Pemodelan Plume Pencemaran Air Tanah Bebas Dengan Menggunakan Software Visual Modflow di TPA Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat

Vanny Liana Kharisma, Chusharini Chamid, Yuliadi Yuliadi

Abstract


Penelitian ini dilakukan di TPA Leuwigajah yang berlokasi di Kecamatan Cimahi Selatan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan memodelkan aliran air tanah serta air lindi. Data awal yang dibutuhkan untuk pemodelan yakni meliputi kedalaman muka air tanah dan kedudukannya, hasil pengukuran kualitas air insitu dan pengujian sampel air di laboratorium air. Pemodelan plume pencemaran ini dilakukan pada tiga simulasi waktu yakni hari ke – 1, hari ke – 219 dan hari ke – 365 dengan zat yang dimodelkan yakni TDS (Total Dissolved Solid), Fe2+ (Besi) dan Mn2+ (Mangan). Hasil Penelitian ini yakni didapatkan bahwa vektor dari plume pencemaran bergerak sesuai dengan arah aliran air tanahnya yakni  mengalir menuju ke arah selatan dan barat daya dari TPA. Berdasarkan batas yang di tetapkan oleh Keputusan Menteri Kesehatan RI dapat dilihat air sumur penduduk, masih layak dikonsumsi karena masih berada dibawah batas yang ditetapkan.


Keywords


Pemodelan, Plume Pencemaran, Air Tanah

References


Anonim,2002, Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 907/MENKES/SK/VII/2002 Tentang Syarat Syarat dan pengawasan Kualitas Air Minum : Jakarta.

Anonim, 2009, Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup : Jakarta.

Chamid, Chusharini, 2014, Kajian Lingkungan Hidrologi dan Hidrogeologi di TPA Leuwigajah Kota Cimahi Jawa Barat, Universitas Islam Bandung : Bandung.

Chamid, Chusharini, 2015, Data Penelitian Permodelan Hidrogeologi dan Plume Pencemaran Air Tanah Bebas di TPA Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat, Universitas Islam Bandung : Bandung.

Effendi, H. 2003. Telaah Kualitas Air bagi Pengelolaan Sumber daya dan Lingkungan Perairan, Kanisius : Yogyakarta.

Fetter,C.W.,1994, Applied Hydrogeology, University of Wisconsin : Oshkosh, 3rd edition.

Freeze, A.R., Cherry, J.A. 1979., Groundwater. Prentice – Hall: Englewood - Cliffs, NJ.

Pohland, F.G. dan S.R. Harper, 1985, Critical Review and Summary of Leachate and Gas Production from Landfills, U.S. Environmental Protection Agency : Ohio, 165 p.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v0i0.2715

Flag Counter    Â