Upaya Peningkatan Sikap Bekerja Sama Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B Melalui Kegiatan Bermain Balok Di Paud Iphi Kota Bandung

Syifa Ishariputri, Nan Rahminawati

Abstract


 Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik dan memiliki karakteristik sendiri sesuai dengan tahapan usianya. Pada masa ini seluruh aspek perkembangan mempunyai peranan penting untuk perkembangan selanjutnya. Salah satu tugas perkembangan anak yang harus diperhatikan adalah kemampuan bekerja samanya, karena anak dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional yang dapat berguna bagi perkembangan anak di masa yang akan datang. Untuk itu penelitian terkait dengan kemampuan anak dilakukan di kelompok B PAUD IPHI Kota Bandung.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui data tentang peningkatan sikap bekerja sama anak di kelompok B PAUD IPHI Kota Bandung setelah diterapkan kegiatan bermain balok bersama. Teknik penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik analisis chi-square.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Kondisi awal sikap bekerja sama anak di kelompok B PAUD IPHI masih belum optimal indikasinya anak masih belum berkembang dalam 19 indikator bekerja samanya pada saat pelaksanaan kegiatan bermain balok. 2) Kemampuan sikap bekerja  sama anak kelompok B PAUD IPHI setelah diterapkan bermain balok meningkat adanya perolehan peningkatan skor dari ke 19 indikator hampir 80% anak mendapatkan skor B dan 20% anak mendapatkan skor C dan tidak ada anak 0% yang mendapatkan skor K. 3) Peningkatan sikap bekerja sama anak di kelas B PAUD IPHI Kota Bandung setelah diterapkan kegiatan bermain balok meningkat dapat dilihat dari hasil skor keseluruhan pada saat observasi dan pada saat penelitian. Pada saat observasi hasil keseluruhan skor yaitu 796 sedangkan pada saat penelitian skor keseluruhan meningkat menjadi 912. Dapat disimpulkan sikap bekerja sama di kelas B PAUD IPHI Kota Bandung terjadi peningkatan dalam sikap bekerja sama.


Keywords


Sikap bekerja sama, Bermain balok

References


Carol Seefeldt. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, dan Lima Tahun masuk sekolah. Jakarta: PT INDEKS.

Masnipal. 2013. Siap Menjadi guru dan Pengelola PAUD Profesional.Jakarta: PT Gramedia

Mulyasa.2012. Manajemen Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nola Sanda Rekysika.,†Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok di Kelompok A TK Negeri Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo†S1 Fakultas Ilmu Pendidikan, UNY hlm.3.

Wahyu Hidayati., “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Melalui Permainan Tradisional Pada Kelompok A TK ABA Ledok I Kulon Progo Taun Ajaran 2013/2014†S1 Fakultas Ilmu Pendidikan, UNY hlm. 10-17 .




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8614

Flag Counter