Kajian Korosi Struktur Conveyor D pada Tambang Batubara PT XYZ di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi

Andika Malik Praja, Elfida Moralista, Iswandaru Iswandaru

Abstract


Abstract. Carbon steel is the widely used steel as a material for conveyor structures. Conveyor structures are used in the production process to transport excavated materials such as coal. Conveyor structures made of steel are prone to corrosion and the cause is because in the mining environment both the material and the external environment are corrosive so that the conveyor structure interacts with the environment can cause corrosion. Losses caused by corrosion result in a reduction in the thickness of the conveyor structure so that the remaining service life is low and the corrosion rate can be increased. Therefore, monitoring is needed, one of which is by conducting a study on corrosion on the conveyor structure so that the remaining service life of the structure can reach its design life. This study aims to determine the type of corrosion, the applied corrosion control method. The methodology in this research is the method of measuring the thickness reduction of the conveyor structure by using the Smart Sensor Ultrasonic Thickness Gauge TT 130 at 16 test points along 70 meters above the ground. Observations of environmental conditions included air temperatures ranging from 26.9oC-29oC with an average humidity of 87.3% and rainfall ranging from 78-437 mm. The type of corrosion that occurs in the conveyor structure is uniform corrosion. The corrosion control method applied is the three layers coating method with using Seaguard 5000 for primary coating, Sherglass FF for intermediate coating, Aliphatic acrylic modified polyurethane for top coating.

Keywords: Structure Conveyor, Type of Corrosion, Coating.

Abstrak. Baja karbon merupakan baja yang banyak digunakan sebagai bahan pembuatan struktur conveyor. Struktur conveyor digunakan dalam proses produksi untuk mengangkut material bahan galian contohnya batubara. Struktur conveyor yang berbahan baja rawan mengalami korosi dan penyebabnya karena di lingkungan tambang baik material dan lingkungan eksternal bersifat korosif sehingga struktur conveyor yang berinteraksi dengan lingkungan dapat mengakibatkan terjadinya korosi. Kerugian yang ditimbulkan oleh korosi mengakibatkan terjadinya pengurangan ketebalan struktur conveyor sehingga sisa umur pakai menjadi rendah dan laju korosi yang dapat meningat. Oleh karenanya, diperlukan monitoring salah satunya dengan melakukan kajian mengenai korosi pada stuktur conveyor agar sisa umur pakai struktur dapat mencapai umur desainnya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis korosi, metode pengendalian korosi yang diaplikasikan. Metodologi dalam penelitian ini yaitu metode pengukuran pengurangan ketebalan struktur conveyor dengan menggunakan alat Smart Sensor Ultrasonic Thickness Gauge TT 130 pada 16 titik pengamatan sepanjang 70 meter yang berada di atas permukaan tanah. Pengamatan kondisi lingkungan meliputi temperatur udara berkisar 26,9oC- 29oC dengan kelembaban rata-rata 87,3% dan curah hujan berkisar 78 - 437 mm. Jenis korosi yang terjadi pada struktur conveyor adalah korosi merata. Metode pengendalian korosi yang diaplikasikan adalah metode coating dengan metode tiga lapis coating dengan menggunakan Seaguard 5000 untuk primer coating, Sherglass FF untuk intermediate coating, Aliphatic acrylic modified polyurethane untuk top coating.

Kata Kunci: Struktur Conveyor, Jenis Korosi, Coating.


Keywords


Struktur Conveyor, Jenis Korosi, Coating.

Full Text:

PDF

References


Amanto, Hari, dan Daryanto, 1999, “Ilmu Bahan Cetakan Keduaâ€, PT. Bumi Aksara,

Jakarta.

Anonim, 2011,“Conveyor and Elevator Belt Handbookâ€, Indianapolis : Association for

Rubber Products Manufacturers,Inc.

Anonim, 1993, “Properties and Selection : Irons, Steels, and High Performance

Alloysâ€, ASM Handbook Committee, United States.

Anonim, 2004, “Standard – Standard Spesification For Carbon Structural Steel (ASTM

A36)â€, American Society for Testing and Material, United States.

CEMA, 2007, â€Belt Conveyor for Bulk Materials Six Edition 2nd Printingâ€. USA:

Conveyor Equipment Manufacturers Association.

Hartman, H.L., 1992, “SME Mining Engineering Handbookâ€, Colorado: Society for

Mining Metallurgy and Exploration, Inc.

Hunafa S D, Irfan., Moralista, Elfida., Pramusanto.,2018, “Penentuan Laju Korosi dan

Sisa Umur Pakai (Remaining Service Life/Rsl) Discharge Conveyor Di PT Ganesa

Korosi Indonesia Pada Site PT Amman Mineral Nusa Tenggara, Kabupaten

Sumbawa Barat Provinsi Nusa Tenggara Baratâ€, Prosiding Teknik Pertambangan

(Februari,2018), ISSN 2460:6499, P 223-242, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Jaenal Arifin, Helmy Purwanto, Imam Syafa’at, 2017, “Pengaruh Jenis Elektroda

Terhadap Sifat Mekanik Hasil Pengelasan SMAW Baja ASTM A36â€, Vol. 13, No 1:

Hal. 27-31, ISSN 0216-7395, Fakultas Teknik Mesin, Universitas Wahid Hasyim,

Semarang.

Jones, Denny A., 1996, “Principal and Prevention of Corrosionâ€, Prentice Hall, New

Jersey.

Mahreni and Puspitasari, Mitha, 2019, “Pencucian Batubaraâ€, LPPM UPN Veteran

Yogyakarta, Yogyakarta. ISBN 9786025534485.

Moralista, Elfida, Zaenal dan Chamid, Chusharini, 2005, “Studi Upaya Peningkatan

Umur Pakai Konstruksi Bangunan melalui Penghambatan Korosi Baja

Tulangan Beton dengan menggunakan Inhibitor Korosiâ€, Jurnal penelitian dan

pengabdian (2 Juli – Desember 2005), ISSN : 1693-699X P 104-112, Universitas Islam

Bandung, Bandung.

P Hari, Bambang, dan Hendriyana, 2014, “Pengaruh Partikel Zeolit terhadap Laju

Korosi pada Baja Karbon dalam Lingkungan Asamâ€, Teknik kimia (November 2014),

J. Sains Dasar 2014 3 (2) 124 - 131, Universitas Jenderal Achmad Yani, Bandung.

Prodjosumarto Partanto, Prof, Ir., 1993, “Pemindahan Tanah Mekanisâ€, Jurusan Teknik

Pertambangan Institut Teknologi Bandung : Bandung.

Revie, R. Winston., Uhlig, Herber H., 2008, “Corrosion and Corrosion Control: An

Introduction to Corrosion Science and Engineering, Fourth Editionâ€, John Wiley &

Sons, Hoboken, NJ (2008), 490 pp.(2008): 463.

Sidiq, M. Fajar, 2013, “Analisis Korosi dan Pengendaliannyaâ€, ISSN : 2087-2259,

Akademi Perikanan Baruna Slawi, Tegal.

Sukandarrumidi, 1995, “Batubara dan Pemanfaatanâ€, Pengantar Teknologi Batubara

Menuju Lingkungan Bersih, Univeristas Gajah Mada : Yogyakarta.

Sulistiawati, 1992, “Proses Pembentukan Batubara, Analisis Penelitian dan

Pengembangan Geologiâ€. Institut Teknologi Bandung : Bandung.

Kenneth, R. Trethewey, 1991, “Korosi untuk Mahasiswa Sains dan Rekayasaâ€,

PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Utomo, Budi, 2009, “Jenis Korosi dan Penanggulangannyaâ€, Universitas Diponegoro,

Semarang.

William S. Tait, 2018, “Handbook of Environmental Degradation of Materials Third

Editionâ€, Applied Science publisher : United.States.

Fauzi Hafizh Nurul, Zaenal, Sriyanti. (2021). Optimalisasi Spasi Ripping Bulldozer terhadap Fragmentasi Batubara Seam B2 di Tambang Banko Barat PT X Desa Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 1(1), 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v0i0.30838

Flag Counter