Pengelolaan Kelas pada Pos PAUD Nurul Hikmah Kecamatan Lengkong Kota Bandung

Ati Rodiah, Nan Rahminawati, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to obtain a description of the teacher's efforts in implementing classroom management at the Nurul Hikmah PAUD Post, Lengkong District, Bandung City which includes 1) teacher academic activities, 2) teacher administrative activities, and 3) teacher organizational activities. The method used in this research is the method of analysis, namely to obtain data by identifying and exploring about the teacher's efforts in carrying out classroom management activities at the PAUD Post, so that the research under study will be described as from the results of interviews and observations and strengthened by documentation in the field as it is. , without giving any treatment. The subjects in this study were teachers and school principals who were at the Nurul Hikmah PAUD Post, Lengkong District, Bandung City. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. The results of data collection were analyzed descriptively qualitatively. The results of the study illustrate that the implementation of academic activities carried out by teachers at the Nurul Hikmah PAUD Post which starts from planning teaching, implementing teaching and assessing teaching. Administrative activities carried out by teachers at the Nurul Hikmah PAUD Post to support the smooth running of learning activities include administration of activities before teaching, administration of activities currently carrying out teaching and administration of activities at the end of teaching. Organizational activities carried out by teachers at the Nurul Hikmah PAUD Post include; able to create a pleasant atmosphere, carry out teaching in accordance with the curriculum, pay attention to the condition of the child. Class recording that includes; student attendance, notes of children's assignments, anecdote notes and notes of student master lists. Teacher registration includes; syllabus, grade book, note book and teacher agenda book, class inventory and report cards.

Keywords: Classroom management, teacher activities, Early Childhood Education

Abstrak. Tujuan dalam penelitian ini untuk memperoleh gambaran tentang upaya guru dalam melaksanakan pengelolaan kelas pada Pos PAUD Nurul Hikmah Kecamatan lengkong Kota Bandung  yang meliputi 1). Aktivitas akademik guru, 2). Aktivitas administratif guru, dan 3). Aktivitas organisasional guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis yaitu untuk memperoleh data dengan cara mengidentifikasi dan menggali tentang upaya guru dalam melaksanakan  aktivitas pengelolaan kelas di Pos PAUD, sehingga penelitian yang diteliti akan di deskripsikan sebagaimana dari hasil wawancara dan observasi dan dikuatkan dengan dokumentasi dilapangan apa adanya, tanpa memberikan treatment apapun. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan kepala sekolah yang berada di Pos PAUD Nurul Hikmah Kecamatan Lengkong Kota  Bandung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari pengumpulan data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa Pelaksanaan kegiatan akademik yang dilakukan guru di Pos PAUD Nurul Hikmah yang dimulai dari  merencanakan pengajaran, melaksanakan pengajaran dan menilai pengajaran. Kegiatan administratif yang dilakukan guru di Pos PAUD Nurul Hikmah untuk mendukung lancarnya kegiatan pembelajaran diantaranya terdiri dari administrasi kegiatan sebelum mengajar, administrasi kegiatan sedang melaksanakan pengajaran dan administrasi kagiatan diakhir mengajar. Kegiatan organisasional yang dilakukan guru di Pos PAUD Nurul Hikmah diantaranya; mampu menciptakan suasana yang menyenangkan,  melaksanakan pengajaran sesuai dengan kurikulum, memperhatikan kondisi anak. Pencatatan kelas yang mencangkup; absensi siswa, catatan tugas anak, catatan anekdot dan catatan daftar induk siswa. Pencatatan guru meliputi; silabus, buku nilai, buku notulen dan buku agenda guru, inventaris kelas dan  raport.

Kata Kunci: Pengelolaan kelas, aktivitas guru, Pendidikan Anak Usia Dini


Keywords


Pengelolaan kelas, aktivitas guru, Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi, Nur Uhbiyati.2015. Ilmu Pendidikan, PT.Rineka Cipta,

Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik.RinekaCipta,

Arikunto, Suharsimi. 1986. Pengelolaan Kelasdan Siswa (Sebuah

Pedekatan Evaluatif) Rajawali,Jakarta.

Ismaya, Bambang. 2015.Pengelolaan Pendidikan PT. Refika Aditama, Bandung.

Diding Nurdin dan Imam Sibaweh. 2015. Pengelolaan Pendidikan. PT.

Raja Gafindo. Jakarta.

Djamarah, SyaifulBahri. 2010. Gurudan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar .

Rineka Cipta, Jakarta.

Karwati, Euis dan Donni Juni Priansa. 2014. Manajemen kelas.

Bandung: Alfabeta

E.Mulyasa, 2011, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. PT.Remaja

Rosdakarya, Bandung

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal

Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Tahun 2015. Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini(Pedoman). Jakarta.

Masnipal, 2018. Menjadi Guru PAUD Profesional. PT. Remaja Rosdakarya,Bandung.

Mursid, 2015. Belajardan Pembelajaran.PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyasa,2014.ManajemenPAUD.PT.

Remaja Rosdakarya, Bandung.

Mulyasa, 2012. Manajemen Berbasis Sekolah. PT. Remaja Rosdakarya,

Bandung

Priansa, Doni Junni. 2 015.Manajemen Peserta Didikdan Model

Pembelajaran(Cerdas,Kre atif,danInovatif). Alfabeta. Bandumg

Rahminawati, Nan, 2015. Manajemen Pendidikan Sekolah (DiktatMata

Kuliah), Unisba. Bandung

Rohani, Ahmad. 2010. Pengelolaan Pengajaran. Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiono, 2012, Memahami penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung

Unadang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikannasional




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24401

Flag Counter