Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 4-5 Tahun di Paud Taman Ceria Bandung

Tipuk Yuniastiti, Mujahid Rasyid, Nurul Afrianti

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan berempati anak yang ditunjukkan oleh kurangnya sikap menolong, berbagi dan saling memaafkan diantara teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berempati pada anak usia 4-5 tahun melalui metode bercerita. Apakah penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berempati pada anak. Subjek penelitian adalah anak kelompok usia 4-5 sebanyak 9 anak di Paud Taman Ceria kelurahan Braga kecamatan Sumur Bandung kota Bandung. Penelitian dengan judul Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berempati Anak Usia 4-5 Tahun ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus dengan masing-masing siklus terdapat 4 tahapan yaitu: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Hasil observasi yang dilakukan setelah dilakukan tindakan kelas sebanyak 3 siklus menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berempati. Pada kondisi awal persentase kemampuan berempati anak sebesar 39,5 %. Setelah dilakukan tindakan secara bertahap mulai siklus I, II dan III mengalami peningkatan setiap siklusnya. Setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 meningkat menjadi 64,2%, setelah tindakan siklus II meningkat menjadi 84,4% dan setelah tindakan siklus III meningkat lagi menjadi 91,4%.  Hasil belajar tersebut membuktikan bahwa metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berempati pada anak usia 4-5 tahun di Paud Taman Ceria Bandung.


Keywords


anak usia dini, metode bercerita, kemampuan berempati

References


Afrianti, N. (2015). Pengembangan Keterampilan Sosial & Emosi Anak Sebagai Perwujudan Implementasi Pedagogik Sosial. Proceeding PGSD. Jilid III, hal 835-1181

Dapat diakses di jurnal.upi.edu/proceeding pgsd/view/3918

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baron, et al. ( 2012). Zero Degrees of Empathy. A new Theory of Human Cruelty.https://www.amazon.com/Degrees-Empathy-Theory-Cruelty-Kindness/dp/0141017961

Beaty, J.J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Borba, M. ( 2008). Membangun Kecerdasan Moral. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Davis, M. H (1983) Measuring Individual Differences in Emphaty: Evidence for a Multidimensional Approach. Journal of Personality and Social Psychology, 4. 113-126

Definisi dan Pengertian Bercerita. (2005). http://www.definisi-pengertian.com/2015/05/definisi-pengertian-bercerita-anak.html

Destiyana, Bimbingan dan Konseling, E-Journal Edisi 9 Tahun ke-5 2016

Farida Agus Setiawati dkk. (2007). Social Life Skill Untuk Anak Usia Dini Modul I Empati. Jogjakarta: Tiara Wacana.

Fidrayani, (2015). Pengembangan Empati Pada Anak Usia Sekolah Dasar. UNM: Seminar Psikologi dan Kemanusiaan.

Goleman, D. (2016). Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia

Hermawan, R. et al. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Himpunan Ayat Al-qur’an dan Hadits tentang parenting. https://iwanyuliyanto.co/2014/12/30/himpunan-ayat-al-quran-dan-hadits-tentang-parenting/

http://tripurnomo010374.blogspot.co.id/2008/09/cara-menumbuhkan- empati.html

http://penjajailmu.blogspot.co.id/2013/05/teori-empati-1_22.html

Hurlock, B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kesuma, (2002). Menyusun PTK Itu Gampang. Jakarta: Erlangga.

Mashar, R. (2011). Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Jakarta: Prenada Media Group.

Masitoh. (2006). Strategi Pembelajaran Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Universitas Terbuka.

McDonald, N. & Messinger, D. (2013). The Development of Empathy. (Online). Tersedia:http://www.psy.miami.edu/faculty/dmessinger/c_c/rsrcs/rdgs/emot/McDonald-Messinger_Empathy%20Development.pdf (3 April 2017)

Moeslichatoen, (1999). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru (Terjemahan Tjetjep Ruhendi Rohidi). Beverly Hills CA: Sage Publications, Inc.

Pengertian Bercerita menurut para ahli. http://www.dosenpendidikan.com/bercerita-10-pengertian-menurut-para-ahli-jenis-manfaat-tujuan/

Permendikbud RI. No 137 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Permendikbud RI. No 146 Tahun 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Rahmawati, A. (2014). “Metode Bermain Peran dan Alat Permainan edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Diniâ€. Jurnal Pendidikan Anak. Vol. III, (1), Juni 2014.

Strategi Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. (2010). https://ebekunt.wordpress.com/2010/07/27/strategi-pembelajaran-untuk-anak-usia-dini/

Suyanto, S. (2005: 121). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Hikayat.

Wiriaatmadja, (2006). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8618

Flag Counter