Pelaksanaan Program Supervisi Guru Paud Permata Hati oleh Kepala Sekolah di Kecamatan Cicendo

Yenny Rachmawati, Nan Rahminawati, Arif Hakim

Abstract


Abstract. This study aims to provide an overview of how the Principal of Permata Hati's PAUD teacher supervision program is implemented in Cicendo district, which includes planning, techniques, and steps for the supervision program. About Supervision in the broadest sense contained in the Qur'an, chapter Al-Ashr verse 3, namely in terms of advising each other in truth and advising in patience. The Word of Allah SWT in Surah Al-Ashr verse 3, which means: "except for those who believe and do righteous deeds and advice to obey the truth and advise them to be patient. The Word of Allah SWT contains a message that having an attitude of advising one another in truth and patience is the key to implementing a supervisory program in improving teacher performance and institutional quality. The supervision program is a program implemented by PAUD Permata Hati which has a very good impact, seen from the increase in professional teachers and the improvement of the quality of the school with visible public confidence in entering the school. The success of the supervision program at the Institute is due to the very good attitude of the principal towards teachers and has an undergraduate educational background. This research uses a quantitative approach with analytical descriptive methods and data collection techniques through interviews. This study will describe the implementation of the Permata Hati early childhood teacher supervision program by the principal. The results showed; 1) the planning of the supervision program begins with the principal preparing an assessment instrument to then socialize it first to the teachers, asking the teacher to prepare the learning equipment and administration, then making a schedule of supervision, 2) The technique used by the principal when implementing the supervision program is to use group supervision techniques by conducting meetings and training. Then the principal also performs individual supervision techniques by conducting class visits and individual meetings, 3) the steps used when implementing the supervision program are in accordance with the supervision activity procedures from starting to collect data about the entire teaching and learning situation. Then the conclusion / assessment of the success of teachers, student success, factors supporting and inhibiting PBM. Then assess the weaknesses of how the teacher looks in front of the class, mastery of material, mastery of methods, relationships between personnel, class administration. The final step is to pay attention to the weaknesses / improve abilities / deficiencies that have been found together and then the principal conducts guidance and development.

Keywords: Supervision Program, PAUD Teachers, Principal.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana pelaksanaan program supervisi guru PAUD Permata Hati oleh Kepala Sekolah di Kecamtan Cicendo, yang meliputi perencanaan, teknik-teknik, dan langkah-langkah program supervisi. Tentang Supervisi dalam arti luas terkandung dalam al-Qur’an surat Al-Ashr ayat 3 yaitu dalam hal saling menasehati dalam kebenaran dan menasehati dalam kesabaran. Firman Allah SWT dalam surat Al-Ashr ayat 3, yang artinya: “kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh dan nasehat menasehati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran. Firman Allah SWT tersebut mengandung pesan bahwa dengan memiliki sikap saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran itu merupakan kunci dalam menyelenggarakan program supervisi dalam meningkatkan kinerja guru dan kualitas lembaga. Program supervisi   merupakan program yang dilaksanakan oleh PAUD Permata Hati yang membawa dampak sangat baik terlihat dari meningkatnya guru profesional dan meningkatnya kualitas sekolah dengan terlihat kepercayaan masyarakat untuk memasukan kesekolah tersebut. Keberhasilan program supervisi di Lembaga tersebut dikarenakan sikap kepala sekolah yang sangat baik terhadap guru-guru dan memiliki latar belakang pendidikan S1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analitik dan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Penelitian ini akan mendeskripsikan tentang pelaksanaan program supervisi guru PAUD Permata Hati oleh Kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan; 1) perencanaan program supervisi diawali dengan kepala sekolah menyiapkan instrument penilaian untuk kemuadian disosialisasikan terlebih dahulu kepada guru-guru, meminta guru untuk menyiapkan perangkat dan administrasi pembelajaran, lalu membuat jadwal supervisi , 2) Teknik yang digunakan oleh kepala sekolah saat melaksanakan program supervisi ialah menggunakan teknik supervisi kelompok dengan melakukan rapat dan diklat. Lalu kepala sekolah juga melakukan teknik supervisi indoividu dengan melakukan kunjungan kelas dan pertemuan individu , 3) langkah-langkah yang digunakan saat pelaksanaan program supervisi sesuai dengan prosedur kegiatan supervisi dari mulai mengumpulkan data tentang keseluruhan situasi belajar mengajar. Kemudian penyimpulan/penilaian tentang keberhasilan guru, keberhasilan murid, factor-faktor penunjang dan penghambat PBM. Lalu menilai tentang kelamahan tentang bagaimana penampilan guru depan kelas, penguasaan materi, penguasaan metode, hubungan antar personel, administrasi kelas. Langkah terakhir adalah memperhatikan kelemahan/ meningkatkan kemampuan/kekurangan yang telah ditemukan bersama lalu kepala sekolah melakukan bimbingan dan pengembangan.  

Kata kunci: Program Supervisi, Guru-guru PAUD, Kepala Sekolah. 

 


Keywords


Program Supervisi, Guru-guru PAUD, Kepala Sekolah.

Full Text:

PDF

References


Rahminawati, Nan, (2015) Diktat Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Sekolah

Bandung Unisba

Winaryati, Eny, (2014) Evaluasi Supervisi Pembelajaran, Yogyakarta Graha Ilmu

Priatna, H Nanag&Sukamto Tito (2013) Pengembangan profesi guru, Bandung PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa ( 2013) Uji Kompetensi dan Penilaian kinerja guru

Bandung PT Remaja Rosdakarya

Janawi (2012) Kompetensi Guru Citra Guru Profesional, Bandung Penerbit Alfabeta

Sugiono (2018) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung Penerbit Alfabeta

Sumber internet :

https://tafsirweb.com/13016-surat-al-ahr-ayat-.html

https://ejournal.ujana.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/37/34

sumber jurnal :

Rizky Putri Utami (2016). inplementasi kompetensi supervisi akademik kepala sekolah di SDSN wates PGSD/PSD




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24111

Flag Counter