Kajian Korosi Struktur Conveyor A pada Tambang Batubara PT XYZ di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi

Isnafajar Taufik, Elfida Moralista, Iswandaru Iswandaru

Abstract


Abstract. Transportation is used for coal material transportation activities using a metal-based conveyor structure. The metal used has good resistance to high temperatures and pressures, but the conveyor structure made from low carbon steel is prone to corrosion. The reduction in thickness is a decrease in quality from the impact of corrosion on the conveyor structure. Periodic monitoring and inspection are parameters as a study of corrosion on the conveyor structure. The purpose of this study was to determine the type of corrosion, and the method of controlling corrosion of the conveyor structure. The methodology used in this study is thickness measurement using the Ultrasonic Thickness Gauge TT 130 on a 80 m long conveyor structure with 16 test points above ground level. The environmental conditions in the research area are rainfall ranging from 56.5-277.19 mm, air temperature ranging from 27.36-28.84 C and relative humidity values ranging from 83.50-90.11%. The type of corrosion that occurs in the conveyor structure is uniform corrosion. Corrosion control is carried out using a 3 layer coating method with a Seaguard 5000 primer coating, Sherglass FF intermediate coating, and aliphatic acrylic modified polyurethane top coating.

Keywords: Structure Conveyor, Type of Corrosion, Coating.

Abstrak. Transportasi digunakan untuk kegiatan pengangkutan material batubara menggunakan  struktur conveyor berbahan dasar logam. Logam yang digunakan memiliki sifat ketahanan yang baik terhadap temperatur tinggi dan tekanan akan tetapi struktur conveyor yang berbahan dasar baja karbon rendah rawan akan korosi. Pengurangan ketebalan merupakan penurunan mutu  dari dampak terjadinya korosi pada struktur conveyor. Monitoring dan inspeksi secara berkala menjadi parameter sebagai kajian mengenai korosi pada struktur conveyor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis korosi, dan metode pengendalian korosi struktur conveyor. Metodologi yang digunakan pada penelitian  ini yaitu pengukuran ketebalan menggunakan alat Ultrasonic Thickness Gauge TT 130 pada struktur conveyor sepanjang 80 m dengan 16 test point yang berada diatas permukaan tanah. Kondisi lingkungan di daerah penelitian yaitu curah hujan berkisar 56,5-277,19 mm, Temperatur udara berkisar 27,36-28,84 C dan nilai kelembaban  relatif berkisar 83,50-90,11%.  Jenis korosi yang terjadi pada struktur conveyor adalah  korosi merata, Pengendalian korosi dilakukan dengan menggunakan metode 3 lapisan coating dengan primer coating Seaguard 5000, intermediate coating Sherglass FF, dan top coating aliphatic acrylic modified polyurethane. 

Kata Kunci: Struktur Conveyor, Jenis Korosi, Coating.



Keywords


Struktur Conveyor, Jenis Korosi, Coating.

Full Text:

PDF

References


Ananda, Dwi Cahyo, Moralista, Elfida, Yuliadi, 2019, “Penentuan Laju Korosi Dan Sisa Umur Pakai Pipa pada Jalur Pipa Produksi Naphtha Oil Dari Oxygen Stripper Receiver 31-V-101 Ke Oxygen Stripper Overhead Pump 31-P-102 A/B Di PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) VI Balongan Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Baratâ€, Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Februari 2020), ISSN : 2460-6499 ; P 133-140, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Anonim, 2016. “ Baja Karbon â€. Eprints.undip.ac.id.

Anonim. 2017. “Basis Hasil Analisis Batubaraâ€. psdg.bgl.esdm.go.id.

Anonim. 2004. “Standard Specification for Carbon Struktural Steelâ€. ASTM A 36A/A 36M-04. New York: American Society for Testing and Material.

Anonim. 2020.â€Geologi dan Air Tanahâ€. esdm.jambiprov.go.id

Farid, Faizar. 2011 “Adsorpsi Batubara Terhadap Ion Timbal (Coal Adsorptivity of Lead Ion)â€. Sainmatika : Jurnal Sains dan Matematika Universitas Jambi.

Fauzan, Muhammad Djamal, Moralista, Elfida, Noor, Fauzi, 2019, “Penentuan Laju Korosi dan Sisa Umur Pakai (Remaining Service Life / RSL) Pada Jalur Pipa Transportasi Gas SP Subang – SP Citarik Di PT Pertamina EP Asset 3 Subang Field, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang Provinsi Jawa Baratâ€, Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Agustus 2019), ISSN : 2460-6499 ; P 433-439, Universitas Islam Bandung, Bandung.

Jonnes, Danny A. 1991, “Principles and Prevention of Corrosionâ€, New York, Macmillan Publishing Company.

Hunafa, Irham., Moralista, Elfida., dan Pramusanto. 2018. “Penentuan Laju Korosi dan Sisa Umur Pakai (Remaining Service Life/IRSL) Discharge Conveyor di PT Ganesa Korosi Indonesia Pada Site PT Amman Mineral Nusa Tenggara, Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi Nusa Tenggara Baratâ€. Bandung. Prosiding Teknik Pertambangan. Universita Islam Bandung. ISSN: 2460-6499. Universitas Islam Bandung.

Pattireuuw, J Kevin. 2013 “Analisis laju korosi pada baja karbon dengan menggunaan air laut dan h2s “ ejournal.unsrat.ac.id. Vol 2 no 1.

Projosumarto, Partanto. 1993. Pemindahan Alat Mekanis. Bandung : Jurusan Teknik Pertambangan ITB

Surat edaran mentri pekerjaan umum dan perumahan rakyat Nomor 26/SE/M/2015 tanggal 23 April 2015 tentang pedoman perlindungan komponen baja jembatan dengan pengecetan.

Utomo, budi. 2009 “Jenis korosi dan penanggulangannya“. ejournal.undip.ac.id. Vol. 6, No.2.

Widharto,S. 2001, “Karat dan Pencegahannyaâ€, P.T. Pradnya Paramita, Jakarta.

Zaki, Ahmad, 2006, “Principles of Corrosion Engineering and Corrosion Controlâ€, Butterworth-Heinemann, Jordan Hill, UK.

Fauzi Hafizh Nurul, Zaenal, Sriyanti. (2021). Optimalisasi Spasi Ripping Bulldozer terhadap Fragmentasi Batubara Seam B2 di Tambang Banko Barat PT X Desa Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 1(1), 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v0i0.30835

Flag Counter    Â