Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Celemek berkarakter ( Penelitian Tindakan Kelas Kelompok A Usia 4-5 Tahun Di TK Taman Gembira Kecamatan Regol Kota Bandung)

Eti Sumaryati, Endang Pudjiastuti, Arif Hakim

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang berkembangnya keterampilan berbicara anak usia dini dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain, kurangnya kemampuan mengungkapkan gagasan atau ide serta  pendapat kepada orang lain dan menyimak perkataan orang lain. Tujuan  Penelitian ini untuk menambah wawasan dan pembendaharaan kata anak usia dini sampai dimana perkembangan anak dalam mengolah kata dan mengembangkan kosa kata melalui Metode Penelitian Tindakan Kelas. Di dalam pelaksanaannya, mengunakan empat tahapan yang berdaur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang di ulang melalui berapa siklus, Dari hasil penelitian  siklus I ada 6 orang anak yang belum mampu menyebutkan gambar, anak yang belum mampu menyimak perkataan orang lain yang perencanaan kegiatannya di kondisikan dengan tema kegiatan harian. Di siklus II dengan sub tema yang berbeda ternyata mengalami  perubahan dan peningkatan seperti anak sudah mampu menyebutkan nama gambar, anak sudah mampu menceritakan cerita yang diceritakan oleh guru dan anak sudah mampu menyimak perkataan orang lain. Terlihat dari hasil belajar dari siklus I  sebesar 75% yang tergolong sedang dan siklus II sebesar 98%  yang tergolong tinggi jadi ada perubahan peningkatan dalam kemampuan bahasa anak.  Dan  Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran celemek lebih efektif dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini terlihat dari hasil observasi  di kelompok A TK Taman Gembira. Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan media pembelajaran celemek diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbicara yang berdampak positif dan memberi manfaat bagi semua pihak, baik guru, sekolah dan masyarakat.

Keywords


media kain celemek, kemampuan berbicara anak usia dini

References


Abu Ahmadi. (2009 ). Psikologi Umum, Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Badrun Zaman (2005). Media Dan Sumber Belajar TK.Jakarta : Universitas Terbuka.

Ismail Hamid, ( 1984/1985). Pedoman Guru Pendidikan Bahasa Taman Kanak-Kanak Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Dasar.

John W. Santrock, (2007). Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 1, Jakarta : Erlangga.

Kathy Sylva,Ingrid Lunt (1988). Perkembangan Anak.Jakarta : Penerbit ARCAN.

Kusdwirarti Setiono, (2008). Psikologi Perkembangan, Bandung : Widya Padjadjaran.

Masnipal.(2013).Siap Menjadi Guru Dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta : Anggota IKAPI, PT ELEK Media Komputindo.

Muhammad Suwaid, (2003). Mendidik Anak Bersama Nabi, Solo : Penerbit Pustaka Arafah.

Safudin Anwar, (2014), Metode Penelitian, Yogyakarta : Penerbit Pustaka Pelajar.

Singgih D. Gunarsa (1981). Dasar Dan Teori Perkembangan Anak. Guru Besar. Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jakarta :BPK GUNUNG MULIA

Tri Gunadi. (2012). Optimalkan Otak Kanan-Kiri, Jakarta : Penerbit Penebar Plus.

Ukasyah H.A.(2015 ). Didiklah Anakmu Ala Rasulullah, Yogyakarta : Penerbit Saufa

Makmuroh sri rahayu,Endang Pudjiastuti, Dewi Sartika, Hedi Wahyudi, Susandari(2017) , Metodologi Penelitian 1, Bandung : UNISBA

Endang Pudjiastuti Untung, (2011). Konseling Psikologi & Bimbingan karir di Institusi Pendidikan, Bandung : Penerbit JAUHAR MANDIRI.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.8604

Flag Counter