempawah, Kalimantan Barat

Pinem, Arihta karolina (2010), “Valuasi Proyek Migas Menggunakan Metode Dynamic Discounted Cash Flow dan Real Option Terhadap Volatilitas Harga Minyak†Universitas Indonesia.

Pamungkas, Norman Adi (2017), “Kajian Perencanaan Ekonomi Untuk Penambangan Sirtu di Cilopang PT Banyu Alam Artha, Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat†Universitas Islam Bandung.

Saltelli, A. (2008). Global Sensitivity Analysis, Italy : Joint Research Centre Of The European Commision, Ispra

Tuller, L.W. (1994). High-Risk, High-Return Investing, England : John Wiley & Sons, Ltd.

Undang Undang Republik Indonesia “UU No 28 Tahun 2009 Pajak Daerah dan Retribusi Daerah†Mempawah, Kalimantan Barat




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v0i0.7463

Flag Counter    Â