Implementasi Peran Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kompetensi Guru PAUD

Yuni Rahayu, Asep Dudi Suhardini, Huriah Rachmah

Abstract


Abstract. This writing aims to find out 1)the competence of teachers at the Paud DewiSartika Bandung, 2) the role of the principal in increasing the competence of the Paud teacher at the Paud Dewi Sartika Bandung, 3) the obstacles of the principal in incresing the competence of the Paud teacher at the paud Dewi sartika Bandung post. This research is a qualitative. With data collection techniques in the form of observation, interviews, ang documenttation studies, with an emphasis on the source of informant data of school principals and teacher to strengthen the validaty of the data obtained. from the results of this study revealed three findings, namely 1)the comptence of the teachers at the paud Dew sartika Bandung, 2) the role of the principal in increasing the competence of the Paud teacher at Paud Dewi sartika Bandung, 3) the obstacles of the principal in increasing the completence of the Paud teacher at the Paud Dewi sartika Bandung. From the explanation above, it can be concluded that the role of the principal at the copetence of paud teacher, thepaud post dewi sartika bandung, involve the teachers through training (education and traing), seminars, workshop and other educational activities, as well as establishing relationships with subdistrict associotions to be able to track the progress of teclonogy and communicationsdevelopment of paud and keep up with progress by learning from various sources such as electronic media and knowledge from peers.

Keywords: implenmentaion of the role of principal, the role compentence of the paud teacher

Abstrak. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kompetensi guru di Pos Paud Dewi Sartika Kota Bandung, (2) Peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru paud di Pos Paud Dewi Sartika Bandung, (3) Hambatan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru paud di Pos Paud Dewi Sartika Bandung. Penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dengan menitikberatkan sumber data informan: Kepala sekolah dan Guru untuk mengokohkan keabsahan data yang diperoleh.  Dari hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1)untuk mengetahui kompetensi guru paud di Pos Paud Dewi Sartika Kota Bandung, (2) untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru paud di Pos Paud Dewi Sartika Bandung, (3) Untuk mengetahui hambatan upaya kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi guru paud di Pos Paud Dewi Sartika Bandung . Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan peran kepala sekolah dalam  peningkatan kompetensi guru paud, kepala sekolah Pos Paud Dewi Sartika Bandung,  mengadakan supervisi kunjungan kelas, mengikutsertakan para gurunya melalui pelatihan-pelatihan (diklat), seminar-seminar, workshop dan kegiatan pendidikan lainnya, dan menjalin hubungan dengan himpunan Pendidikan anak usia dini kecamatan, untuk dapat mengetahui kemajuan perkembangan teknologi dan komunikasi pengembangan PAUD, serta mengikuti kemajuan dengan belajar dari berbagai sumber misalnya media elektronik dan pengetahuan dari teman sejawat.

Kata Kunci: Implementasi Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Guru PAUD



Keywords


Implementasi Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Guru PAUD

Full Text:

PDF

References


Abdullah Munir (2010), Menjadi Kepala Sekolah efektif, Jogyakarta Ar-Rozz

media, cet ke 1

Afrizal (2014), Model Penelitian Kualitatif, Jakarta : Rajawali Pers

Akhmad Sudrajat (2012), Kurikulum dan pembelajaran dalam

paradigmabaru, Jogyakarta: Paramita publishing, cet 1

Anita Yus, (2011), Model Penelitian Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana

Perdana Media Group

Anita Fitriana (2018), Skripsi Upaya Pengembangan Kompetensi profesional

Guru Taman kanak-kanak di Kecamatan Bantul

Daryanto (2013), Guru Profesional: Standar Kompetensi dan Penilaian

E Mulyasa (2019), jurnal Peranan dan Tanggung Jawab Kepala Sekolah

Fredly Faldi Syukur ( 2010), Menjadi Guru Dahsyat: Guru yang memikat

Penerbit: Simbiosa Rekatama media

Fridaapriillya (2016), Jurnal Pengertian Kepala Sekolah

Hijriati (2016), Tesis: Analisis Kompetensi Guru dalam pelaksanaan

Pembelajaran Anak Usia Dini di TK IT Salman Al Farisi I Ygyakarta

Http://www .paud.id/2015, Jurnal Prinsip-prinsip Pembelajaran PAUD,

Jamal Ma’Mur Asmani (2012), Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional

Jogyakarta Diva Press : Cet ke 1

Janawi (2012), Kompetensi Guru: Citra Guru Profesional, Bandung: Alfa

Beta

Jamal Ma’Mur Asmani, (2015), Manajemen Efektif : Marketing sekolah,

Penerbit: Diva Press, Cet ke 1

Masnipal (2013), Siap Menjadi Guru dan Pengelola PAUD Profesional

(Pijakan Mahasiswa Guru dan Pengelola TK/RA/KB/TPA), Jakarta : Gramedia

Masnipal. 2015. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Panduanbagi

Mahasiswa Calon Guru & Pengelola Paud Profesional.Bandung: Prodi PG PAUD Fakultas Tarbiyah & Keguruan Universitas Islam Bandung.

Masnipal, 2018. Menjadi Guru Paud Profesional. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya

Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.(2007). Pelaturan Menteri

Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007.

Mulyasa (2012), Standar Kompetensi dan sertifikasi Guru Bandung: Pt

Remaja Rosdakarya

Mulyasa (2013), Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, Bandung:

Rosdakarya

Muhamad Zohanda (2017), Skripsi Upaya Kepala Sekolah Dalam

Meningkatkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ysanawiyah Negeri Starat

Moh Uzer Usman (2016), Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja

Rosdakarya Cet Ke 28

Netty Herawaty, (http;// news.detik.com) Jurnal Fenomena Umum Kompetensi Guru di Indonesia

Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI No. 137 Tahun 2014:

Standar Nasional PAUD. Jakarta: Departemen Pendidikan & Kebudayaan

Permendiknas No.58 Tahun 2010. Standar pendidikan Anak Usia

Dini Jakart Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan TK DAN SD.

Sity Nurbaity (2018) , Skripsi Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan

Profesionalitas Guru di TK Pertiwi Kebarongan

Sudarwan Darmin, (2013), Profesionalitas dan Etika Profesi Guru, Bandung:

Alfabeta, 2013

Sugiono (2017), Metode Penelitian Pendidik Pendekatan Kualitatif dan R&D,

Bandung: Alfabeta

Syaiful Sagala (2013), Kemampuan profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta, Cet ke 1

Totok Amin Soefijanto ( http://news.deti.com) Jurnal Fenomena Khusus Kompetensi Guru di Kota Bandung

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional

UU No 14 Tahun 2005, Guru dan Dosen

Wahyudi (2012), Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam

OrganisasiPembelajaran, Bandung : Alfabeta,




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.22720

Flag Counter      Â