Kajian Korosi Struktur Conveyor D pada Tambang Batubara PT XYZ di Kabupaten Merangin Provinsi Jambi

Febi Hermawan, Elfida Moralista, Noor Fauzi Isniarno

Abstract


Abstract. Mining production activities use a means of transportation, namely a conveyor where this conveyor has a metal-based conveyor structure (carbon steel). The metal used in the conveyor structure has good resistance properties, is tough and has properties that are easy to form. However, metal-based conveyor structures will experience corrosion due to interacting with the environment such as water, air, and temperature, resulting in a reduction in the thickness of the conveyor structure. This research was conducted in 2 segments with a total of 16 test points along 70 meters above ground level. The methodology in this research is measuring the thickness reduction of the conveyor structure using the Ultrasonic Thickness Gauge Panametrics TT 130 at 16 test points. The environmental conditions in this research area are humidity and average air temperature of 28oC. The type of corrosion that occurs in the conveyor structure is uniform corrosion. The corrosion control method uses the coating method with 3 layers of coating, namely primary coating using Seaguard 5000, Intermediate Coating using Sherglass FF, and Top coating using Aliphatic acrylic modified polyurethane.

Keywords: Structure Conveyor, Type of Corrosion, Coating.

Abstrak. Kegiatan produksi pertambangan menggunakan alat transportasi yaitu conveyor yang mana conveyor ini memiliki struktur conveyor yang berbahan dasar logam (baja karbon). Logam yang digunakan pada struktur conveyor memiliki sifat ketahanan yang baik, tangguh dan memiliki sifat yang mudah di bentuk. Akan tetapi, struktur conveyor yang berbahan dasar logam akan mengalami korosi akibat berinteraksi dengan lingkungan seperti air, udara, dan temperatur sehingga mengakibatkan pengurangan ketebalan struktur conveyor. Penelitian ini dilakukan pada 2 segmen dengan jumlah 16 test point sepanjang 70 meter yang berada di  atas permukaan tanah. Metodologi dalam penelitian ini yaitu pengukuran pengurangan ketebalan struktur conveyor dengan menggunakan alat Ultrasonic Thickness Gauge Panametrics TT 130 pada 16 test point. Kondisi lingkungan di daerah penelitian ini yaitu kelembapan dan temperatur udara rata-rata 28°C. Jenis korosi yang terjadi pada struktur conveyor yaitu korosi merata. Metode pengendalian korosi menggunakan metode coating dengan 3 pelapisan coating yaitu primer coating menggunakan Seaguard 5000, Intermediate Coating menggunakan Sherglass FF, dan Top coating menggunakan Aliphatic acrylic modified polyurethane.

Kata Kunci: Struktur Conveyor, Jenis Korosi, Coating.


Keywords


Struktur Conveyor, Jenis Korosi, Coating.

Full Text:

PDF

References


Ir. Partanto Projosumarto, 1993 “Pemindah Tanah Mekanis†Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung 1993. Diakses pada tanggal 8 Maret 2021.

DM Prabowo, 2018. â€Conveyor†Jurnal Skripsi Universitas Muhamadiyah Semarang. Diakses pada tanggal 1 Maret 2021.

Robege, Pierre, 2008, “ Corrosion Enginering: Principles and Practice†New york, Mc Grawhil.

Fauzan, Muhammad Djamal, Moralista, Elfida, Noor, Fauzi, 2019, ‘’Penentuan Laju Korosi dan Sisa Umur Pakai (Remaining Service Life/RSL) Pada Jalur Pipa Transportasi Gas SP Subang -SP Citarik Di PT Pertamina EP Asset 3Subang Field, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat’’, Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Agustus 2019), ISSN : 2460-6499 ; P 433-439, Universitas Islam Bandung

Zaki, Ahmad, 2006, ‘’Principles of Corrosion Engineering and Corrosion Control’’,Butterworth-Heinemann, Jordan Hill, UK

Andika, R., et.al., 2018 ‘’Penentuan Laju Korosi dan Sisa Umur Pakai (Remaining Service Life/RSL) pada Pipa Minyak Jalur Trunkline SPU kas – Tank Farm Tempino di PT Pertamina EP Asset 1 Field Jambi Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi Provinsi Jambi’’. Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Agustus 2018), ISSN : 2460-6499 Vol.4 391-752 Universitas Islam Bandung.

Enggar, M. H., et.al., 2018, ‘’Penentuan Laju Korosi dan Sisa Umur Pakai (Remaining Service Life/RSL) pada Jalur Transportasi Crude Oil Bs Cemara- Mgs Terminal Balongan di PT Pertamina Ep Asset dan Gas Transportasi Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat’’. Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Agustus 2018), ISSN : 2460-6499 Vol. 4, No 2, Universitas Islam Bandung

Prof.Dr.Ir. Irwandy Arif M.Sc “ Batubara Indonesia†Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama anggota IKAPI, Jakarta, 2014 ISBN 978-602-03- 0291-1

Hunafa , Irham, Moralista, Elfida , dan Pramusanto, 2018, “Penentuan Laju Korosi dan Sisa Umur Pakai (Reamining Service Life/RSL) Discharge Conveyor Di PT Genesa Korosi Indonesia Ppada Site PT Amman Mineral Nusa Tenggara, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Baratâ€, Prosiding Teknik Pertambangan, ISSN : 2460-5499, Universitas Islam Bandung.

Maidi, Syafril “ Desulfurisasi Dengan Metode Liching Menggunakan Pelarut Asam Klorida (HCL) “ Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik Negeri Padang, ISSN:2302-3333.

Fauzi Hafizh Nurul, Zaenal, Sriyanti. (2021). Optimalisasi Spasi Ripping Bulldozer terhadap Fragmentasi Batubara Seam B2 di Tambang Banko Barat PT X Desa Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Riset Teknik Pertambangan, 1(1), 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v0i0.29025

Flag Counter    Â