Kajian Teknis Kondisi Jalan Angkut Untuk Meningkatkan Lifetime dan Dump Truck pada Pengangkutan Penambangan Bantan Andesit di CV Panghegar, Desa Cilalawi, Kecamatan Sukatani, kabupaten Purwakarta

Muhammad Rizki, Yunus Ashari, Dudi Nasrudin

Abstract


Abstrack:  CV Panghegar is one of the companies engaged in andesite stone mining located in Argapura Cilalawi, Sukatani District, Purwakarta Regency, West Java Province. Mining activities consist of excavation, loading and hauling. Each transport activity requires a mechanical device as a means to facilitate transport activities. Among them mechanical tools dump truck as a means of transporting mining materials. One of the important components of dump trucks in transportation activities is the tires. Tires are one of the important components, because the tires are in direct contact with the road surface. The main function of the tire is to hold the weight of a vehicle and the charge that is tangent to the ground surface, controlling the running of the vehicle and continue the power from the engine. In the performance evaluation activity of dump truck tire, the main work indicator or better known as key performance indicator (KPI), which is used to measure the performance of tires is Ton Kilometer Per Hour (TKPH), Tread Utilization Rate (TUR), Lifetime and Road Transport Conditions actual TKPH value Dump Truck on transport material production is 126. So if actual TKPH value has passed the value of TKPH rating, the tire age performance is not optimal yet, as it has exceeded the tire's resistance limit. For the percentage value of MRF tire tire actual usage site (TUR) is 57%, Continental brand tire is 38%, QIMA brand tire is 52%. So the tire utilization rate at the research site has not been optimal yet, as it has exceeded the safety limit of the tire usage rate recommended by the manufacturer that is 85%. Actual lifetime tire for the MRF brand is 482 hours, Continental brand tire is 519 hours, QIMA brand tire is 432 hours. So the life of the tire at the research site has not met the target of the company that is 720 hours. The condition of the haul road was not in accordance with the standard set for the optimal work of the dump truck in general, due to the lack of maintenance activities that influenced the tire performance. Based on the linear regression statistics, the content of load content is the most influential factor on the tire age, because the load content of the load content is determined by the determination value of 0.97.

Keywords: Tires, Dump Trucks, TKPH, TUR, Lifetime.

Abstrak. CV Panghegar merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu andesit yang berlokasi di Desa Cilalawi, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan penambangan terdiri dari tahapan penggalian, pemuatan dan pengangkutan. Setiap kegiatan pengangkutan memerlukan alat mekanis sebagai sarana dalam memudahkan kegiatan pengangkutan. Diantaranya alat mekanis dump truck sebagai alat pengangkutan material penambangan. Salah satu komponen penting dump truck pada kegiatan pengangkutan adalah ban. Ban adalah salah satu komponen yang penting, karena ban bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Fungsi utama dari ban adalah untuk menahan berat suatu kendaraan dan muatan yang bersinggungan dengan permukaan tanah, mengendalikan jalannya kendaraan dan meneruskan tenaga dari mesin. Dalam kegiatan evaluasi kinerja ban dump truck, indikator kerja utama atau yang lebih dikenal dengan key performance indicator (KPI), yang digunakan untuk mengukur performa ban adalah Ton Kilometer Per Hour (TKPH), Tread Utilization Rate (TUR), Lifetime dan Kondisi Jalan Angkut. Nilai TKPH aktual Dump Ttruck pada pengangkutan material produksi adalah 126. Jadi apabila nilai TKPH aktual telah melewati nilai TKPH rating, maka kinerja umur ban belum optimal, karena telah melewati batas ketahanan ban tersebut.  Untuk nilai persentase tingkat penggunaan tapak ban aktual (TUR) ban merk MRF adalah 57%, ban merk Continental adalah 38%, ban merk QIMA adalah 52%. Jadi tingkat penggunaan tapak ban di lokasi penelitian belum optimal, karena telah melewati batas keamanan tingkat penggunaan tapak ban yang direkomendasikan oleh pabrikan yaitu sebesar 85%. Umur pakai ban (Lifetime) aktual untuk merk MRF adalah sebesar 482 jam, ban merk Continental adalah sebesar 519 jam, ban merk QIMA adalah sebesar 432 jam. Jadi umur pakai ban di lokasi penelitian belum memenuhi target yang dikeluarkan oleh perusahaan yaitu sebesar 720 jam.  Kondisi jalan angkut dil lokasi penelitian tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan untuk kerja optimal alat angkut dump truck secara umum, karena kurangnya kegiatan maintenance sehingga berpengaruh juga pada kinerja ban yang tidak maksimal. Berdasarkan grafik statistik regresi linier, faktor kecepatan muatan isi merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap umur ban, karena faktor kecepatan muatan isi didapatkan nilai determinasi sebesar 0,97.

Kata Kunci: Ban, Dump Truck, TKPH, TUR, Lifetime


Keywords


Ban, Dump Truck, TKPH, TUR, Lifetime

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2006, Data Book Off-The-Road Tires, Bridgestone Corporation, Japan.

Anonim, 2009, Komatsu Specifications and Application Handbook 28th Edition. Komatsu, Japan.

Anonim, 2011, Product Range, Dunlop Company, USA.

Anonim, 2014, Off The Road Tyres, MRF Corporation, India.

Anonim, 2017, Spesifikasi FM 260 JM dan FM 260 JD, PT Hino Sales Indonesia, Jakarta Timur.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor, 2014, Informasi Publik Sosial dan Kependudukan Kabupaten Bogor, https://bogorkab.bps.go.id/. Bogor.

Bieniawski, Z,T, 1989, Engineering Rock Mass Classification: a complete manual for engineers and geologist in mining, civil, and petroleum engineering, Simultaneously, Canada.

BMKG Kabupaten Bogor, 2015, Curah Hujan Bulanan, http://bogor.jabar.bmkg.go.id/. Bogor.

Department of The Interior. US, 1993, Bureau Of Mines Publications And Articles, U.S. Bureau of Mines, Washington.

Murprasetyo, Widyanto, 2009, Evaluasi Kinerja Ban Pada Sistem Pengangkutan Tambang Di PT XYZ, Undergraduate Theses, http://digilib.itb.ac.id/files/disk1/685/jbptitbpp-gdl-widyantomu-34241-4-2009ta3.pdf.

Murprasetyo, Widyanto, Dkk, 2010, Analisis Kerusakan Ban Truk Di Tambang Batubara, JTM Vol. XVII No.3/2010 ITB. Bandung.

Projosumarto, Partanto, 1996, Pemindahan Tanah Mekanis, Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Pulunggono dan Martodjojo, S., 1994, Perubahan Tektonik Paleogene – Neogene Merupakan Peristiwa Tektonik Terpenting di Jawa, Proceeding Geologi dan Geotektonik Pulau Jawa, Percetakan NAFIRI, Yogya.

Setyawan, Dadang, Dkk, 2012, Pengaruh Beban Muatan Truk Dan Operation TKPH Terhadap Umur Ban 33.00-51 Belshina FT-116 AM2, Skripsi Jurusan Teknik Mesin Universitas Mercu Buana, Bekasi.

Sugiyono, 2010, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Susetyo, Budi, 2012, Statistika Untuk Analisis Data Penelitian, PT Refika Aditama, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v7i1.26377

Flag Counter    Â