Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Permainan Kartu angka Pada Anak Kelompok A (usia 4-5 tahun) di Kober Taman Ceria, Bandung

Vitri Dhiniah, Enoh Nuroni, Asep Dudi S

Abstract


Permainan berhitung di TK tidak hanya terkait dengan kemampuan kognitif saja, tetapi juga kesiapan mental, social dan emosional anak. Dalam pelaksanaannya, harus dilakukan secara menarik, bervariasi dan menyenangkan. Berhitung permulaan sangat penting untuk anak usia dini, karena kemampuan berhitung anak usia dini berlanjut sampai anak dewasa, di Kober Taman Ceria rendahnya minat berhitung permulaan anak usia dini sehingga perlu dilakukan metode bermain kartu angka menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan. Untuk melihat sejauh mana metode ini berhasil meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung permulaan dilakukan penelian tindakan kelas (PTK) sehingga setiap siklus yang dilalui dapat menunjukkan sejauh mana tingkat keberhasilan dari kemampuan berhitung di Kober Taman Ceria dari 13 orang anak hanya 7 orang anak yang kemampuan berhitung permulaan belum berkembang, hanya 3 orang anak yang kemampuan berhitung permulaan sudah berkembang sehingga diperlukan metode yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan. Orang tua dan guru harus memberikan aktivitas anak, dalam meningkatkan pembelajaran yang berkaitan dengan perkembangan fisik motorik, bahasa, seni, dan kognitif, serta kecerdasannya, apabila semua kemampuan tersebut diberikan rangsangan pendidikan secara seimbang, maka aspek fisik motorik, bahasa, seni dan kognitif berkembang selaras, perkembangan anak didik pada setiap aspek memiliki tingkat dan kecerdasan yang berbeda, maka sudah selayaknya guru memberikan kesempatan dan waktu untuk masing-masing anak. Berhitung diperlukan untuk menumbuh kembangkan keterampilan berhitung anak usia dini, yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari,terutama konsep bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematika maupun kesiapan untuk mengikuti pendidikan dasar permainan kartu angka dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk menstimulus pembelajaran tentang konsep matematika berhitung permulaan anak usia 4-5 tahun sehingga anak lebih tertarik dalam memahami konsep bilangan angka

Keywords


Berhitung, Permulaan, Usia, Kartu Angka

References


George S, dkk, (2008). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta: PT Indeks Permata Putri Media.

Masnipal (2013). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Panduan bagi Mahasiswa Calon Guru dan Pengelola Paud Profesional Bandung: Prodi PG-Paud Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung,

Muhibbin Syah, (2003). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Yuliani Nuraini Sujiono, dkk. (2014). Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka, Siti Aisyah, dkk. (2007). Perkembangan dan Konsep dasar Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8623

Flag Counter