Implementasi Pembelajaran Montessori untuk Perkembangan Kemandirian Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Bandung

Yarasifa Noormala, Masnipal Mahrun, Arif Hakim

Abstract


Abstract.The purpose of this study was to obtain an overview of the development of early childhood independence in kindergarten Bandung using Montessori learning. The specific objectives are to describe and find out the planning of Montessori learning, implementation of Montessori and Montessori assessment in TK Bandung. The method used in this research is a qualitative research method with a descriptive method, namely to obtain an overview of the development of early childhood independence through Montessori learning during the Covid-19 pandemic so that the researchers studied will be described as the results of observations and interviews. The subjects in this study were students in one class at TK Bandung. Then the data collection technique used interviews with school principals and teachers. The results of the study illustrate that the development of early childhood independence during the Covid-19 pandemic in Bandung Kindergarten shows that 1) children are independent when online learning activities take place; 2) children are independent during Montessori time activities through online learning; 3) children are able to wash their own hands without assistance from parents or adults; 4) children are able to wash dishes by themselves; 5) children are able to do toilet activities without assistance from parents or adults.

Keywords : Independence, Montessori Learning, Early Childhood.

Abstrak.Tujuan dalam penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan kemandirian anak usia dini di TK Bandung dengan menggunakan pembelajaran Montessori. Adapun tujuan khusus untuk mendeskripsikan dan mengetahui perencanaan pembelajaran Montessori, pelaksanaan Montessori dan penilaian Montessori di TK Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu untuk memperoleh gambaran tentang perkembangan kemandirian anak usia dini melalui pembelajaran Montessori pada masa pandemi covid-19 sehingga peneliti yang diteliti akan di deskripsikan sebagaimana hasil dari observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa dalam satu kelas di TK Bandung. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menggambarkan bahwa perkembangan kemandirian anak usia dini pada masa pandemi covid-19 di TK Bandung menunjukan bahwa 1) anak mandiri ketika kegiatan pembelajaran online berlangsung; 2) anak mandiri ketika kegiatan Montessori time melalui pembelajaran online; 3) anak mampu mencuci tangan sendiri tanpa bantuan dari orang tua maupun orang dewasa; 4) anak mampu mencuci piring sendiri; 5) anak mampu melakukan kegiatan toilet tanpa bantuan dari orang tua maupun orang dewasa.

Kata Kunci : Kemandirian, Pembelajaran Montessori, Anak Usia Dini.


Keywords


Kemandirian, Pembelajaran Montessori, Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al-Quran Surat Al-Mudatsir ayat 38

Azwardi, Azwardi Azwardi. "Manajemen Pembelajaran Paud." Manajer Pendidikan 9.1 (2015).

Dilla, Raudhah Farah. "Model Pembelajaran Montessori Bernafaskan Keislaman Dalam Pendidikan Anak Usia Dini."

Indonesia, P. R. (2003).Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Inonesia.

Jaipul L. R, & James E. J. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini (Studi di Taman Kanak-kanak Tuladan Kecamatan Pare Kabupaten Kediri). SELING Jurnal Program Studi PGRA, 2(1), 59-62.

Maria Montessori, The Absorben Mind (Pikiran yang Mudah Menyerap), (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)

Masyrofah, Masyrofah. "MODEL PEMBELAJARAN MONTESSORI ANAK USIA DINI." aá¹£-á¹£ibyÄn: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2.02 (2017): 105-116.

Maria, M. (2013). Metode Montessori, Panduan Wajib untuk Guru dan Orangtua Didik PAUD (Pendidikan anak usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yamin, M., & Sanan, J. S. (2013). Panduan PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Luluk Asmawati. (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25207

Flag Counter      Â