Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengekspresikan Diri dalam Berbahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Peran

Latifah Hambali, Erham Wilda, Dewi Mulyani

Abstract


Kemampuan berbahasa terutama dalam berkomunikasi pada anak sangat penting dikembangkan, karena kemampuan anak dalam berkomunikasi akan berlanjut sampai anak tersebut  dewasa. Kemampuan dalam berkomunikasi merupakan bagian dari meng ekspresikan diri dalam berbahasa. Di Paud Permata Cendikia dari 13 orang anak 3 anak memiliki kemampuan mengekspresikan diri dalam berbahasa dan 10 orang anak belum berkembang kemampuannya, sehingga diperlukan metode yang dapat meningkatkan kemampuan mengekspresikan diri dalam berbahasa. Metode bermain peran menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kemampuan mengekspresikan diri dalam berbahasa. Untuk mengetahui sejauhmana metode ini berhasil meningkatkan kemampuan anak mengekspresikan diri dalam berbahsa dilakukanlah penelitian tindakan kelas sehingga setiap siklus yang dilalui dapat menunjukkan sejauhmana tingkat keberhasilannya. Dari hasil penelitian tindakan  kelas yang dilakukan, perkembangan anak setiap siklus mengalami kemajuan  dalam mengekspresikan diri berbahasa yang didukung oleh faktor pemilihan tema dan sub tema yang dekat dengan keseharian anak. Selain itu pada saat  bermain peran, teman-teman yang memiliki kemampuan berbahsa lebih baik menjadi salah satu faktor pendukung dalam meningkatkan  kemampuan anak-anak lainnya untuk mengekspresikan diri dalam berbahasa.

Keywords


mengekspresikan diri, anak usia 4-5 tahun, bermain peran

References


Beaty, J Janice. 2014.Observasi Anak UsiaDini. Jakarta: Kencana Prena Media.

Dhiene, Nurbaini dkk 2015. Metoda Pengembangan Bahasa, Universitas Terbuka Banten

Himpaudi Propinsi 2014. Kumpulan Peraturan Mentri Bandung. PW Himpaudi Jawa Barat

Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelola Paud Profesional. Jakarta: Kompas Gramedia.

Musbikin, Iman. 2010. Buku Pintar PAUD. Jakarta: Trans Media

Mulyasa, E. 2012. Manajemen Paud. Bandung: Rosdakarya.

Morrisson, George S. 2002.Dasar-dasar Pendidik AUD. Jakarta: P Indeks

Patmonodewo, Sumiarti, 2008 Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rineka cipta

Sanjaya, Wina, 2016. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prenada Media Group

Santrock, Jhon W. 2011. Perkembangan Anak, Jakarta: Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8610

Flag Counter      Â