Evaluasi Performa Ban Dump Truck pada Pengangkutan Penambangan Batu Andesit

Agung Hari Pangestu Yudiono, Zaenal Zaenal, Sriyanti Sriyanti

Abstract


Abstract. PT Silva Andia Utama is one of the companies engaged in andesite stone mining located in. Giriasih Village, Sub-district Batujajar, District Bandung Barat, West Java Province. Mining activities consist of excavation, loading, and hauling. Each transport activity requires a mechanical device as a means to facilitate transport activities. Among them, mechanical tools dump truck as a means of transporting mining materials. One of the important components of dump trucks in transportation activities is the tires.

Tires are one of the important components because the tires are in direct contact with the road surface. The main function of the tire is to hold the weight of a vehicle and the charge that is tangent to the ground surface, controlling the running of the vehicle and continue the power from the engine. In evaluating dump truck tire performance, the main work indicators or better known as key performance indicators (KPI), which are used to measure tire performance are Ton Kilometer Per Hour (TKPH), Tread Utilization Rate (TUR), Lifetime, and Transport Conditions.

The actual TKPH value of DT 05 on transporting production material is 280.25 TKPH, then the actual TKPH value of DT-07 on transporting production material is 299.25 TKPH. So if the actual TKPH value has exceeded the TKPH rating (570 TKPH), then the lifetime of the tire is not optimal, because it has passed the tire endurance limit. For the percentage value of the actual tire tread level (TUR), all tire positions used in the dump truck unit at the study site must have a TUR safety standard of 85% while the average actual tread in the site has an average TUR of 73,33%. There are only a few whose values are still above the standard, but TUR values that are above the standard are generally located in the tires in the front position (tire position number 1 and 2). the level of tire tread recommended by the manufacturer is 85%. Lifetime tire in the company ranges from 50 days until 81 days. So the lifetime of the tire at the study site has not met the target issued by the company that is 100 days. The condition of the haul road in the study site is not under the standards set for optimal work of the dump truck transport equipment in general, due to the lack of maintenance activities so that it also affects the tire performance that is not optimal. Some road segments also have slopes exceeding the standard of 5-15%. 

Keywords: Tires, Dump Trucks, TKPH, TUR, Lifetime

Abstak. PT Silva Andia Utama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu andesit yang berlokasi di. Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Kegiatan penambangan terdiri dari tahapan penggalian, pemuatan dan pengangkutan. Setiap kegiatan pengangkutan memerlukan alat mekanis sebagai sarana dalam memudahkan kegiatan pengangkutan. Diantaranya alat mekanis dump truck sebagai alat pengangkutan material penambangan. Salah satu komponen penting pada kegiatan pengangkutan ini adalah ban.

Ban merupakan salah satu komponen yang penting, karena ban bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Fungsi utama dari ban adalah untuk menahan berat suatu kendaraan dan muatan yang bersinggungan dengan permukaan tanah, mengendalikan jalan dan arah kendaraan dan meneruskan tenaga dari mesin. Dalam kegiatan evaluasi performa ban dump truck, indikator kerja utama atau yang lebih dikenal dengan key performance indicator (KPI), yang digunakan untuk mengukur performa ban adalah ton kilometer per hour (TKPH), tread utilization rate (TUR), lifetime dan Kondisi Jalan Angkut.

Nilai TKPH aktual dari DT 05 pada pengangkutan material produksi adalah 280,25 TKPH, lalu nilai TKPH aktual DT-07 pada pengangkutan material produksi adalah 299,25 TKPH. Jadi apabila nilai TKPH aktual telah melewati nilai TKPH rating (570 TKPH), maka kinerja umur ban belum optimal, karena telah melewati batas ketahanan ban tersebut.  Untuk nilai persentase tingkat penggunaan tapak ban aktual (TUR), semua posisi ban yang digunakan pada unit dump truck di lokasi penelitian, harus memiliki standar keamanan TUR sebesar 85 % sedangkan rata-rata tread aktual di lapangan memiliki rata-rata TUR sebesar 73,33%. Hanya ada beberapa saja yang nilainya masih diatas standar, namun nilai TUR yang berada diatas standar umumnya berada pada ban yang posisinya di depan (posisi ban nomor 1 dan 2). Jadi tingkat penggunaan tapak ban di lokasi penelitian belum optimal, karena telah melewati batas keamanan tingkat penggunaan tapak ban yang direkomendasikan oleh pabrikan yaitu sebesar 85%. Umur pakai ban (lifetime tyre) di perusahaan tersebut berkisar antara 50 hari hingga 81 hari. Jadi umur pakai ban di lokasi penelitian belum memenuhi target yang dikeluarkan oleh perusahaan yaitu sebesar 2880 jam.  Kondisi jalan angkut dil lokasi penelitian tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan untuk kerja optimal alat angkut dump truck secara umum, karena kurangnya kegiatan maintenance sehingga berpengaruh juga pada kinerja ban yang tidak maksimal. Beberapa segmen jalan juga masih memiliki kemiringan melebihi standarnya yaitu 5 – 15%.

Kata Kunci: Ban, Dump Truck, TKPH, TUR, Lifetime


Keywords


Ban, Dump Truck, TKPH, TUR, Lifetime

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2015, Kabupaten Bandung Barat Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Nasional, Jakarta.

Badan Pusat Statistik, 2016, Kabupaten Bandung Barat Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Nasional, Jakarta.

Badan Pusat Statistik, 2017, Kabupaten Bandung Barat Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Nasional, Jakarta.

Badan Pusat Statistik, 2018, Kabupaten Bandung Barat Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Nasional, Jakarta.

Badan Pusat Statistik, 2019, Kabupaten Bandung Barat Dalam Angka, Badan Pusat Statistik Nasional, Jakarta.

Distributor, Mitsubishi Fuso Authorized, 2019, Katalog Mitsubishi Fuso FN 527 ML K, Mitsubishi Fuso Truck & Bus Coorporation, Jakarta.

Jensindo, Nippon, 2019, Ban Aeolus Type Radial HN 10, PT Nippon Jensindo, Cibubur, Indonesia.

Kurnia, Muhammad Jaka Dwi, Zaenal, Dono, Guntoro, 2018, Evaluasi Kinerja Ban Dump Truck pada Kegiatan Penambangan Batu Andesit, Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Februari, 2018), ISSN: 2460-6499. P 124-131. Universitas Islam Bandung, Bandung.

Prodjosumarto, Partanto dkk. 1998. Cara Menghitung Produksi Dan Ongkos Produksi, Jurusan Teknik Pertambangan Fakultas Teknologi Mineral : ITB.

Prodjosumarto, Partanto, 1993, Pemindahan Tanah Mekanis, Jurusan Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Rochmanhadi. 1982. Alat-Alat Berat Dan Penggunaannya, Departemen Pekerjaan Umum Badan Penerbit Umum : Semarang.

Rochmanhadi. 1984. Perhitungan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan Dengan Menggunakan Alat Berat, Departemen Pekerjaan Umum Badan Penerbit Umum : Semarang.

Sukirman, Silvia. 1999. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Penerbit Nova. Bandung.

Zuarsa, David Adetya, Maryanto, Sri Widayati, 2016, Evaluasi Kinerja Ban Dump Truck Pada Pengangkutan di Tambang Lempung-pasiran PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk. Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Prosiding Spesia Teknik Pertambangan (Februari, 2016), ISSN: 2460 – 6499. P 349-356, Universitas Islam Bandung, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/pertambangan.v6i2.22756

Flag Counter